Pengalaman Menjadi Anggota Osis

Osis
http://osissmkn1pwr.blogspot.com

Masa SMK adalah Masa-masa remaja yang Paling Indah, masa penuh dengan kenangan. Masa ini tidak akan terulang lagi ketika kita sudah lulus dari bangku SMK, kalau sudah ngomongin masa SMK, Banyak pengalaman dan kenangan  yang tidak bisa di lupakan, baik yang senang maupun yang sedih. Hayoo….. !!! Siapa yang  tidak punya pengalaman di sekolah, entar tak kasih pengalamanku deh, hehehe…..!!!

Ini tentang pengalamanku di SMK, aku sekolah di SMK Perbankan Mojokerto, bisa disebut juga SMK Pbk. Sekolahan ku bisa dikatakan salah satu sekolahan MEWAH di Mojokerto, eetttsssssss….!!! Jangan heran atau takjub dulu, mewah disini bukan berarti bagus dan banyak fasilitas. Melainkan kepanjangan dari ME= Mepet WAH=Sawah, alias sekolah ditengah sawah, Hihihi….!!!

Awal aku masuk sekolah sangat flat, datar tidak ada sesuatu yang istimewah dan menarik, sebab aku merasa salah jurusan. Aku suka pelajaran matematika dan perhitungan, tapi aku ngak suka kalau menghitung uang orang. Apalagi menghitung uang orang yang banyak nominalnya, tapi tak berwujud, dan itu aku lakukan selama 3 tahun lamanya. Hadewuhhhh….!!! makin pusing kepalaku.

Bukan kemauanku untuk sekolah di SMK, keluargakulah yang memaksa aku sekolah di SMK. Padahal aku punya pilihan sekolah lain, dan jurusan yang aku suka. Mau gimana lagi, semua keluarga setuju aku sekolah di SMK, ya udah deh apa kata mereka aja, toh yang biaya-yain mereka.

Berorganisasi

Organisasi sekolah, Osis SMK, Osis SMA
http://osissmkn1pwr.blogspot.com

Singkat cerita aku ikut organisasi sekolah, Iya Osis. Osis merupakan salah satu organisasi terpopuler di setiap sekolah, apalagi di sekolah ku. Banyak yang mengidamkan jadi anggota Osis, mulai dari jadi ketua, wakil, sekertaris, bendahara dan tak luput pula para anggota yang biasanya di sebut seksi-seksi.

Untuk menghilangkan rasa kebosanan, aku diajak teman-teman untuk berorganisasi, katanya itung-itung mencari pengalaman. Sapa tau ada suasana baru, yang menarik dari menghitung uang orang tak berwujud.

Mulai penasaran dengan organisasi, formulir pendaftaran mulai menyebar, ada lembaran-lembaran yang harus aku isi. Lembar pertama berisi Form data diri, berisikan nama dan jurusan. Lembar ke dua berisi tentang Visi dan Misi, Visi dan Misi saya sangat simpel dan sederhana yaitu, Visi : Ingin membantu pihak sekolahan dalam sebuah kegiatan, Misi : Ikut berkecimpung dalam organisasi sekolah terutama Osis.

Satu persatu mulai di tanya-tanya sama anggota Osis sinior kalau bahasa kerennya di Interview, Banyak pertanyaan-pertanyaan yang terlontar ke para calon anggota Osis. Tiba waktunya giliranku, nerves pasti ada, secara aku kan baru belajar berorganisasi. Tenang, santai dan Stay cool aja, biar nervesnya hilang.

Interview dimulai, pertanyaan demi pertanyaan ku jawab, pertanyaannya hanya seputar apa yang ada di formulir. Ada satu pertanyaan yang sedikit berbeda, “kamu kelas berapa ??, Kenapa kamu ngak suka sama pelajaran akuntansi dan perbankan ?? ” Dengan tatapan yang tajam seperti menginterogasi. Dengan santainya aku jawab, ” aku ngak suka mengitung uang orang aja”.

Seluruh sekolah sudah tahu, bahwa aku anak yang sedikit badung dikelas, sering bolos, sering ngilang di kelas jika pelajarannya ngak aku suka, wajah ku terlihat polos sih, seperti ngak pantes nakal,haha….!!! Tapi memang itu kenyataannya maklum masa jahiliyah, jangan ditiru yaa….!!!

Dari jawaban ku tersebut, senior hanya bilang oh…. Itu masalahnya, ada satu senior yang bilang, “Ya udah kamu jadi bendahara “. sambil menunjuk ku, “Whats, apaan cobak” terlontar sepontan dari mulutku, niatnya lari dari kandang buaya eh.. mala nyemplung ke mulut harimau.

Dibawah formulir ada tulisan, jika sudah terpilih tidak bisa mengundurkan diri, jikalau mengundurkan diri harus bayar denda. Padahal aku mau mengundurkan diri, dengan terpaksa aku lanjut menerima semuanya.

Pelaksanaan LDKS

LDKS pacet mojokerto
http://smadipo1.perguruandiponegoro.sch.id

Semua anggota Osis baru sudah terpilih,  Teman sebangku ku terpilih jadi ketua Osis, jadi enak kalau ada apa-apa aku tidak canggung untuk tanya. Sebelum anggota Osis yang baru berjan, diadakan pelaksanaan LDKS, semua taukan apa kepanjangan dari LDKS. Iya.. LDKS merupakan kepanjangan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa.

Lokasi LDKS sudah ditentukan yaitu di pacet Mojokerto, daerah pegunungan yang sejuk dan indah, tapi kalau malam sangat dingin. Ku berangkat bersama rombongan teman-teman yang lain, dengan munggunakan mobil tentara, tapi sekilas seperti truk. Tak sedikit teman-teman yang mabuk gara-gara masuk angin hampir semua, secara yang supirnya ugal-ugalan dan mobil yang terbuka membuat semua angin masuk.

Pas jam 12:00 aku samapai di pacet, udara yang sejuk membuat matahari takterasa, turun dari mobil langsung disambut para tentara untuk PBB. Kalau pelatihan LDKS pasti berhubungan dengan fisik dan mental, jangankan PBB, olahraga aja aku jarang. Apalagi PBB dengan tentara Hadeuwhhh…. capek deeh…!!! Sesejuk-sejuknya udara di pacet ya pasti ada rasa capek.

Jobdesk Semua Anggota Osis

tugas umum Osis
https://www.slideshare.net

LDKS sudah selesai tinggal pembagian Jobdesk, ya pembagian Jobdesk yang aku takutkan dari kemarin, kan aku anti yang namanya mengurusi uangnya orang.

Jobdesk Anggota Osis pada umumnya sebagai berikut : 

  1. Bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan OSIS di sekolahnya;
  2. Memberikan nasihat kepada peserta kelas dan pengurus;
  3. Mengesahkan pertemuan perwakilan kelas dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;
  4. Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;
  5. Mengarahkan perencanaan Anggaran Rumah Tangga dan program kerja OSIS
  6. Menghadiri rapat-rapat OSIS
  7. Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS

Bendahara

    1. Bertanggung jawab dan mengetahui semua pemasukan uang / biaya yang diperlukan
    2. Membuat tanda bukti kwitansi setiap pemasukan uang untu pertanggungjawaban jawaban
    3. Bertanggung jawab atas inventaris dan perbendaharaan
    4. Menyampaikan laporan keuangan secara berkala

Di kelas membuat laporan keuangan, dan di Osis juga membuat laporan keuangan, tapi bedanya kalau di kelas tak ada wujudnya kalau sedangkan di Osis nyata, memang takdir mungkin kali ya. Setelah selang berapa waktu memang seru juga jadi anggota Osis, sampai aku aktif di semua kegiatan dan tak pernah lagi membolos sekolah.

Dimulai dari anggota Osis inilah aku berubah secara derastis,  yang dulunya agak badung sekarang lumayan lah. Ternyata harus ada paksaan dan terbiasa untuk memulai menyukai sesuatu yang tidak suka.

“Jangan terlalu membenci sesuatu yang kita benci atau tidak suka, terkadang sesuatu yang kita benci, malah menjadi perubahan yang terbaik buat kita”. Terimakasih semoga bermanfaat.

 

2 thoughts on “Pengalaman Menjadi Anggota Osis”

  1. .wow, amazing story, read a story telling, i feel i want back to senior high school.. hahahha
    .i’m waiting next your story about your love or orther, ahhaha
    i like this,

Leave a Comment