Mengenal Struktur Bunga, Fungsi dan Bagian-bagian Bunga

Mengenal Struktur Bunga, Fungsi dan Bagian-bagian Bunga

Struktur-Bunga – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai penggemar keindahan bunga, dan pengamat tumbuhan, pastinya telinga kita tidak asing lagi dengan kata “Struktur Bunga” kali ini kita akan berbagi informasi yang belum kalian ketahui tentang Mengenal Struktur Bunga, Fungsi dan Bagian-bagian Bunga.

Setiap orang pasti menyukai bunga. Terutama bunga banyak disukai oleh kaum wanita. Hal ini dikarenakan bentuknya yang indah, warnanya menarik dan mempunyai aroma yang wangi. Bunga biasanya digunakan untuk mempercantik halaman atau bahkan mempercantik ruangan.

Bagi pecinta bunga, jangan hanya mengetahui jenis-jenis bunga saja. Tetapi, mengetahui bagian-bagian bunga juga sangat penting. nah, dalam artikel ini akan di bahas secara detail bagian-bagian bunga.

Struktur Bunga

By : slideplayer.info

Bunga menjadi bagian dari tumbuhan. Bagian ini memiliki struktur dan fungsi tersendiri. Berikut ini penjelasan struktur dan fungsi bunga.
Berdasarkan kelengkapan bagian bunga, yaitu perhiasan bunga dan alat kelamin bunga dibedakan menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

Tangkai Bunga

By : moondoggiesmusic.com

Tangkai bunga dalam bahasa latin bernama pedicellus, tangkai bunga merupakan bagian dari struktur bunga dan termasuk cabang terakhir antara tangkai induk bunga hingga bagian dasar bunga.

Tangkai bunga tersebut biasa kita jadikan sebagai bagian bunga yang kita petik dari pohonnya. Pada umumnya bunga yang dijual sebagai hiasan dan juga koleksi juga mengikut sertakan bagian tangkai bunga ini.

 

Dasar Bunga

By : moondoggiesmusic.com

Bagian dasar bunga yang dikenal dalam istilah bahasa ilmiahnya receptacle. Dasar bunga terletak di atas tangkai bunga, namun bisa juga pada bunga bagian bawah.

Lebih tepatnya, dasar bunga di bagian tangkai bunga atau di ujung bunga. Dasar bunga juga mempunyai fungsi sebagai tempat meletakkan mahkota dari bagian-bagian bunga lainnya.

 

Kelopak Bunga

By : 1freewallpapers.com

Kelopak bunga merupakan salah satu bagian struktur bunga yang sangat penting pada sebuah bunga. Sepal merupakan bagian bunga yang berupa kuncup saat bunga belum mekar. Kelopak bunga memiliki fungsi membantu menjaga bunga yang saat bunga belum mekar.

Ketika bunga sudah mulai mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, dan membiarkan bunga tersebut mekar. Pada saat bunga sudah mekar sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar dari sebuah bunga, dengan warna hijau daun.

Mahkota Bunga

By : www.merdeka.com

Mahkota bunga merupakan bagian yang paling indah dari struktur bunga. Mahkota bunga memiliki banyak warna, yang membuat daya tarik serangga maupun manusia. Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga, keindahan mahkota bunga yang menarik para serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan pada bunga.

Nama lain dari mahkota bunga yaitu corolla, dengan corak yang beraneka ragam. Sehingga  menjadikannya sasaran utama bagi para serangga untuk mendapatkan benang sari.

Fungsi mahkota bunga yaitu sebagai daya tarik serangga. Dengan adanya serangga yang hinggap pada bunga akan membantu proses penyerbukan.

Kepala Sari

Kepala sari ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan serbuk sari yang telah dihasilkan oleh benang sari tadi, kemudian kepala sari yang sudah berisi serbuk bunga akan mengeluarkan isi tersebut ketika sudah waktunya, serbuk sari tersebut akan dilepaskan ke dalam putik lalu terjadilah yang namanya proses penyerbukan.

Benang Sari

Benang sari merupakan struktur bunga yang memiliki fungsi sebagai alat untuk pengembangbiakan pada bunga atau tumbuhan. Keberadaannya adalah sebagai alat kelamin jantan yang nantinya akan memberikan peranan untuk penyerbukan. Bisa diartikan secara sederhana yakni benang sari berfungsi untuk menghasilkan serbuk sari.

Kepala Putik

Kepala putik memiliki fungsi utama sebagai tempat menempelnya serbuk sari untuk memulai proses pembuahan. Supaya tumbuhan bisa bertahan hidup, mereka harus memiliki kemampuan untuk pembuahan dan reproduksi. Pada tumbuhan, gamet jantan yang digunakan dalam reproduksi disebut serbuk sari. Agar terjadi pembuahan, butiran kecil serbuk sari harus berpindah dari tempat mereka dihasilkan (antera) ke putik yang berisi gamet betina bunga.

Tangkai Putik

Fungsi dari Tangkai Putik sebagai struktur bunga yang penyangga dari kepala putik agar kepala putik dapat memiliki posisi yang tepat untuk menangkap serbuk sari pada saat proses penyerbukan dan juga sebagai jalur masuknya inti generative serta inti vegetative ke ruang bakal biji setelah proses penyerbukan untuk kemudian melakukan pembuahan.

Bakal Biji

Bakal biji merupakan salah satu struktur bunga yang sangat penting, untuk perkembangbiakan tumbuhan secara generatif. Fungsi dari Bakal Biji sebagai tempat keberadaan ovum serta inti kandung lembaga sekunder yang nantinya setelah terjadi pembuahan kemudian berkembang menjadi biji sebagai alat reproduksi generative dari tumbuhan.

Fungsi Bunga

  1. Fungsi yang paling utama dan paling vital adalah bunga sebagai alat untuk perkembangbiakan generatif.
  2. Fungsi bunga yang kedua adalah untuk menarik serangga agar hinggap dan melakukan penyerbukan.
  3. Fungsi yang ketiga, bunga adalah wadah atau tempat menyatunya gamet jantan dan gamet betina.
  4. Fungsi bunga yang ke empat adalah untuk menghasilkan biji.
  5. Fungsi bunga yang terakhir adalah untuk dinikmati keindahan bunga nya oleh manusia.

Pembagian Bunga

Ditinjau dari kelengkapan alat kelaminnya, bunga dapat dibedakan menjadi dua yaitu bunga sempurna (lenkap) dan bunga tidak sempurna (tidak lengkap).

Bunga lengkap

By : www.pakmono.com

Bunga sempurna➡bunga yang mempunyai alat reproduksi lengkap, yaitu jantan berupa benang sari, dan betina berupa putik. bunga sempurna disebut juga hermafrodit atau bunga banci. contoh, bunga kacang, bunga kapas, bunga bakung, dan bunga mangga.

Bunga tidak Lengkap

By : pixabay.com

Bunga tidak sempurna➡bunga yang hanya memiliki satu alat reproduksi berupa benang Sari ataupun putik saja. disebut juga bunga berkelamin tunggal. contoh, bunga kelapa, bunga jagung, bunga Salak, bunga pinus, dan bunga pakis haji.

Itulah beberapa informasi dari “Struktur Bunga” yang berhasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com (Singgah di sudut pandang mata dunia), semoga bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment