pengertian ram

Pengertian RAM, Jenis-jenis dan Fungsinya Pada Komputer

Kalau Anda sering memakai gadget dalam keseharian. Pastinya Anda pernah dengar kata RAM dan ROM. Dalam artikel kali ini kita akan bahas info buat Anda semuanya tentang pengertian RAM dan ROM, jenis-jenis, dan fungsinya pada komputer.

Adapun kedua istilah dari RAM dan ROM ini memang kerap digunakan di dunia teknologi yang fungsinya adalah sebagai media penyimpanan data komputer.

Walaupun begitu, faktanya kedua istilah tersebut mempunyai beberapa perbedaan. Oleh karena itu, kita akan ulas melalui blog teknologi ini supaya menjadi banyak orang yang mengetahuinya.

Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan hardware komputer yang fungsinya adalah sebagai lokasi penyimpanan data komputer dengan sifat instruksi program.

Nah, biasanya data bisa diakses secara acak atau tidak, tergantung tata letaknya. Namun uniknya, data dalam komputer bakal hilang apabila komputer daya listriknya dicabut atau dinonaktifkan dari perangkat komputer.

Maka dari itu, hal yang harus Anda ketahui mengenai RAM yaitu kapasitas RAM yang ada di dalam suatu perangkat komputer.

Dimana ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kecepatan proses data (loading di dalam computer).

Intinya, buat Anda yang ingin membeli laptop atau komputer sebaiknya perhatikan dulu hal ini, supaya proses penyimpanan data, membuka data, menjalankan program akan lebih cepat serta sudah sesuai dengan kapasitas RAM laptop atau komputer Anda.

Fungsi RAM

Setelah memahami penjelasan di atas, sebetulnya Anda sudah dapat gambaran apa sih fungsi dari RAM itu.

Gimana, bukankah begitu, sob? Akan tetapi, agar lebih jelasnya Anda boleh memahaminya di bawah ini.

1. Membaca Data

Seluruh data yang tersimpan pada Harddisk komputer Anda bisa dibuka lebih cepat sebab dengan adanya RAM.

Ketika program atau file dibuka, dengan begitu data dibaca dan disimpan pada RAM sementara waktu. Sehingga proses membuka program atau file dapat lebih cepat.

2. Penyimpanan Data Sementara

Disini RAM juga memiliki fungsi sebagai media penyimpanan sementara ketika menjalankan sebuah program pada komputer.

Contohnya jika Anda lagi mengerjakan tugas kuliah di Microsoft Word. Meski PC telah menyimpan data sementara mengenai tugas kuliah Anda. Namun Anda harus menyimpannya secara permanen supaya tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Contohnya seperti listrik padam yang menyebabkan komputer Anda mati dengan seketika. Kalau memang sudah begitu, maka data tugas kuliah kalau tidak disimpan secara permanen tentu akan hilang saat komputer sudah mati.

Jenis-jenis RAM

Terdapat 5 jenis RAM yang akan dijelaskan di bawah ini serta berikut ini penjelasannya!

1. Dynamic RAM (D Ram)

Dynamic RAM yaitu RAM yang bisa refresh (disegarkan) oleh CPU secara berkala supaya data yang didalamnya tak hilang.

2. S RAM

S RAM (Static Random Access Memory) yaitu RAM yang bisa menyimpan data tanpa wajib melakukan refresh (penyegaran dari CPU). Tentunya proses kerjanya akan menjadi lebih cepat.

3. SD RAM

SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) yaitu RAM lanjutan dari D RAM. Akan tetapi telah mengalami sinkronisasi bersama sistem. Sehingga biasanya sih lebih cepat proses kerjanya dari D RAM.

4. DDR RAM

DDR RAM (Double Data Rate Random Access Memory) yaitu RAM versi selanjutnya dari SD RAM. Sekarang DDR RAM mempunyai generasi terbaru yaitu DDR2 dan DDR3. Kemungkinan untuk generasi terbarunya akan terus berlanjut dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini.

5. RDR RAM

RDR RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) yaitu RAM yang kalau dilihat dari segi harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan SD RAM, tetapi punya kecepatan yang unggul.

Demikianlah artikel teknologi yang dapat kita bagikan mengenai Pengertian RAM, Jenis-jenis dan fungsinya pada komputer versi Nirvanaharapan.com. Oh ya, semoga artikel ini bisa berguna untuk Anda semua. Terima kasih buat Anda yang sudah mau menyempatkan untuk membaca tulisan ini sampai akhir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.