Mengenal Dampak dari Teknologi Perkantoran Beserta Macam-macam Teknologi Tercanggih

Teknologi Perkantoran – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai perkembangan zaman semakin canggihnya teknologi tentu kita tak luput dari dampaknya, apalagi terhadap perkembangan bisnis. Tentu kalian tidak asing lagi dengan kata “Teknologi Pekantoran” kali ini kita akan berbagi pengetahuan mengenai tentang Dampak dari Teknologi Perkantoran dan 25 teknologi perkanoran tercanggih.

Pengertian Teknologi perkantoran

Teknologi perkantoran ialah alat atau media yang digunakan sebagai pendukung sebuah aktivitas atau pekerjaan yang meliputi bagaimana proses mencatat, menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim dan menyimpan bahan-bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin-mesin. Oleh karena itu perlu sekali mengenal tentang jenis mesin untuk keenam macam kegiatan itu dan bagaimana cara menggunkannya.

Tujuan Teknologi Perkantoran

Tujuan diadakannya teknologi perkantoran yaitu sebagai Pemanfaatan yang bersifat efisien mungkin atas uang, tenaga kerja, material, waktu dan mesin – mesin atau alat – alat kerja, pemeliharaan kecepatan dan ketepatan prosedur kerja, serta meningkatkan produksi merupakan bagian dari tujuan teknologi perkantoran.

Dampak Dari Perkembangan Teknologi Perkantoran

  1. Perkembangan kantor semakin lama semakin maju dan mengarah ke efisiensi kerja. Perkembangan ini ditunjukan dengan ditemukannya mesin-mesin kantor yang mempunyai sifat
  2. Elektronis, sifat ini membantu secara instan supaya tidak banayk menggunakan tenaga manusia
  3. Multifungsi, ada mesin yang bisa digunakan berbagai macam kegunaan misalnya mesin scanner biasanya bisa juga digunakan sebagai printer dan digunakan sebagai mesin pengganda (fotocopy)
  4. Pengoperasiannya mudah dan simpel, karena menggunakan energi listrik maka mesin akan secara efektif mudah digunakan
  5. Tenaga listrik yang digunakan kecil, jika mesin jarang digunakan maka akan menghemat penggunaan energi
  6. Harga relatif murah
  7. Kemampuan dan kecanggihan mesin semakin tinggi, sesuai dengan perkembangan negara tersebut mesin juga harus mempunyai kecanggihan untuk bisa digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor
  8. Cara kerjanya otomatis, ada mesin yang secara otomatis dapat digunakan tanpa menggunakan tenaga manusia lagiC. Dampak Dari Perkembangan Teknologi Perkantoran

Selain pengaruh terhadap  efisiensi kerja, perkembangan mesin kantor juga mempunyai dampak positif dan negatif :

Dampak Positif Teknologi Perkantora

1. Sumber Daya Manusia

  •  Peningkatan mutu kerja
  •  Meningkatkan kedisiplinan kerja dan penghasilan pegawai
  •  Meringankan tenaga dan pikiran pegawai

2. Prosedur Kerja

  •  Mempercepat dan mempermudah penyelesaian pekerjaan
  •  Mempelancar pekerjaan
  • Menyederhankan prdosedur kerja yang sudah ada

3. Hasil Kerjanya

  • Meningkatkan kualitas dan mutu hasil pekerjaan kantor
  • Memperoleh bentuk, ukuran, dan jenis hasil pekerjaan kantor yang sama
  • Mempertinggi jumlah hasil pekerjaan

Dampak Negatif Teknologi Perkantora

  1.  Keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang dapat mengakibatkan penggangguran
  2. Pemelihara mesin yang memerlukan biaya
  3. Menimbulkan rasa ketergantungan terhadap mesin
  4. Mengganti dan merubah metode yang sudah ada
  5. Kesuliatan untuk mencari tenaga kerja yang memiliki keterampilan tertentu

Macam-macam Teknologi Perkantoran Tercanggih

1. Mesin 3-D Metal Printing

Mesin 3-D Metal Printing

Mesin 3-D Metal printing ini sebagai terobosan teknologi perkantoran tercanggih, yang Sekarang Printer dari mesin tersebut dapat membuat objek metal dengan lebih cepat dan murah.

Kemampuan yang dihasilkan oleh mesin 3-D metal printing yaitu untuk membuat benda-benda logam besar dan kompleks sesuai permintaan, yang dapat mengubah operasional bisnis manufaktur.

Sehingga dapat memudahkan dalam pembuatan benda-benda logam. Itulah alasan kenapa mesin ini sangat penting bagi teknologi perkantoran. Mesin tersebut dapat diaplikasikan di Markforger, Desktop Metal dan GE dan saat ini sudah ada.

2. Artificial Intelligence (AI) untuk Semuanya

Artificial Intelligence (AI) untuk Semuanya

Teknologi perkantoran Artificial Intelligence (AI) dapat mengurangi biaya operasional, meningkatkan omset, dan efisiensi sebuah perusahaan. Dengan menerapkan teknologi perkantoran ini yang berupa AI yang tepat, keuntungan yang bisa diraih oleh bisnis kalian antara lain:

  • menghemat waktu dan uang dengan mengotomatisasi proses dan tugas rutin
  • meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional
  • membuat keputusan bisnis lebih cepat berdasarkan output dari teknologi kognitif
  • hindari kesalahan akibat ‘keteledoran manusia’, selama sistemnya dikelola dengan baik dan sempurna
  • menggunakan wawasan untuk memprediksi preferensi pelanggan dan menawarkan pengalaman yang lebih baik dan personal
  • menggali sejumlah besar data untuk menghasilkan lead berkualitas dan menumbuhkan basis pelanggan Anda
  • dapat menghemat biaya, dengan mengoptimalkan bisnis, tenaga kerja atau produk Anda
  • meningkatkan pendapatan dengan mengidentifikasi dan memaksimalkan peluang penjualan
  • mengembangkan keahlian dengan memungkinkan analisis dan menawarkan saran dan dukungan yang cerdas

Artificial Intelligence(AI) merupkan terobosan dari Cloud-based AI membuat teknologi perkantoran lebih murah dan lebih mudah digunakan.

Penggunaan teknologi AI tersebut, saat ini didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan. Namun sebagai layanan berbasis cloud, layanan ini dapat tersedia secara luas untuk banyak hal, memberikan dorongan ekonomi.

Pemain Kunci dari teknologi perkantorn tersebut yaitu Amazon; Google dan Microsoft, dan saat ini teknologi canggih Artificial Intelligence(AI) sudah ada.

3. Dueling Neural Networks

Dueling Neural Networks

Dueling Neural Networks teknologi perkantoran Terobosan dari Dua sistem AI dapat berdebat satu sama lain untuk menciptakan gambar atau suara orisinal yang sangat realistis, sesuatu yang belum pernah bisa dilakukan oleh mesin sebelumnya.

Kecerdasan buatan memahami hal-hal yang membedakan, menunjukkan sejuta gambar. Meskipun demikian, AI menyedihkan dalam menghasilkan gambar orang-orang berjalan kaki tanpa masukan orang lain.

Masalah dalam menciptakan sesuatu yang sama sekali baru ini membutuhkan imajinasi dan sampai sekarang AI telah membingungkan.

Ide ini awalnya muncul di Ian Good fellow, pada saat itu seorang PhD PhD di Universitas Montreal, di tengah pertikaian skolastik di sebuah bar pada tahun 2014. Pendekatan ini, yang dikenal sebagai sistem antagonis generatif, atau GAN, membutuhkan dua sistem saraf yang meningkatkan model ilmiah otak manusia yang mensuport sebagian besar pembelajaran mesin saat ini dan menempatkannya satu sama lain dalam permainan kedua jaringan.

Teknologi ini sangat penting, karena Ini dapat memberi mesin sesuatu yang mirip dengan imajinasi, yang dapat membantu dan mempermudah mereka menjadi tidak terlalu bergantung pada manusia. Tetapi juga mengubahnya menjadi alat yang sangat kuat untuk pemalsuan digital.

Pemain teknologi perkantoran tercanggih tersebut yaitu Google Brain, DeepMind, Nvidia dan saat ini teknologi Dueling Neural Networks sudah ada lho…!! Keren kan kalian bisa mencoba menggunakannya.

4. Sensing City atau kota yang bisa merasakan

Sensing City atau kota yang bisa merasakan

 

Sensing city atau kota yang bisa merasakan Kemampuan kota untuk merasakan gejala masalah yang terjadi contohnya adalah ketika ada kemacetan di suatu ruas jalan, maka kota melalui sistem yang dibangun di dalamnya dapat segera mengetahui hal tersebut, dan segera mengirimkan informasi kemacetan tersebut kepada perangkat kota lainnya untuk menyelesaikan masalah kemacetan tersebut.

Namun seiring dengan semakin tingginya tuntutan bagi kota untuk bisa memberikan solusi secara cepat terhadap setiap permasalahan warganya, maka dibutuhkan sistem yang memanfaatkan teknologi perkantoran yang canggih untuk membantu tugas kota tersebut.

Untuk itulah teknologi perkantoran sensing dibutuhkan oleh sebuah smart city, karena tanpa kemampuan sensing yang baik, maka sebuah kota belum bisa disebut sebagai smart city.

Dengan memanfaatkan teknologi perkantoran sensing, maka permasalahan kota dapat segera ditangkap oleh perangkat kota dan dapat ditindak lanjuti dengan sangat cepat.

Teknologi perkantoran sensing ini merupakan Terobosan dari  lingkungan Toronto bertujuan menjadi tempat pertama yang berhasil mengintegrasikan desain perkotaan mutakhir dengan teknologi digital mutakhir.

Teknologi perkantoran sensing sangat penting, karena Kota pintar dapat membuat daerah perkotaan lebih terjangkau, layak huni dan ramah lingkungan. Pemain teknologi perkantoran tersebut yaitu Sidewalk Labs dan Waterfront Toronto. Proyek diumumkan pada bulan Oktober 2017, sedangkan konstruksi baru bisa dimulai pada tahun ini 2019.

5. Artificial embryos alias embrio buatan

Artificial embryos alias embrio buatan

Para ilmuwan Belanda baru-baru ini membuat Artificial embryos atau bisa disebut embrio buatan “sintetis” di laboratorium. Dengan teknologi yang canggih Para ilmuan tersebut dapat menciptakan embrio buatan dengan cara menggabungkan sel induk embrio dan sel punca plasenta, pada awalnya peneliti menggunakan tikus sebagai bahan percobaan.

Mereka melakukan hal tersebut bertujuan untuk membentuk struktur seperti embrio yang tumbuh selama beberapa hari di rahim. Embrio buatan para peneliti ini dibuat di priring petri dengan melekatkan lapisan rahim tikus betina hidup.

Embrio tersebut kemudian tumbuh selama beberapa hari. Menurut para peneliti, mempelajari hal ini bisa membantu kesuburan manusia. Penelitian ini bukan bertujuan untuk mengkloning hewan atau menusia. Justru, hal ini bermula dari ide untuk mengatasi keguguran pada tahap awal kehamilan atau dalam fase implantasi.

Teknologi yang berupa Artificial embryos merupakan trobosan yang tidak menggunakan telur atau sel sperma, para peneliti telah membuat struktur mirip embrio dari sel induk (stem cells), menyediakan rute baru untuk menciptakan kehidupan.

Artificial embryos sangatlah penting karena embrio buatan ini akan mempermudah para peneliti untuk mempelajari awal misterius terjadinya kehidupan manusia, tetapi karena adanya teknologi ini mereka berpotensi memicu debat dalam bioetika baru.

Pemain utama dari teknologi tersebut ialah Universitas Cambridge, Universitas Michigan dan Universitas Rockefeller dan teknologi tersebut sudah ada sejak saat ini.

6. Materials’ Quantum Leap

Materials’ Quantum Leap

Kimiawan sejak dulu telah memimpikan tentang perubahan protein baru untuk obat yang jauh lebih efektif, elektrolit baru untuk baterai yang lebih baik, senyawa yang bisa mengubah sinar matahari langsung menjadi bahan bakar cair, dan sel surya yang jauh lebih efisien dengan menggunakan teknologi tercanggih yaitu materials’ quantum leap yang berupa mesin, teknologi ini bisa disebut juga sebagai teknologi perkantoran karena dapat pempermudah para ilmuan untuk melakukan penelitian.

Namun para kimiawan tidak memiliki hal-hal tersebut karena molekul sangat sulit untuk dimodelkan pada komputer klasik. pada simulasi perilaku elektron bahkan dalam molekul yang relatif sederhana dan Anda mengalami kompleksitas yang jauh melampaui kemampuan komputer saat ini.

Materials’ quantum leap merupakan trobosan dari IBM yang telah menyimulasikan struktur elektronik dari sebuah molekul kecil, menggunakan komputer kuantum tujuh qubit sehingga menjadikan teknologi tercanggi.

Materials’ quantum leap berfungsi sebagai pemahaman molekul secara rinci akan memungkinkan ahli kimia untuk merancang obat yang lebih efektif dan bahan yang lebih baik untuk menghasilkan dan mendistribusikan energi karena sebab itu teknologi ini sangat penting bagi ahli kimia.

Pemain utama dari teknologi tersebut adalah IBM; Google dan Alán Aspuru-Guzik dari Harvard dan teknologi Materials’ quantum leap ini akan ada 5-10 tahun mendatang

7. Perfect Online Privacy alias privasi online yang sempurna

Perfect Online Privacy alias privasi online yang sempurna

Perfect Online Privacy merupakan Privasi internet sejati yang memiliki sistem terkontrol yang terbebas dari bahaya gangguan privasi atau penipuan grosir. Itu membatasi bahaya kerusakan perlindungan atau penipuan data. Perangkat ini adalah konvensi kriptografi yang meningkat yang disebut bukti tanpa pengetahuan.

Terlepas dari kenyataan bahwa analis telah mengatasinya untuk waktu yang cukup lama, teknologi tersebut telah meledak pada tahun sebelumnya, berkat tingkat terbatas pada pengembangan fiksasi pada bentuk uang digital, yang sebagian besar tidak bersifat pribadi.

Perfect Online Privacy termasuk golongan dari teknologi perkantoran tercanggih, karena dengan teknologi tersebut para pekerja kantor khususnya pegawai bank dapat melindungi data-data penting sehingga terhindar dari penipuan.

Para ilmuwan membuat trobosan teknologi perkantoran melalui komputer dengan menyempurnakan alat kriptografi untuk membuktikan sesuatu tanpa mengungkapkan informasi yang mendasari bukti itu.

Teknologi perkantoran yang satu ini sangatlah penting karena jika kamu perlu mengungkapkan informasi pribadi untuk menyelesaikan sesuatu secara online, akan lebih mudah untuk melakukannya tanpa membahayakan privasimu atau mengekspos dirimu terhadap pencurian identitas.

Pemain Utama Teknologi Perkantoran yaitu Zcash; JPMorgan Chase; ING dan teknologi tersebut sudah ada saat ini.

8. Zero-Carbon Natural Gas atau gas alami tanpa emisi karbon

Zero-Carbon Natural Gas atau gas alami tanpa emisi karbon

Zero-carbon natural gas atau gas alami tanpa emisi karbon di dunia mungkin terjebak dengan gas alam sebagai salah satu sumber listrik utama kami di masa mendatang. Murah dan tersedia, sekarang menyumbang lebih dari 30 persen listrik AS dan 22 persen listrik dunia. Dan meskipun lebih bersih dari batu bara, masih merupakan sumber emisi karbon yang sangat besar.

Sebuah pembangkit listrik percontohan di luar Houston, di jantung industri perminyakan dan penyulingan AS, sedang menguji teknologi tercanggih yang dapat membuat energi bersih dari gas alam menjadi kenyataan, teknologi ini bisa dikatakan sebagai teknologi perkantoran karena dapat memudahkan pekerjaan perusahaan dalam bidang energi.

Perusahaan di belakang proyek 50-megawatt, Net Power, percaya itu dapat menghasilkan daya paling tidak semurah pabrik gas alam standar dan pada dasarnya menangkap semua karbon dioksida yang dilepaskan dalam proses.

Salah satu contoh teknologi tercanggi Zero-carbon natural gas yaitu Net Power ini merupakan kolaborasi antara perusahaan pengembangan teknologi 8 Rivers Capital, Exelon Generation, dan perusahaan konstruksi energi CB & I. Perusahaan sedang dalam proses commissioning pabrik dan telah memulai pengujian awal. Ini bermaksud untuk merilis hasil dari evaluasi awal di bulan-bulan mendatang.

Perusahaan tersebut menempatkan karbon dioksida yang dilepaskan dari pembakaran gas alam di bawah tekanan dan panas tinggi, menggunakan CO 2 superkritis sebagai “fluida kerja” yang menggerakkan turbin yang dibangun khusus. Sebagian besar karbon dioksida dapat didaur ulang secara terus menerus; sisanya dapat ditangkap dengan murah.

Teknologi tercanggi Zero-carbon natural gas memberi trobosan tentang Pembangkit listrik secara efisien dan murah mampu menangkap karbon yang dilepaskan oleh pembakaran gas alam, menghindari emisi gas rumah kaca.

Sekitar 32 persen dari listrik AS diproduksi dengan gas alam, terhitung sekitar 30 persen dari emisi karbon sektor energi karena itu teknologi ini sangat penting untuk masa yang akan datang.

Pemain utama dari teknologi tersebut yaitu 8 Rivers Capital; Exelon Generation; dan CB & I, namun teknologi tercanggih ini baru ada sekitar 3-5 tahun mendatang.

9. Genetic Fortune-Telling alias pembacaan ramalan genetika

Genetic Fortune-Telling alias pembacaan ramalan genetika

Genetic fortune-telling atau bisa disebut pembacaan ramalan genetika, sebelumnya tidak pernah ada data yang tersedia pada gen orang sebanyak sekarang. Dan kekayaan informasi itu memungkinkan para peneliti untuk menebak peluang seseorang untuk mendapatkan penyakit umum seperti diabetes, radang sendi, arteri yang tersumbat, dan depresi.

Dengan adanya teknologi perkantoran tercanggih dokter sudah dapat menguji mutasi langka dan mematikan pada gen individu. Pikirkan gen kanker payudara BRCA . Atau mutasi satu huruf yang menyebabkan anemia sel sabit. Tetapi hubungan satu-ke-satu seperti itu antara mutasi dan penyakit— “gen untuk X” —tidak terlihat dalam penyakit yang paling umum. Sebaliknya, ini memiliki penyebab kompleks, yang sampai saat ini tetap sulit dipahami.

Bukan hanya tentang kesehatan saja yang dapat di baca di masa depan, namun peluang bisnis juga bisa juga dibaca di masa yang akan datang. dengan teknologi perkantoran tercanggih semua peluang usaha yang di inginkan oleh perusahaan-perusahaan kemungkinan besar dapat dicapai dengan mudah.

Para ilmuwan sekarang membuat trobosan dengan menggunakan genom dapat memprediksi kemungkinan terkena penyakit jantung atau kanker payudara dan bahkan IQmu teknologi perkantoran tersebut juga berfungsi sebagai tes kesehatan para pekerja.

Manfaat dari teknologi tersebut merupakan dapat prediksi berbasis DNA bisa menjadi kemajuan kesehatan publik yang besar berikutnya, tetapi mereka akan meningkatkan risiko diskriminasi genetik.

Pemain utama dari teknologi tersebut ialah Helix; 23andMe; Myriad Genetics; UK Biobank; Broad Instituteix; 23andMe; UK Biobank dan Broad Institute, kabar gembira bagi kita bahwa teknologi tersebut sudah tersedia saat ini.

10. Babel-Fish Earbuds

 Babel-Fish Earbuds

Kata Babel fish, diambil dari nama binatang yang mampu menerjemahkan bahasa secara langsung, yang ada di dalam cerita novel karangan Douglas Adams, berjudul: The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy. Teknologi tercanggih penerjemahan yang dipakai dalam Babel Fish berasal dari sistem SYSTRAN, yang juga diterapkan pada mesin penerjemah GoogleTranslate dan website penerjemah. (Babel Fish, 2019)

Teknologi ini sangat membantu komunikasi orang-orang yang berdeda negara, teknologi tersebut dapat dikatakan sebagai teknologi perkantoran tercanggih, karena teknologi ini bisa memudahkan komunikasi antara perusahaan satu dengan perusahaan lain yang beda bahasa.

Hampir secara real-time penerjemah sekarang bekerja untuk sejumlah besar bahasa dan mudah digunakan. Dalam dunia yang semakin terbuka secara global, bahasa masih menjadi penghalang komunikasi, oleh sebab itu teknologi perkantoran tercanggih berupa penerjemah bahasa sangatlah penting. pemain utama yaitu Google dan Baidu, sekarang sudah tersedia lho..!!

11. Augmented Reality (AR)

Augmented Reality (AR)

Bagi yang sudah terbiasa bermain game AR seperti Pokemon Go pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi canggih yang satu ini. Gimana, bermain game AR itu asik kan?

Perusahaan cerdas mengambil tidakan cepat dalam menanggapi kepopuleran AR ini. Alih-alih hanya memanfaatkannya sebagai media hiburan semata, mereka memanfaatkan AR sebagai teknologi di perkantoran ya bisa disebut juga dengan teknologi perkantoran.

Apa saja sih yang bisa dilakukan AR di kantor Anda?

Banyak sekali. Mulai dari AR marketing untuk mendukung kesuksesan dalam marketing dan campaign, hingga membantu dalam mempercepat, mempermudah dan menjadikan pekerjaan di sektor produksi lebih efisien, semua bisa dilakukan oleh AR.

Contoh AR untuk marketing adalah seperti yang dilakukan oleh MU Weber dengan AR photo booth nya. Tantangan bagi marketing adalah dalam mengumpulkan leads (prospek) untuk kemudian dikonversi menjadi customer.

Karena kekuatan augmented reality adalah menarik engagement dengan keunikan dan kecanggihan teknologinya, maka tugas marketing akan menjadi lebih mudah. Hanya tinggal follow up leads untuk kemudian dikonversi menjadi customer.

Namun kemudian satu lagi tantangan muncul, yaitu harus menjelaskan berulang-ulang kali kepada calon customer tentang keunggulan dan segala sesuatunya tentang produk yang dimiliki. Di sini, peran AR sebagai media untuk mengedukasi akan sangat penting. Calon pelanggan hanya tinggal diarahkan ke sebuah aplikasi AR yang dapat di download melalui smartphonenya, untuk bisa mengakses aplikasi AR yang didalamnya menjelaskan tentang deskripsi, keunggulan dan cara menggunakan produk.

Manfaat lainnya dari teknologi perkantoran ini bisa dirasakan adalah di bidang arsitektur, alih-alih harus menunggu hasil render untuk bisa mengetahui hasil design, dengan AR, cukup dengan mengenakan headset AR untuk bisa melihat hasil design bangunan secara realtime dan dari segala perspektif tanpa harus merendernya terlebih dahulu, efisiensi waktu pengerjaanpun bisa meningkat hingga berkali-kali lipat.

Jika dilihat dari benefitnya dalam jangka panjang, penggunaan AR di bagian produksi jelas dapat sangat menguntungkan bagi perusahaan makanya dari itu teknologi ini dikatakan teknologi perusahaan yang sangat canggih karena bisa meriset prospek ke masa yang akan datang pada suatu perusahaan.

12. Interactive Software

Interactive Software

 

Tidak seperti AR dan VR yang memiliki manfaat yang besar sebagai teknologi perkantoran, fungsi Interactive Software lebih ke penggunaan dalam event dan branding.

Walau tidak sekuat AR dalam menarik engagement, tetapi penerapannya di event-event sebagai sarana edukasi dan branding masih layak untuk dipertimbangkan karena dalam pengembangan dan biaya yang dibutuhkan terbilang lebih ringan dibanding AR.

Di dalam kantor sendiri teknologi perkantoran interactive software, bisa di manfaatkan sebagai media branding dengan memasangnya di lobi kantor, untuk memberikan kesan “WAH” kepada tamu yang datang berkunjung. Sebagai alternatif, bisa ditambahkan Kiosk atau direktori interaktif sebagai media bagi pengunjung untuk menggali informasi tentang perusahaan.

Interactive software terbagi menjadi 3, yaitu:

1. Interactive Wall

2. Interactive Floor

3. Interactive Glass

13. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR)

Teknologi perkantoran Virtual Reality (VR) pada dasarnya menggunakan konsep yang hampir sama dengan AR. Hanya bedanya adalah, jika AR menambahkan objek virtual ke dunia nyata, maka VR menarik penggunanya ke dunia virtual.

Dalam manfaatnya juga sebagai teknologi perkantoran hampir sama dengan AR, perbedaannya terletak pada pengalaman dan sensasi yang dirasakan oleh pengguna. Jika Augmented Reality dapat menarik engagement secara langsung pada pandangan pertama, Virtual Reality memerlukan penggunanya untuk mengenakan headset VR.

Namun sensasi yang diberikan lebih dalam dan kuat, karena pengguna dapat merasakan sensasi virtual sepenuhnya, sejauh mata memandang, sehingga cocok sebagai brand activation dan sarana untuk pelatihan yang aman dan efisien dari teknologi perkantoran.

Contoh penggunaan teknologi perkantoran VR untuk brand activation adalah Flying Simulato Jet VR dari MLD. Sementara contoh perusahaan yang berhasil memanfaatkan teknologi VR untuk pelatihan adalah Walmart.

Di luar kebutuhan perkantoran sendiri, sebetulnya masih ada banyak contoh pemanfaatan VR sebagai media pelatihan, seperti pelatihan keselamatan kerja, pemadam kebakaran, pengendalian pesawat tempur dan banyak lagi.

14. Aplikasi Pintar dan Analisis

Aplikasi Pintar dan Analisis

Aplikasi pintar dan analisis merupakan teknologi perkantoran yang masih berkaitan dengan kecerdasan buatan. Setiap perangkat pintar, baik itu smartphone, laptop, maupun wearable device, diprediksi akan disematkan aplikasi pintar yang menggunakan chipset artificial intelligence.

Aplikasi pintar ini mungkin akan menjadi bagian dari hidup kita. Keberadaan  teknologi perkantoran dengan sederet aplikasi pintar berpotensi mengubah kultur kantor dan pekerjaan sehari-hari.

15. Microchip, Teknologi Perkantoran Terbaru Dari Swedia

Microchip, Teknologi Perkantoran Terbaru Dari Swedia

Di film-film fiksi ilmiah, sering kali kita melihat orang-orang yang ditanamkan microchip ke dalam tubuhnya. Di Swedia, teknologi ini menjadi nyata sebagai teknologi perkantoran tercanggih.

karyawan di salah satu perusahaan besar di Swedia menggunakan teknologi perkantoran microchip yang ditanamkan ke dalam tubuhnya untuk membuka pintu dan menggunakan mesin printer. Untuk penggunaan sehari-hari, microchip tersebut mengandalkan teknologi komunikasi jarak pendek (NFC) yang akan bereaksi ketika dipicu oleh sistem, seperti sistem pembayaran, tiket kereta, kunci digital, sistem login dan sebagainya.

Tidak bisa di pungkiri, untuk saat ini perusahaan-perusahaan harus benar-benar melek akan perkembangan teknologi perkantoran jika tidak ingin tertinggal dan bisa mengungguli kompetitor. Terutama di masa depan nanti, ketika segalanya menjadi serba teknologi dan kebanyakan pekerjaan konvensional yang biasa kita lakukan saat ini akan dianggap usang.

Namun, penanaman microchip dapat menyebabkan masalah medis, seperti infeksi dan reaksi pada sistem imun. Selain itu, privasi tentang informasi kesehatan tubuh yang dapat tersebar dari adanya microchip ini juga dinilai sangat berpotensi menjadi masalah.

16. Topi Anti Kantuk

Topi Anti Kantuk

Topi anti ngantuk, Baru-baru ini perusahaan Ford mengeluarkan produk teknologi terbaru bagi pengendara yang sering mengantuk saat mengemudi maupun saat bekerja. Mereka mengeluarkan topi canggih yang dapat mengusir kantuk bernama Safecap. Topi canggih ini didesain khusus untuk membuat para pemakainya tetap terbangun selama melakukan aktifitasnya.

Topi anti kantuk tersebut perkembangan dari teknologi perkantoran yang didesain sebagai alat agar para pekerja bisa fokus dan terjaga dari kantuk sehingga dapat mengerjakan pekerjaannya.

Keselamatan harus menjadi prioritas utama dalam bekerja. Untuk itu, para pekerja sangat dianjurkan untuk menyiapkan beberapa hal penting sebelum mulai bekerja.

Misalnya menyiapkan helm dan memakai sarung tangan untuk para karyawan pabrik, menaati peraturan yang tertera dalam sebuah perusahaan, serta mengecek keadaan mesin bagi karyawan produksi. 

Salah satu penyebab utama terjadinya suatu kecelakaan dalam bekerja adalah rasa kantuk yang dialami oleh pekerja. Contoh kecil dari para pekerja di bagian produksi ia pasti sering berinteraksi dengan mesin tentu harus berkonsentrasi penuh pada mesin yang ia pakai.

Ketika diserang rasa kantuk, para karyawan tentu tidak mampu berkonsentrasi penuh serta tidak awas terhadap keadaan mesin yang dijalankannya. Mereka tentu tidak fokus memperhatikan yang ada disekitar tempat kerja.

Mereka mengeluarkan teknologi perkantoran yaitu topi canggih yang dapat mengusir kantuk bernama Safecap. Topi canggih ini didesain khusus untuk membuat para pemakainya tetap terbangun selama berkendara.

17. Smartshoes

Smartshoes

Enggak cuma smartphone aja yang muncul, smartshoes kini juga sudah muncul loh. Sepatu ini dilengkapi teknologi yang dapat menghitung langkah, menjaga kaki tetap hangat dan menyebarkan berat saat kamu berjalan dan berlari.

18. Mesin Pelipat Pakaian

Mesin Pelipat Pakaian

Bagi para ibu rumah tangga, menyetrika pakaian mungkin jadi pekerjaan yang paling melelahkan. Tapi sekarang enggak perlu khawatir, karena ada mesin yang bisa mengeringkan dan melipat pakaian secara otomatis.

Mesin bernama FoldiMate ini sudah mulai dipasarkan pada tahun ini. Selain bisa melipat pakaian, mesin ini bisa melicinkan baju otomatis.

19. Sendal dengan Penggerak Otomatis

Sendal dengan Penggerak Otomatis

Saat ingin menggunakan sendal, kita pasti akan mengambilnya di rak sepatu. Tapi, sebuah penginapan di Hakone, Jepang, memiliki sandal yang sudah disematkan teknologi canggih. Sandal ini mampu bergerak sendiri untuk menyambut tamu yang datang.

Selain roda, alas kaki ini pun dilengkapi dengan mesin penggerak dan sensor. Dengan alat kontrol, sandal ini bisa merapikan diri sendiri dan siap siaga menghampiri tamu penginapan.

20. Blockchain

Blockchain 1

Anda bisa membayangkan blockchain sebagai buku besar yang ditempatkan di sebuah ruang terbuka dan bisa dibuka oleh siapa saja. Sepanjang 2017, blockchain biasanya digunakan untuk mencatat transaksi di dalam jaringan bitcoin. Tahun depan, blokchain diprediksi akan mencakup database, keamanan, analisis, manajemen moneter, dan identitas. Namun, lantaran legalitasnya masih dipertanyakan, bisa saja teknologi ini belum dipakai di banyak negara.

21. Digital Twins

Digital Twins

Kecerdasan buatan juga bisa lahir secara kembar. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah operasional digital yang memuat miliaran lalu lintas data dalam tiap detiknya.

22. Pengambil Keputusan Bisnis

Pengambil Keputusan Bisnis

Dengan majunya kecerdasan buatan ditambah sistem jaringan yang luas, banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk mengambil keputusan binis (event-driven). Teknologi kecerdasan buatan kerap digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih akurat.

23. Admin Virtual

Admin Virtual

Pernahkah Anda bingung saat menemui masalah pada ponsel tapi layanan call center 24 jam tidak ada yang mengangkat? Teknologi ini dibangun untuk memecahkan masalah tersebut. Teknologi tentunya berbasis kecerdasan buatan, yang berarti akan memangkas biaya dan jauh lebih efisien. Dan, mungkin saja, ke depannya “admin virtual” ini bukan sekadar teks, tapi berbentuk avatar yang bisa diajak berbicara langsung.

24. Perangkat Pintar

Perangkat Pintar

Speaker pintar, drone, mobil swakemudi dan smart television merupakan contoh dari perangkat pintar (intelligence things). Seperti aplikasi pintar, teknologi ini memanfaatkan kecerdasan buatan dan mesin pembelajaran (machine learning) untuk pengoperasiannya. Dan pada 2018, perangkat pintar tampaknya akan semakin populer. Bahkan, banyak analis teknologi meramalkan kelahiran perangkat yang bisa beroperasi tanpa bantuan manusia.

25. Paduan Komputasi Cloud-Edge

Paduan Komputasi Cloud-Edge

Gartner memprediksi pada 2020 akan ada 26 miliar perangkat teknologi yang akan terhubung melalui jaringan Internet. Namun, di satu sisi, komputasi awan (cloud) sudah tak mampu lagi mengatasi beban pusat data, khususnya soal kecepatan, keamanan, kapasitas, jaringan, dan manajemen data. Karena itu, dibutuhkan pengembangan baru, yakni edge computing.

Teknologi ini merupakan gabungan dari cloud dan sistem pengiriman (edge). Paduan ini akan memberikan model pengiriman data lebih efisien dan menjadikannya lebih aman.

Itulah Dampak dari Teknologi Perkantoran dan 25 teknologi perkanoran tercanggih yang saya bahas pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah di sudut pandang mata dunia ) semoga bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment