Pengalaman Ku Mengubah Mindset Karyawan, Menjadi Pengusaha

Pengalaman Ku Mengubah Mindset Karyawan, Menjadi Pengusaha

Sebelum menceritakan panjang lebar tentang pengalaman ku, aku akan mengulas sedikit pengertian tentang apa itu Mindset, Karyawan, dan pengusaha. Banyak terjadi pada zaman dulu orang-orang menginginkan atau bahkan berlomba-lomba untuk menjadi PNS (pegawai negeri sipil), kalau aku menyebutnya karyawan negara, hehehe….!!!

Kebanyakan orang mengansumsikan, bahwa sebaik-baiknya pekerjaan itu jadi PNS atau karyawan tetap. Apa sih PNS atau Pegawai tetap ?? PNS merupakan abdi negara yang memenuhi syarat dan dipilih atau diangkat oleh pejabat yang berwenang, diberi tugas sesuai tugas negara dan digaji sesuai  perundang-undangan yang berlaku. Sampai banyak dari mereka yang mengeluarkan uang cukup besar, hanya untuk menjadi seorang Pegawai entah itu PNS maupun karyawan tetap.

Bicara tentang karyawan, Riset membuktikan bahwa 70% lebih dari penduduk indonesia adalah karyawan atau buruh, dan sisanya adalah pengusaha. Pengertian karyawan, karyawan dapat diartikan sebagai orang yang menjual jasa dan waktu, dan pikirannya dalam sebuah lembaga atau perusahaan dengan tujuan ada timbal balik berupa uang.

Dan sampai sekarang masih banyak lho,… Orang-orang yang berpendapat atau berasumsi bahwa pekerjaan yang lebih baik adalah karyawan atau PNS, mungkin efek dari orang jaman dulu kali ya, ha ha ha…!!! Maaf bercanda tapi ini serius. Kenapa orang-orang zaman sekarang masih punya pikiran seperti orang zaman dulu..?? Karena orang-orang zaman dulu sudah menanamkan asumsinya pada anak cucu mereka, bahwa jadi pegawai itu masa depannya cerah apalagi jadi PNS.

Tapi memang benar sih, pegawai atau PNS itu lebih cerah masa depannya di depan para mertua,hahaha…!!! Benarkan. Tapi kenyataannya hanya di depan mertua saja, didepan istri yang minta uang belanja bulanan ya kusut, seperti kebanyakan orang, cair langsung hilang dalam waktu sekejab, itu semua tergantung kita pintar-pintar Memanage keuangan.

Kalau kita menyinggung tentang Pegawai atau PNS, maka kita tidak luput dengan kata penghusaha. Pengusaha merupakan seorang yang menjalankan aktivitas usaha, baik usaha jual beli maupun produksi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan menanggung semua kerugian atau resiko yang akan terjadi.

Dulu setelah lulus SMK aku berkeinginan kuliah setelah kuliah daftar PNS, tapi karena terkendala dengan masalah perekonomian, maka aku putuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan. kuliah sudah tidak berkeinginan lagi, telah terkubur dalam kesibukan ku bekerja. Telah banyak waktu, pikiran ku, dan tenaga yang ku keluarkan untuk perusahaan orang lain.

Seperti perusahaan pada umumnya, waktu untuk bekerja kurang lebih 8-9 jam tapi belum kehitung jika lembur, dan upah atau gaji 1 bulan ada yang di atas UMR ada yang di bawah UMR. Menurutku ini tidak efektif, iya kalau gajinya di atas UMR kalau di bawah, apalagi yang sudah berkeluarga. Belanja bulanan lebih besar dari pemasukan, ibarat besar pasak dari pada tiang.

Ingin Menjadi Kaya

 

ingin cepat kaya, kaya ingin cepat, orang kaya, pemuda kaya, orang kecil kaya
By : firmanpratama.wordpress.com

Tentu semua orang ingin kaya, termasuk aku. Tidak ada yang tidak mau jadi orang kaya, tapi sayang, jadi orang kaya itu tidak semudah yang aku kira. Ada beragam hal yang mesti dilakukan, termasuk membangun kebiasaan tertentu.

Terbesit dalam hatiku akan hijaunya rumput tetangga, aku bekerja berangkat pagi pulang malam, selama 1 tahun dan kehidupan ku sama saja tidak ada yang perbedaan. Mulai berfikir apa aku pindah kerja saja ya,..!! Cari gaji yang lebih tinggi UMR-nya.

Melihat orang-orang yang bekerja berangkat pagi pulang sore, bertahun-tahun kok betah ya..?? Aku aja yang baru 2 tahunan lebih, sudah mulai ada kebosanan. Bekerja merupakan aktivitas yang melelahkan, menguras tenaga dan pikiran serta menghabiskan waktu seharian.

Capek Bekerja

 

kerja capek, pikiran pusing mikirin kerjaan, banyak tugas deat line
By : mekongsoft.com.vn

Lama-lama aku capek pindah-pindah kerja, tapi mau bagaimana lagi hanya itu cara satu-satunya untuk mencari uang. Bekerja menurut versi ku sendiri adalah suatu proses kegiatan, dimana melibatkan mental dan fisik, yang dilakukan seseorang untuk bisa mencapai tujuannya, baik imbalan berupa uang atau barang.

Bekerja juga merupakan kewajiban dimana harus diemban setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, semua orang Ada kalanya mengalami kepenatan dalam bekerja. Berikut ini kepenatan-kepenatan yang mengakibatkan orang resign dari pekerjaannya :

  1. Merasa Tidak Berkembang
  2. Lingkungan kerja yang Tidak Nyaman
  3. Tidak Ada Apresiasi
  4. Muncul Konflik
  5. Bosan dan Jenuh
  6. Ingin Mencoba Tantangan yang Baru
  7. Karir yang Tak Kunjung Naik
  8. Terjadinya Perubahan Kebijakan
  9. Ingin Jadi Pengusaha
  10. Melihat Prospek Perusahaan yang Tak Baik
  11. Faktor Keluarga
  12. Muncul Penawaran dari Perusahaan Lain

Pasti semua orang mengalami salah satu dari deretan di atas, tak terkecuali aku, tapi alasan ku hanya ada di nomor 9. Jangan sampai mengalami di nomor-nomor lain, he he he…. !!!

Cara Instan

 

cara instan kaya tanpa kerja, sukses tanpa keluar keringat tpi mustahil
By : www.provoke-online.com

Instan merupakan segala sesuatu secara langsung tanpa adanya proses terlebih dahulu, tapi mustahil, tidak ada di dunia ini yang mustahil, semuanya butuh proses. Seinstan-instannya Mie instan pasti ada proses pembuatannya.

Suatu ketika ada yang bilang kalau ingin kaya tanpa bekerja ya pakai persugihan, sampai segitunya. Tapi ada yang bilang kalau ingin kaya kamu harus resign dari tempat kerja mu, ini malah makin kacau bicaranya. Masih diluar logika ku, entalah masih bingung.

Saya disuruh memperhatikan salah satu pedagang didepan kantor, terus saya disuruh memandingkan sama kehidupan ku. Sekilas pedagang diluar sana kelihatan kumal dan melas, berbeda dengan aku yang berpakaian rapi dalam ruang yang ada AC-nya.

Tapi lain dengan hasil, aku pernah sempat tanya, penghasilan tukang cilok di depan kantor bisa mencapai 200 ribu lebih dalam sehari dan jam kerjanya hanya 6 jam , itu sudah laba bersih lho,…!!! Aku kalikan dalam 30 hari, ternyata tukang cilok gajinya per bulan mencapai 6 juta, Aku sempat berpikir, sepertinya jualan cilok lebih menarik, dari pada pegawai kantoran yang gajinya UMR.

Saya termotivasi dari pedagang cilok, katanya kalau ingin kaya, punya uang banyak jangan jadi karyawan. kalau jadi karyawan hanya cukup untuk makan sehari-hari saja, “Apa kamu ngak pengen seperti orang-orang kaya yang bisa beramal banyak”, Sambil tersenyum pada ku.

Pengusaha Solusi Utama

 

entrepreneur
By : kudo.co.id

Semua cara sudah aku lakukan, kerja sampai gonta-ganti perusahaan, sampai ngedobel 2 pekerjaan dalam 1 hari sekaligus, namun sama saja. Teringat perkataan tukang cilok bahwa kalau kamu ingin banyak uang jangan jadi karyawan, jadilah pengusaha.

Oke fiks, aku ingin belajar jadi pengusaha. Sebelum terjun jadi pengusaha aku harus punya mental yang kuat, dan modal yang tebal, alhamdulillah ada temanku yang bersedia mengajari tanpa ada embel-embel apapun. Tinggal modalnya saja ini, solusinya yaitu aku jadi pengusaha tapi tidak harus meninggalkan pekerjaanku, kalau sudah berhasil atau sukses adakalanya aku akan meninggalkan pekerjaanku. he he he…..!!

Aku pernah terjun ke dunia garment, menerima jasa pembuatan jaket, kaos, seragam, dan almamater. Usaha garment ku hanya berjalan selama 1 tahun, karena keterbatasan penjahit dan bahan, aku mencari usaha yang lebih gampang ringan dan cocok untuk perempuan seperti aku ini. Setelah ku pikir-pikir banyak kekurangan dari dalam diriku untuk menjadi pengusaha, sepertinya aku butuh wadah untuk belajar dan bersosialisasi agar aku bisa berkembang dan mempunyai banyak wawasan.

Aku memilih untuk kuliah sebagai wadah dari pembelajaran ku menjadi pengusaha, dan akhirnya aku kuliah di STIT Raden Wijaya dengan jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam), sekilas aneh, bahkan mungkin aku dikira salah jurusan, tapi tidak. Mengapa aku pilih jurusan PAI, karena menurut ku, kalau kita ingin jadi pengusaha jangan hanya untuk duniawi saja.

Aku pilih jadi pengusaha untuk masalah duniawi, dan aku pilih pendidikan Agama islam Untuk jembatan akhirat ku. Supaya menjadi seimbang harus berjalan dua-duanya, kali ini harus pintar-pintar Memanage waktu. Waktu ku sekarang terbagi menjadi 3 bagian yaitu kerja, usaha, dan kuliah.

Setelah beberapa bulan aku mencari usaha yang cocok, akhirnya aku dapat ide untuk membuka usaha produksi bantal leher dan  boneka, ya alhamdulillah dari perjuangan ku menjadi pengusaha membuahkan hasil.

Oh iya kelupaan aku kan belum mencantumkan pengertian apa itu mindset..?? Maklum faktor umur ha haha…!! Mindset berasal dari 2 kata, Mind dan set. Kata “mind” berarti “sumber pikiran dan memori; pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan , ide, dan persepsi, dan menyimpan pengetahuan dan memory”. Kata “Set” berarti ” mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan, keadaan utuh/solid”. Atau bisa juga diartikan dengan pola pikir yang sudah di setting dalam keadaan sadar. Itulah kisah ku merubah Mindset semoga bermanfaat.

” Jangan mudah putus asa, semuanya mudah jika mindset kita mudah, ubah minsetmu sebelum mindsetmu diubah orang lain”

kata mutiara untuk pengusaha, pengusaha muda tidak menunggu hari untuk memulai sesuatu
By : perkatav.blogspot.com

Btw, kalau mau order boneka dan bantal leher murah grosir maupun eceran pesan di sini ya..!! dijamin bagus dan berkualitas, bisa menerima Request kok he he….!!!

Leave a Comment