Outbound Ku di Cuban Rondo

Outbound Ku di Cuban Rondo

Outbound adalah pembelajaran mengenai kepemimpinan dan kemandirian di alam terbuka, dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif, karena pelatihan ini tidak dengan teori, melainkan langsung diterapkan pada bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.

Peserta Outbound kebanyakan dari kalangan pelajar, tapi tidak kemungkinan dengan para pekerja. Saya mengenal kata Outbound pada saat sekolah SD, tapi Outbound yang paling berkesan itu Saat saya sekolah SMK tepatnya waktu kelas dua. Menurut pemahaman saya Outbound itu kegiatan diluar sekolah, yang berisikan permainan-permainan yang mengajarkan kita tentang kepemimpinan dan kemandirian.

Dari deretan banyaknya tempat Outbound yang saya kunjungi, hanya Cuban Rondo yang membuat saya tidak bisa MOVE ON. Terlalu banyak keindahan dan permainan yang tidak bisa dilupakan, saya sudah beberapa kali Outbound di Cuban Rondo, tapi masih ketagihan dan ingin kesana lagi dan lagi.

Perjalanan dari Mojokerto ke Cuban Rondo hanya membutuhkan kurang lebih 3 jam, ya termasuk dekat tidak memakan waktu yang lama. Coban Rondo terletak di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur. kita taukan daerah malang itu gimana…?? Termasuk daerah yang tergolong daerah dingin apalagi di daerah pegunungannya.

Sebelum berangkat Outbound apa saja sih yang wajib dipersiapkan, pastinya ada banyak hal-hal yang harus dipersiapkan dan dibawah. Berikut ini saya cantumkan beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dibawa:

Persiapkan Outbound yang wajib di penuhi khusus Ahwat.

  1.  Pakai pakaian warna gelap biar gak gampang kotor
  2.  Pakai pakaian berlapis
    – Celana lapangan atau celana training dilapis rok
    – Baju kaos lengan panjang dilapis kemeja berkancing
    – Baju kerudung pendek
  3.  Pakai manset
  4.  Pakai kaos kaki dan Bawa kaos kaki ganti
  5. Pakai sandal gunung atau sepatu kets (jangan pakai pantopel = D gunakan sepatu hak tinggi)
  6. Bawa alat sholat (wajib pisan)
  7. Pakai sun block

Persiapkan Outbound yang wajib di penuhi khusus Ihkwan.

  1.  Pakai pakaian warna gelap biar gak gampang kotor
  2. Bawa alat sholat (wajib pisan)
  3. Pakai sandal gunung atau sepatu kets
  4. Baju kaos lengan
  5. Bawa celana Training
  6. Bawa Sabun Mandi ( minimal sabun cuci muka )

Persiapkan Outbound yang wajib di penuhi umum

  1.  Peralatan Mandi (Individu)
  2. Perlengkapan Makan (Individu)
  3. Slayer Warna Gelap (1 Kelompok Harus Sama)
  4. Pakaian Hangat/Jaket (Individu)
  5. Sarung Tangan (Individu)
  6. Obat-Obatan Pribadi (Individu)
  7. Keplek/Id Peserta (Tahan Air/Laminating)
  8. Senter yang Menyala (batere/cash)
  9. Peralatan Outbond (Alat Tulis)

Tapi sesuai dengan apa yang di Intruksikan oleh pemandu Outbound ya..!! Dulu saya waktu Outboun kurang lebih seperti apa yang di cantumkan diatas. Kamu harus tau bagaimana keindahan, seru, asiknya Outbound di Coban Rondo.

Hutan Cuban Rondo

 

hutan coban rondo, tempat outbound hutan coban rondo malang
By : www.frozzaholic.com

Sebelum tiba di lokasi, sepanjang perjalanan mata kita dimanjakan dengan keindahan alam yang sangat Masyallah, Pokoknya mantul banget deh. Lokasi yang paling menjadi handalan sekolahan saya yaitu di hutan Coban Rondo tapi yang paling atas,  untuk mencapai tempat yang paling atas, kita melewati jalan yang menanjak, berkelok-kelok dan sangat-sangat Ekstrim, Disisi kiri jalan ada jurang yang lumayan menakutkan jika ada mobil yang berpapasan.

Karena Jalan menuju lokasi Outbound sangat Ekstrim, sopir mengemudikan busnya sangat berhati-hati, tapi tetap saja tidak menghilangkan semua ketakutan para penumpangnya. Memang jalannya sangat licin dan posisinya lagi turun hujan, salah sedikit aja langsung masuk dalam jurang.

Sejauh mata memandang kita dimanjakan dengan keindahan alam, apalagi waktu naik hutan cuban rondo, banyak kabut-kabut tipis yang menyelimuti hijaunya hutan. Kicauan burung yang terdengar di sepanjang jalan, monyet-monyet yang bergelantungan dan kebun kopi yang tampak merah merekah akan buahnya.

saya dan kawan-kawan berangkat pukul 05:03 dan sampai dilokasi kurang lebih jam 09:00, meskipun jam 9 siang suasananya masih dingin banget. Tendaku berdiri didalam rimbunan pohon cemara, tapi bukan pohon cemara saja, melainkan  banyak pohon cemara dan pohon pinus

Air Terjun Coban Rondo

 

Air terjun Coban rondo, malang
By : backpackerjakarta.com

Air Terjun Coban Rondo merupakan sebuah air terjun yang terletak di area pegunungan di daerah malang, udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang natural, membuat daya tarik para wisatawan tersendiri. Air terjun Coban Rondo termasuk air terjun yang pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980-an. Air terjun berasal dari sumber mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Besar debit air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik.

Legenda Coban Rondo, Coban yang mempunyai arti air terjun, sedangkan Rondo mempunya arti orang janda. Berawal dari sepasang pengantin baru yang bernama Dwi Anjarwati dari gunung kawi dan suaminya bernama Raden baron Kusuma dari gunung Anjasmara. Dwi Anjarwati yang mempunya paras yang cantik nan anggun, menyebabkan banyak para laki-laki yang terpikat dengannya.

Samapai akhirnya Dwi Anjarwati disukai oleh seorang pendekar yang bernama Joko Lelono, yang ingin memiliki Dwi Anjarwati. Joko Lenono ingin merebut Dwi Anjarwati dari tangan Raden baron Kusuma.

Terjadilah pertarungan antara Raden baron Kusuma dengan Joko Lelono sampai 3 hari 3 malam, sedangkan Dwi Anjarwati menunggu kedatangan suaminya di bawah air terjun. Dan pada akhirnya kedua pendekar tersebut meninggal dunia, dan disebutlah dengan Air Terjun Coban Rondo karena Dwi Anjarwati telah menjadi janda.

Permainan Outbound

 

permainan bola Outbound
By : www.tripoutbound.com

Permainan merupakan sebuah kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan daya fikir dan kreatifitas. Tapi kebanyakan orang mengartikan permainan adalah salah satu kegiatan yang merefres otak, dimana hanya ada kesenangan, canda tawa dan hiburan. Permainan yang sering ada pada Waktu Outbound diantaranya :

1. Konsentrasi

permainan yang sangat menyenangkan dan membutuhkan banyak berfikir, dengan tema lempar bola kiri dan tangkap bola kanan dengan kerja Team. Itulah permainan sederhana tapi banyak membutuhkan konsentrasi dan kekompakan dalam Team.

2. Tongkat Ajaib

Tongkat ajaib merupakan permainan yang membutuhkan banyak anggota Team, kurang lebih 10 samapi 12 orang di setiap kelompok. Cara mainnya, kita julurkan dua jari telunjuk untuk menyangga tongkat, dalam sebuah Team ada ketua yang mengintruksikan gerak jari telunjuk, jika gerak tidak sesuai intruksi. Maka tongkat terlihat seperti menggerakkan anggota team bukan team yang menggerakkan tongkat.

3. Membangun Kepercayaan

Dalam permainan ini, kita dilatih untuk saling percaya dalam sebuah time. Dalam sebuah team kita wajib diharuskan untuk saling percaya, dan yang dipercaya harus menjaga kepercayaan. Kalau sebuah Team tidak ada rasa kepercayaan, maka akan menimbulkan bercerai berainya sebuah Team. Caranya sebagai berikut : Diperlukan 2 orang berbaris, orang yang didepan menjatuhkan badannya, sedangkan orang yang dibelakang menangkap atau menahan badan orang yang didepan. Permainan dimulai dengan menggunakan kata kunci, orang yang didepan mengucapkan siap jatuh, sedangkan yang di belakang menjawab siap tangkap.

Itulah pengalaman Outbound yang tidak bisa saya lupakan, jadi ingin kesana lagi. By The Way “belajar di alam terbuka lebih menyenangkan, bisa menyatu dengan alam, belajar mandiri, dan melatih ke kompakan”. Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment