Harus Tau! Ini Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Tidak sedikit yang mengira kalau futsal adalah nama lain dari sepak bola. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Baik dari segi arena bermain, jumlah pemain, dan seterusnya. Tak hanya itu, namun perbedaan futsal dan sepak bola akan dibahas.

Kenali Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Biar tidak salah lagi, pahami perbedaan dari kedua jenis olahraga ini pada penjelasan berikut:

1. Arena

Di permainan sepak bola, arenanya berbentuk lapangan luas yang dibuat di outdoor atau luar ruangan. Karena berada di luar, lantai dari lapangan sepak bola adalah rumput hijau yang dirawat sedemikian rupa.

Umumnya rumput yang digunakan adalah rumput asli, namun ada juga yang menggunakan rumput artifisial.

Sementara arena futsal berada di dalam ruangan, otomatis ukurannya lebih sempit. Akan tetapi, ada juga lapangan futsal yang berada di luar ruangan. Selain itu, lantai pada lapangan futsal berupa lapisan beton yang dicat.

2. Jumlah Pemain

Jumlah pemain futsal adalah sebanyak 5 pemain. Itu sudah termasuk kiper dan tidak ada tim cadangan. Berbeda dengan sepak bola yang satu tim terdiri dari 11 pemain termasuk kiper.

Permainan futsal dikenal lebih santai dan fleksibel ketimbang permainan sepak bola, terkadang ada tim yang bertanding satu lawan satu.

3. Durasi Permainan

Futsal dan sepak bola sama-sama terdiri dari dua babak dalam sekali main. Hanya saja, satu babak futsal berdurasi sekitar 20 menit, sementara durasi sepak bola adalah 45 menit dalam satu babak.

Bahkan, terkadang durasi satu babak sepak bola bisa lebih lama dari itu, terutama jika ada injury time.

4. Ukuran Gawang

Kedua permainan bola sepak ini menggunakan gawang. Namun, ukuran gawang sepak bola dan futsal tidak sama. Ukuran gawang futsal lebih kecil, hal ini menyesuaikan dengan ukuran lapangan futsal yang lebih kecil.

Umumnya, tinggi gawang futsal adalah 2 meter dan lebar 3 meter. Kebalikannya, gawang sepak bola cenderung lebih besar, lebarnya sekitar 7,32 meter dan tingginya mencapai 2,44 meter.

5. Aturan Kartu Merah

Kartu merah identik dengan pelanggaran. Pemain yang mendapatkan kartu merah tidak dapat digantikan oleh pemain cadangan sampai akhir pertandingan. Begitulah sistem aturan kartu merah pada pertandingan sepak bola.

Pada permainan futsal, pemain yang mendapatkan kartu merah tetap dapat digantikan oleh pemain cadangan.

6. Bola

Tidak hanya dari segi permainan, perbedaan futsal dan sepak bola juga terdapat pada bola yang digunakan. Ukuran standar bola sepak adalah berbobot 396-453 gram dengan keliling 68-71 cm. Kalau bola memiliki bobot yang lebih berat, yaitu 400-440 gram dengan keliling 62-64 cm.

Tekanan bola sepak adalah sekitar 8-12 psi, sementara bola futsal sekitar 0,4-0,6. Lalu jika dilihat dari segi pantulan, bola sepak dapat memantul 60 cm jika dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, sementara bola futsal hanya dapat memantul 55-65 cm.

7. Pergantian Pemain

Permainan futsal lebih fleksibel, sehingga pergantian pemain dalam permainan futsal dapat keluar masuk tim tanpa adanya batasan pergantian pemain.

Lain halnya dengan sepak bola, pemain yang sudah keluar tidak dapat bergabung kembali. Selain itu, pergantian pemain pada sepak bola juga memiliki batasan tertentu.

8. Tambahan Waktu

Jika selama pertandingan skor kedua tim seri, maka pertandingan akan mendapatkan tambahan waktu. Pada pertandingan futsal, tambahan waktunya adalah 2×5 menit atau 10 menit, sedangkan pada pertandingan sepak bola adalah 2×15 menit atau 30 menit.

9. Jumlah Wasit

Jumlah wasit yang pada permainan futsal hanya 2 orang saja. Mereka bertugas mengawasi dan memimpin pertandingan futsal, selagi memimpin mereka berada di luar lapangan.

Namun tidak begitu di permainan sepak bola, jumlah wasit yang dibutuhkan adalah 1 orang dan 2 orang wasit tambahan yang bertugas mengawasi garis.

10. Penalti

Jarak tendangan penalti pada permainan sepak bola adalah sekitar 12 meter dari gawang. Mengingat ukuran lapangan futsa lebih kecil, jarak tendangan penalti futsal turut lebih dekat, yaitu sekitar 6 meter dari gawang.

Akhir Kata

Setelah mengikuti pembahasan ini, Anda jadi lebih tau tentang perbedaan futsal dan sepak bola yang ternyata cukup signifikan. Jadi, jangan sampai tertukar lagi, ya!

Pengalaman Menjadi Anggota Osis

Masa SMK adalah Masa-masa remaja yang Paling Indah, masa penuh dengan kenangan. Masa ini tidak akan terulang lagi ketika kita sudah lulus dari bangku SMK,...
Silva
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.