Mengenal Struktur tumbuhan Lengkap beserta Fungsinya

Mengenal Struktur tumbuhan Lengkap beserta Fungsinya

Struktur tumbuhan – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai pencinta alam, dan pengamat tumbuhan, pastinya telinga kita tidak asing lagi dengan kata “Struktur tumbuhan” kali ini kita akan berbagi informasi yang belum kalian ketahui tentang Mengenal Struktur tumbuhan.

Tuhan menciptakan banyak dan beraneka ragam makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan manusia. Semua makhluk hidup mempunyai struktur pada tubuhnya, begitu juga dengan tumbuhan. Struktur tumbuhan jika kita perhatikan dengan detail, tubuhnya berbeda dengan struktur tubuh hewan dan manusia. Pada hewan dan manusia struktur tubuhnya dapat kita lihat secara keseluruhan, sedangkan pada tumbuh tidak.

Tumbuhan yang kita lihat bukanlah keseluruhan bagian tubuhnya karena yang kita lihat tersebut adalah bagian tumbuhan yang berada diatas tanah. Struktur tubuh tumbuhan terbagi menjadi dua yaitu sistem pucuk dan sistem akar. Sistem akar atau kerap disebut akar merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh dibawah tanah. Sistem pucuk atau pucuk adalah bagian tumbuhan yang tumbuh di atas tanah.

Struktur Anatomis Organ Tubuh Tumbuhan

Secara umum struktur merupakan suatu susunan yang bisa membentuk berbagai hal, baik itu benda mati maupun makhluk hidup. Sedangkan struktur tumbuhan memiliki berbagai bagian, yang mana setiap bagian mempunyai fungsi masing-masing.

Struktur tumbuhan atau organ pokok yang membentuk tubuh tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun. Sedangkan bunga, buah dan biji termasuk organ khusus pada tumbuhan. Setiap bagian tumbuhan tersebut mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda-beda.

1. Akar

By : www.kebunpedia.com

Akar merupakan bagian pokok dari struktur tumbuhan selain batang dan daun. Akar tersusun atas dua struktur, yaitu struktur luar (morfologi) dan struktur dalam (anatomi).

dari struktur luar (morfologi), akar tersusun atas rambut akar dan tudung akar, sedangkan secara struktur dalam (anatomi) akar tersusun atas epidermis, endodermis, korteks, dan silinder pusat.

Fungsi akar

  1. menyerap dan menghantarkan air dan mineral.
  2. menambatkan tumbuhan ke tanah.
  3. menyimpan makanan.

2. Batang

By : pixabay.com

Batang adalah termasuk bagian dari struktur tumbuhan yang sangat penting, sebagai organ tempat lintasan makanan hasil fotosintesis yang diproduksi oleh daun. Hasil fotosintesis tersebut dibawah keseluru tubuh dan sebagian disimpan pada batang sebagai cadangan makanan.

Secara anatomis atau susunan dalam, struktur batang tersusun dari lapisan-lapisan jaringan. Lapisan paling luar yaitu lapisan epidermis yang berfungsi sebagai jaringan pelindung dan dibawahnya terdapat lapisan korteks yang berfungsi sebagai jaringan penyokong.

Sedangkan korteks hanya ada pada tumbuhan dikotil. Lapisan terdalam adalah empulur yang tersusun oleh sel-sel dewasa dan kuat sebagai dasar pembentuk batang.

Fungsi Batang

  1. mengalirkan zat hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh, bahkan sampai ke bagian cadangan makanan.
  2. menegakkan dan menguatkan tubuh tumbuhan.
  3. meneruskan air dan zat-zat mineral dari akar ke seluruh tubuh terutama daun.

3. Daun

By : journal.sociolla.com

Daun adalah salah satu struktur tumbuhan yang menjadi organ pokok pada tumbuhan. Daun termasuk organ penting pada tumbuhan, karena daun organ fotosintesis utama pada sebagian besar tumbuhan.

Daun memiliki bentuk pipih melebar dan kebanyakan berwarna hijau, warna tersebut hasil dari fotosintesis yang berupa kloroplas dalam sel-sel daun.

Fungsi Daun

  1. Sebagai tempat membuat makanan melalui proses fotosintesis.
  2. Sebagai tempat pertukaran gas melalui stomata.
  3. sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, contohnya pada bayam dan kol.
  4. Sebagai tempat penguapan air transpirasi.

4. Bunga

By : gambarpedia.org

Bunga adalah struktur tumbuhan atau organ sangat penting bagi tumbuhan, khususnya pada tumbuhan Angiospermae. Sebab bunga merupakan alat reproduksi dan berperan dalam keturunan pewarisan sifat.

Fungsi bunga dapat dilihat pada struktur yang ada pada bunga, struktur bunga meliputi alat reproduksi, yaitu benang sari (stamen) dan putik (pistil).

Fungsi Bunga

  1. Fungsi bunga yang ke empat adalah untuk menghasilkan biji.
  2. Fungsi bunga yang terakhir adalah untuk dinikmati keindahan bunga nya oleh manusia.
  3. Fungsi yang paling utama dan paling vital adalah bunga sebagai alat untuk perkembangbiakan generatif.
  4. Fungsi bunga yang kedua adalah untuk menarik serangga agar hinggap dan melakukan penyerbukan.
  5. Fungsi yang ketiga, bunga adalah wadah atau tempat menyatunya gamet jantan dan gamet betina.

5. Buah dan Biji

By : www.idntimes.com

Buah merupakan organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji.

Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah bahan pangan yang bisa di makan mentah atau tanpa di olah dulu, lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan.

Buah dihasilkan dari penyerbukan putik oleh benang sari. Didalam buah terdapat biji, yang merupakan bagian penting bagi tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif.

Karena biji nantinya jika di tanam akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru yang mempunyai sifat seperti kedua induknya.

Fungsi Buah dan Biji

Fungsi buah :

  1. Dimanfaatkan manusia
  2. Sebagai pelindung biji
  3. Sebagai cadangan makanan
  4. Alat perkembangbiakan

Fungsi biji :

  1. Dimanfaatkan manusia
  2. Hasil pembuahan / penyerbukan bunga
  3. Alat perkembangbiakan

Itulah beberapa informasi dari “Struktur tumbuhan” yang berhasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com (Singgah di sudut pandang mata dunia), semoga bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment