Macam-macam Planet dalam Sistem Tata Surya Lengkap

Macam-macam Planet dalam Sistem Tata Surya Lengkap

Macam-macam Planet – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai penggemar ilmu astronomi, dan pengamat ruang angkasa, pastinya telinga kita tidak asing lagi dengan kata “Macam-macam Planet” kali ini kita akan berbagi informasi yang belum kalian ketahui tentang Macam-macam Planet dalam Tata Surya.

Planet merupakan benda luar angkasa yang mengelilingi Matahari, planet juga termasuk golongan anggota tata surya. Planet membutuhkan waktu (kala revolusi) selama 1 tahun untuk mengelilingi matahari, dalam ilmu astronomi peristiwa tersebut dinamakan sebagai revolusi. Dimana planet mengelilingi matahari secara penuh dalam 1 kali putaran untuk 1 kali revolusi.

Planet juga mengelilingi atau mengorbitkan pada porosnya, yang disebut dengan istilah rotasi. Waktu yang dibutuhkan planet ( kala rotasi ), untuk 1 kali rotasi yaitu 24 jam atau 1 hari. Dalam hal ini masing-masing planet tidak saling tabrakan satu sama lain, Karena masing-masing Planet memiliki Orbit atau lintasan maya yang juga dikenal sebagai Elips.

Hal yang dapat dipertahankan masing-masing Planet pada Orbitnya hanya disetujui oleh Gaya Garvitasi Matahari. Jika planet lebih jauh dari Matahari, Maka Orbit dari Planet ini akan semakin panjang.

Urutan Planet dari yang Terdekat Sampai yang Terjauh dari Matahari: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus

Urutan Planet dari yang Terbesar Sampai yang Terkecil Ukurannya : Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Bumi, Venus, Mars, Merkurius

Nama-nama Planet dan Ciri-cirinya

Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa, planet merupakan benda langit yang ada di tata surya. Dalam tata surya planet dibedakan menjadi 2 yaitu planet dalam dan planet luar.

Ciri-ciri Planet dalam:

Planet dalam merupakan kelompok Planet yang posisinya paling dekat dengan Matahari, dan mempunyai ukuran yang paling kecil dari planet yang lainnya. Contoh planet dalam yaitu : Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Ciri-ciri Planet luar:

Sedangkan planet luar merupakan kelompok planet yang posisinya paling jauh dengan matahari, dan mempunyai ukuran yang paling besar dari kelompok planet dalam. Contoh luar yaitu : Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kelompok Planet Luar juga disebut dengan Gas Raksasa (Gas Giant). Berikut adalah macam-macam planet beserta ciri-cirinya.

1. Planet Merkurius

By : Planet Merkurius

Planet Merkurius merupakan planet yang terletak sangat dekat dengan matahari dalam sistem tata surya, nama planet merkurius berasal kerajaan Romawi yaitu dewa kurir. Manusia telah banyak melakukan pengamatan, tentang memahami ciri-ciri planet merkurius sejak zaman 2500 sebelum masehi.

Planet merkurius memiliki suhu mencapai 400 derajat Celsius pada siang hari, sedangkan pada malam hari suhu turun hingga 180 derajat Celsius. Planet ini memiliki ukuran yang sangat kecil, namun memiliki berat yang menyamai dengan berat bumi. Hal ini dikarenakan planet merkurius yang tersusun dari besi yang sangat besar hingga berdiameter 3.600 km. Planet ini terlihat di bumi pada saat menjelang pagi dan senja.

Ciri-Ciri Planet Merkurius

Planet Merkurius memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Tidak memiliki satelit.
  2. Suhu rata-rata 167 derajat celcius.
  3. Kala rotasi 58,64 hari.
  4. Diameter= 4.880 km dan volume= 6,083×1010 km3.
  5. Kala revolusi 88 hari.
  6. Jarak rata-rata dari Matahari 57,9 juta km.
  7. Tidak mempunyai cincin.
  8. Planet terkecil dalam tata surya.
  9. Planet berwarna abu-abu.
  10. Termasuk kelompok planet kebumian dan planet dalam.
  11. Permukaannya terdiri dari lembah, kawah, dan perbukitan yang memanjang.
  12. Periode rotasi 59 hari dan periode revolusi 88 hari.
  13. Tidak mempunyai lapisan atmosfer.

2. Planet Venus

By : www.anakcemerlang.com

Planet Venus termasuk planet urutan kedua dalam tata surya. Venus merupakan planet yang menjadi satu-satunya dengan arah rotasi yang berkebalikan, sehingga menyebabkan matahari terbit dari arah barat di planet Venus. Planet ini termasuk planet terpanas di tata surya, hal ini dikarenakan, planet tersebut mempunyai suhu rata-rata yang paling  tinggi sekitar 735 Derajat Kelvin..

Planet Venus memiliki diameter sebesar 12103,6 kilometer. Waktu yang diperlukan sekali rotasi planet Venus yaitu 243 hari dan waktu revolusi 225 hari. Artinya 1 tahun di Venus lebih pendek dari waktu 1 harinya. Venus juga mempunyai waktu rotasi 1 hari paling lama.

Venus termasuk dalam planet dalam, yang orbitnya berada di antara matahari dan bumi. Planet Venus tidak memiliki satelit dan tidak memiliki cincin. Venus mempunyai tekanan atmosfer yang tinggi sekitar 92 kali lipat melebihi bumi.

Orbit Venus mengelilingi matahari membutuhkan waktu selama 224,7 hari. Ada lapisan buram yang menyelimuti planet Venus, lapisan tersebut di sebabkan karena adanya kandungan Karbon Dioksida sebesar 96,5% dan kandungan Nitrogen sebesar 3,5%.

Ciri-Ciri Planet Venus

Berikut merupakan ciri-ciri planet Venus diantaranya :

  1. Jarak planet dari matahari : 108 juta kilometer
  2. Waktu rotasi : 243 hari
  3. Waktu revolusi : 225 hari
  4. Luas permukaan : 4,6023 x 108 km2
  5. Diameter : 12103,6 km
  6. Volume : 9,2843 x 1011 km3
  7. Massa : 4,8675 x 1024 kg
  8. Gravitasi : 8,87 m/s2
  9. Rata-rata suhu : 735 Kelvin
  10. Jumlah Satelit : tidak ada

3. Planet Bumi

By : Suara.com

Planet Bumi yaitu planet yang bisa dihuni oleh semua makhluk hidup. Planet ini mempunyai suhu yang relatif tetap, Bumi merupakan planet yang ketiga dari sistem tata surya, merupakan planet terpadat dan terbesar dalam urutan kelima dari delapan planet di tata surya.

Suhu yang tetap bisa menjaga agar air bisa tersedia dan menjaga berbagai organisme penghasil oksigen untuk tetap hidup. Sehingga dapat menyebabkan ketebalan atmosfer Bumi mencapai 700 km yang sebagian besar adalah nitrogen dan oksigen. Sekitar lebih dari 70% permukaan Bumi adalah air.

Planet Bumi ini dikenal dengan sebutan planet biru, waktu Bumi mengelilingi matahari atau disebut dengan istilah sekala revolusi yaitu 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik dan 365 hari 5 jam 48 menit 46 detik atau sama dengan Satu Tahun Tropik.

Sedangkan waktu yang dibutuhkan Bumi untuk berputar pada porosnya atau dengan istilah sekala rotasi Bumi, yaitu 23 jam 56 menit. Bumi mempunyai satelit yang bernama bulan, satelit tersebut juga berotasi dan berevolusi selama 27 3 1 hari sampai 29 3 1 hari.

Ciri-Ciri Planet Bumi

Ciri-Ciri Planet Bumi diantaranya :
1) Kala revolusi 365, 242 hari.
2) Kala rotasi 23 jam 57 menit.
3) Jarak rata-rata dari Matahari 149, 6 juta km.
4) Tidak mempunyai cincin.
5) Memiliki diamater 12.756,3 km.
6) Planet Bumi adalah sumber kehidupan yang cocok bagi tersedianya oksigen dan air.
7) Mempunyai 1 satelit.
8) Suhu rata-rata 15 derajat celcius.
9) Memiliki warna biru, karena terdapat partikel udara di atmosfer yang dapat memantulkan cahaya berwarna biru.

4. Planet Mars

By : profil-sejarah.blogspot.com

Planet yang kerap dijuluki sebagai planet merah yaitu planet Mars, planet ini memiliki warna merah karena besarnya berkarat pada seluruh permukaan Planet Mars tersebut. Permukaan planet Mars terdiri dari, sungai kering, gunung berapi berukuran besar, lembah, dan lapisan es. Planet Mars ini mempunyai dua satelit berukuran kecil, yaitu Deimos dan Phobos.

Mars merupakan planet yang mempunyai luas permukaan sekitar 144 juta km, planet ini termasuk salah satu planet tetangga Bumi. Planet ini juga terdapat banyak gunung berapi. Contohnya adalah Olympus Mons yang mempunyai ketinggian mencapai 24 km. Namun planet tersebut belum memenuhi kriteria sebagai planet layak huni.
Pada awal mula tercipta, Mars terlihat gelap. Warna planet Mars berubah menjadi merah dikarenakan oleh besi di permukaan Mars teroksidasi. Para ahli berpendapat bahwa hal itu bisa disebabkan oleh badai yang terjadi saat Mars masih muda. Sehingga menyebabkan besi dan oksigen bereaksi.
Mars juga mempunyai jarak yang cukup jauh dari Matahari yaitu sekitar 249 juta km dan membutuhkan waktu selama 687 hari untuk mengelilingi matahari dalam satu putaran.
Misi untuk mengirim manusia untuk kesana sudah direncanakan. Misi tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2023. Suhu dan tekanan udara yang sangat rendah menyebabkan manusia wajib menggunakan alat bantu pernafasan jika ingin tinggal disana.

Ciri-Ciri Planet Mars

Setelah penjelasan singkat mengenai planet Mars, berikut beberapa karakteristik dan ciri ciri planet Mars.
  1. Jarak planet dari matahari : 230 juta kilometer
  2. Waktu rotasi : 25 jam
  3. Waktu revolusi : 687 hari ( 11 tahun 10 bulan 3 hari )
  4. Luas permukaan : 145 juta km2
  5. Diameter : 6794 km
  6. Volume : 1,6318 x 1011 km3
  7. Massa : 6,417 x 1023 kg
  8. Gravitasi : 3,7 m/s2
  9. Rata-rata suhu : 210 Kelvin
  10. Jumlah Satelit : 2
  11. Tidak mempunyai cincin.
  12. Tersusun dari karbondioksida yang tipis.
  13. Jarak rata-rata dari Matahari 227,9 juta km.

5. Planet Jupiter

By : www.britannica.com

Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Planet ini mempunyai diameter sekitar 142.984 kilometer. Berdasarkan luas permukaannya, planet Jupiter merupakan planet yang besarnya 120 kali lipat lebih besar dibandingkan planet Bumi.

Planet Jupiter memiliki waktu revolusi 11 tahun dan waktu rotasi 10 jam. Rotasi pada planet Jupiter memerlukan waktu 10 jam, dimana planet ini menjadi  planet  tercepat dalam rotasi. Komposisi Jupiter terbesar terdiri dari gas helium (10%) dan hidrogen (89%).

Jupiter termasuk dalam planet luar yang orbitnya tidak berada di antara matahari dan bumi. Planet ini mempunyai lebih dari 75 satelit dan masih mungkin akan terus bertambah. Hal ini menjadikan Jupiter sebagai planet yang memiliki satelit alam paling banyak dari planet yang lainnya.

Ciri-Ciri Planet Jupiter

Setelah penjelasan singkat mengenai planet Jupiter, berikut beberapa karakteristik dan ciri ciri planet Jupiter.

  1. Jarak planet dari matahari : 778 juta kilometer
  2. Waktu rotasi : 10 jamWaktu revolusi : 11 tahun
  3. Luas permukaan : 6,142 x 1010 km2
  4. Diameter : 142984 km
  5. Volume : 1,43 x 1015 km3
  6. Massa : 1,898 x 1027 kg
  7. Gravitasi : 24,8 m/s2
  8. Rata-rata suhu : 165 Kelvin
  9. Jumlah Satelit : 79

6. Planet Saturnus

By : www.sumber.com

Planet Saturnus merupakan planet dengan urutan keenam dari sistem tata surya, planet Saturnus ini dikenal sebagai planet terindah karena menjadi planet yang mempunyai cincin dalam tata surya. Cincin tersebut terbuat dari bongkahan es, Saturnus juga menjadi planet terbesar kedua setelah planet Jupiter.

Besar planet  Saturnus yaitu 120.536 kilometer, Saturnus memiliki waktu revolusi 29 tahun dan waktu rotasi 11 jam. hal ini menyebabkan waktu rotasi Saturnus menjadi yang tercepat kedua setelah Jupiter. Sekitar 96% komposisi Saturnus adalah gas hidrogen.

Saturnus tergolong dalam planet luar yang orbitnya tidak berada di antara matahari dan bumi. Planet ini mempunyai sekitar 62 satelit, satelit tersebut merupakan satelit terbesarnya yaitu Titan dan Rhea.

Ciri-Ciri Planet Saturnus

Berikut adalah ciri-ciri dari planet saturnus antaralain :

  1. Jarak planet dari matahari : 1,4 miliar kilometer
  2. Waktu rotasi : 11 jam
  3. Waktu revolusi : 29 tahun
  4. Luas permukaan : 4,27 x 1010 km2
  5. Diameter : 120536 km
  6. Volume : 8,271 x 1014 km3
  7. Massa : 5,683 x 1026 kg
  8. Gravitasi : 10,44 m/s2
  9. Rata-rata suhu : 134 Kelvin
  10. Jumlah Satelit : 62

7. Planet Uranus

By : Planet Uranus

Planet Uranus merupakan planet yang dikenal sebagai Giants ice, karena memiliki komposisi yang dilapisi dengan es. Planet Uranus ini urutan planet yang ketujuh. Planet ini dikenal sebagai Giants Ice karena komposisinya yang dilapisi oleh lapisan es, sama halnya dengan planet Neptunus. Planet ini juga mempunyai cincin yang tidak begitu terlihat jelas.

Planet Uranus mempunyai diameter sebesar 50.724 kilometer. Uranus memiliki waktu revolusi 84 tahun dan waktu rotasi 17 jam. Dengan rata-rata suhu 76 Kelvin, planet ini termasuk planet terdingin kedua setelah planet Neptunus. Dan menjadi planet luar yang orbitnya tidak berada di antara matahari dan bumi. Planet ini diketahui memiliki 27 satelit alami.

Ciri-Ciri Planet Uranus

Berikut adalah ciri-ciri dari planet Uranus yaitu :

  1. Jarak planet dari matahari : 3 miliar kilometer
  2. Waktu rotasi : 17 jam
  3. Waktu revolusi : 84 tahun
  4. Luas permukaan : 8,116 x 109 km2
  5. Diameter : 50724 km
  6. Volume : 6,83 x 1013 km3
  7. Massa : (8.6810 ± 0.0013) x 1025 kg
  8. Gravitasi : 8,69 m/s2
  9. Rata-rata suhu : 76 Kelvin
  10. Jumlah Satelit : 27

8. Planet Neptunus

By : www.republika.co.id

Planet Neptunus ini adalah planet dengan urutan yang terakhir dalam tata surya. planet ini juga menjadi planet terjauh dari matahari dan bumi. Jarak antara planet Neptunus ke matahari mencapai 4,5 miliar kilometer.

Planet Neptunus mempunyai diameter sebesar 49.530 kilometer. Neptunus memiliki waktu revolusi 165 tahun dan waktu rotasi 16 jam. Neptunus menjadi planet dengan waktu revolusi terlama. Komposisi planet Uranus kebanyakan dari lapisan es, sama seperti Uranus.

planet sering disebut dengan Blue Planet atau Planet Biru. Planet Neptunus tergolong dalam planet luar yang orbitnya tidak berada di antara matahari dan bumi. Planet ini diketahui mempunyai 14 satelit alami.

Ciri-Ciri Planet Neptunus

Setelah penjelasan singkat mengenai planet Neptunus, berikut beberapa karakteristik dan ciri ciri planet Neptunus.

  1. Jarak planet dari matahari : 4,5 miliar kilometer
  2. Waktu rotasi : 16 jam
  3. Waktu revolusi : 165 tahun
  4. Luas permukaan : 7,168 x 1013 km2
  5. Diameter : 49530 km
  6. Volume : 6,254 x 1013 km3
  7. Massa : 1,024 x 1026 kg
  8. Gravitasi : 11,15 m/s2
  9. Rata-rata suhu : 72 Kelvin
  10. Jumlah Satelit : 14

Itulah beberapa informasi dari “Macam-macam Planet” yang berhasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah di sudut pandang mata dunia ), semoga dapat bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

 

Leave a Comment