Ternyata Manfaat Pohon Kelapa Sangat Luar Bisa

Ternyata Manfaat Pohon Kelapa Sangat Luar Bisa

Manfaat Pohon Kelapa – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai penggemar alam, dan pengamat lingkungan, pastinya telinga kita tidak asing lagi dengan kata “Manfaat Pohon Kelapa” kali ini kita akan berbagi informasi yang belum kalian ketahui tentang manfaat pohon kelapa.

Kelapa merupakan salah satu anggota dari keluarga Arecaceae yang spesies dalam genus Cocos. Pohon kelapa termasuk sejenis pohon palem dengan satu batang lurus yang banyak memiliki kegunaan dan fungsi penting sejak zaman prasejarah. Ini adalah salah satu jenis pohon dimana hampir dalam tiap bagiannya memiliki  manfaat, termasuk buah, kayu, akar, dan daunnya.

5 Manfaat Pohon Kelapa

By : www.nursaidr.com

Kelapa Adalah buah yang dapat kita minum airnya dan kita dapat makan dari dagingnya bagi yang punya kelapa mungkin tidak tahu manfaat dan kegunaan dari pohon kelapa itu jadi anda bisa kunjungi blog ini untuk mendapatkan sebuah artikel yang sangat berharga sekali bisa dijadikan di kehidupan sehari hari jika perlu dan kelapa ini sangat multy manfaatnya kita bisa buat sesuatu dari batang pohonnya dan kita juga dapat membuat barang dari batangnya , bukan hanya batangnya tetapi hampir 90 persen dari pohon bisa di manfaatkan. Manfaat Dan Kegunaan dari pohon kelapa sebagai berikut :

Buah Kelapa

By : hellosehat.com

Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa, dan lembaga (bakal buah). Dari bagian buah kelapa ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya, sabut, tempurung, daging buah, dan air kelapa. Berikut ini merupakan bagian-bagian buah kelapa yang bisa dimanfaatkan.

Air kelapa

By : www.islampos.com

Air di dalam buah kelapa yang masih muda dapat bermanfaat untuk kesehatan kita. Air tersebut dapat digunakan sebagai penghilang ion pada tubuh saat dehidrasi,  menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan pembersihan alami pada ginjal. Bukan hanya itu saja, kebanyakan air kelapa juga dipercaya bisa menyembuhkan luka bakar, menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat, mencegah uban dan mencegah dehidrasi. Dibeberapa negara, seperti India, Thailand, dan srilanka, air kelapa dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan sup.

Dalam dunia kecantikan, air kelapa juga merupakan bahan yang ideal untuk ditambahkan dalam masker wajah buatan sendiri.

Daging kelapa

By : belitung.tribunnews.com

Terdapat berbagai macam pemanfaatan daging buah kelapa diantaranya adalah :

  1. Daging yang masih muda dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam berbagai jenis minuman, seperti es buah. Sedangkan daging yang sudah tua dimanfaatkan sebagai santan dalam berbagai jenis olahan makanan.
  2. Daging kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki rasa yang menarik yang unik. Ia dapat digunakan sebagai pengganti mentega dalam banyak resep masakan.
  3. Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih lebih tinggi dibandingkan dengan minyak seperti manfaat minyak zaitun atau Canola. Asam laurat dalam minyak kelapa diyakini sangat baik untuk kesehatan, ia dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat melindunginya dari berbagai macam penyakit.
  4. Selain itu, minyak kelapa adalah kondisioner yang bagus untuk rambut juga. Penggunaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembut dan halus. Minyak kelapa juga digunakan untuk memijat bayi. Hal ini diyakini sehat bagi kulit bayi.

Sabut kelapa

By : www.desamodern.com

Pemanfaatan sabut kelapa antara lain adalah :

  1. Sebagai scrubber yang dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk membersihkan piring makan, cangkir dan bahkan lantai.
  2. Sabut kelapa juga digunakan sebagai bahan kerajinan, seperti untuk membuat rambut boneka, jok, bantal, kasur keset, tali dan bahan industri karpet.
  3. Sebagai pupuk organik cair. Caranya adalah dengan merendam sabut kelapa dalam air selama +/- 15 hari atau sampai air rendaman menjadi hitam. Kandungan kalium klorida dalam air rendaman tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair.
  4. Sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai media tanam organik, yaitu dengan cara digiling halus hingga menjadi serbuk.

Tempurung kelapa

By : www.desamodern.com

Tempurung kelapa diambil dari bagian pohon kelapa, tempurung biasa disebut batok kelapa. Batok kelapa biasanya digunakan sebagai bahan bakar dan juga menjadi bahan baku kerajinan tangan. Sudah banyak kerajinan tangan yang berasal dari batok kelapa. Anda tertarik menjadi pengrajin batok kelapa.

Bunga Kelapa

By : nolkmjogja.blogspot.com

Bunga kelapa mulai mekar ketika kelapa berusia sekitar 4 sampai 6 tahun. Bunga-bunga tersebut memiliki warna kuning dan beraroma manis. Bagian bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. Dimana terdapat bunga jantan yang terletak jauh dari pangkal dan betina yang terletak di pangkal karangan.

Bagian bunga dari kelapa dapat dimanfaatkan sebagai :

  • Hasil fermentasi dari getah bunga kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alkohol dan cuka.
  • Sebagai bahan obat-obatan tradisional
  • Sebagai bahan kerajinan seperti topi, tas, maupun tali sandal.

Daun Kelapa

By : pixabay.com

Daun kelapa dapat dibuat menjadi berbagai macam benda. Misalnya bingkai lemari, hiasan janur, keranjang sampah, sapu lidi, sarang ketupat, tatakan, dan tempat buah. Sementara pucuk daunnya dapat dibuat makanan, seperti asinan. Kemudian manggar atau pangkal pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula. Sementara pelepah keringnya dapat dibuat kipas, sandal, tas tangan, dan topi.

Kelapa memiliki bagian daun yang merupakan daun tunggal dan menyirip. Berbagai macam kegunaan daun kelapa diantaranya adalah :

  • Daun kelapa yang masih muda atau biasa disebut dengan janur, dapat dimanfaatkan untuk berbahai macam hal, seperti bahan anyaman untuk dekorasi sebuah upacara adat, sebagai pembungkus makanan, seperti ketupat, dan lemet.
  • Daun kelapa yang sudah tua, bisa digunakan sebagi banahn anyaman untuk pembuatan atap maupun dinding bangunan.
  • Daun kelapa yang sudah kering dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan anyaman untuk pembuatan tikar, topi, tas, dan aneka jenis kerajinan tangan lainnya. Selain itu, daun kelapa yang sudah kering dapat juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat kertas setelah diekstrak menjadi bubur.
  • Batang daun atau biasa disebut lidi, juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat kebersihan, seperti sapu taman.
  • Dan mungkin yang belum kita ketahui, ternyata daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai alternative pakan ternak. Daun kelapa merupakan makanan favorite bagi para gajah.

Batang Kelapa

By : ekonomipos.com

Batang pohon kelapa memiliki butiran yang berserat. Ada tiga warna dasar yang berkaitan dengan kepadatan kayunya, yaitu coklat gelap, cokelat medium,dan emas bercahaya. Batang kelapa umumnya memiliki tinggi mencapai 25 mtr dengan diameter berkisar 300 mm. Kandungan silika dalam batang memberikan efek elastisitas pohon.

Batang kelapa memiliki banyak aplikasi, seperti :

1. Sebagai bahan desain struktur dan interior.

Pemanfaatan batang kelapa untuk desain interior terbagi sesuai dengan kualitas kepadatannya, yaitu :

  • Batang kelapa yang memiliki kepadatan keras (high-density), cocok untuk struktural umum seperti pilar, gulungan, arung jeram, furniture, jendela, kusen pintu, lantai, decking dan balok lantai.
  • Batang kelapa kepadatan menengah dapat digunakan untuk dinding, langit-langit, balok, dan kancing horisontal.
  • Batang kelapa dengan kepadatan rendah digunakan dalam aplikasi bantalan non-beban seperti panel kayu, lis internal dan langit-langit, serta peralatan rumah tangga.

2. Sebagai bahan desain eksterior. Batang kelapa juga dapat digunakan untuk aplikasi eksterior bangunan , seperti pintu masuk atau gerbang, layar, dan pintu.

3. Bahan dasar pembuatan kertas. Batang kelapa dapat juga diekstrak untuk pembuatan bubur kertas.

Akar Kelapa

By : pixabay.com
Akar kelapa dapat bermanfaat untuk kehidupan. Akar ini bisa dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. Bisa juga dimanfaatkan untuk obat obatan (dalam ukuran atau takaran tertentu).
Itulah beberapa informasi dari “Manfaat Pohon Kelapa” yang berhasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah di sudut pandang mata dunia ), semoga dapat bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment