51+ Kerajinan dari Kardus yang Unik dan Elegan

Kerajinan dari Kardus – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai penggemar karya seni, dan kerajinan indonesia pastinya telinga kita tidak asing lagi dengan kata “Kerajinan dari Kardus” kali ini kita akan berbagi informasi yang belum kalian ketahui tentang Kerajinan dari Kardus.

Banyak sekali sampah kardus berserakan di tempat umum baik itu di kolong jembatan, selokan, sungai maupun di pinggir jalan. Pada umumnya orang-orang tidak menyadari bahwa sampah kardus bisa di sulap menjadi benda yang bernilai tinggi, dengan cara merubahnya menjadi kerajinan yang kreatif dan unik.

Contents

Jenis-jenis Kardus Yang Digunakan Untuk Membuat Kerajinan Tangan

ada beberapa jenis kardus yang harus kalian ketahui terlebih dahulu sebagai berikut.

Single Face

Jenis Kardus single face merupakan jenis kardus yang hanya mempunyai satu lapisan, yaitu hanya lapisan bergelombang saja. Sehingga menyebabkan kardus tersebut tidak kuat untuk digunakan sebagai pengiriman barang.

Sebab kardus jenis single face sangat lentur hanya digunakan untuk pelindung dalam kardus, seperti pelindung pada gelas, piring dan barang yang lainya.

Single Wall

Kardus jenis single wall mempunyai tiga lapisan, yaitu lapisan atas yang memiliki bentuk yang terdiri dari lapisan atas yang datar, lapisan tengah yang  berbentuk gelombang, dan yang terakhir adalah lapisan bawah yang memiliki bentuk seperti lapisan atas dengan bentuk datar.

Jenis kardus ini biasanya digunakan untuk distribus pengiriman, dan biasanya digunakan sebagai bungkus barang seperti barang elektronik, mainan, minuman, dan makanan.

Double  Wall

Bahan kardus karton double wall terdiri dari tujuh lapisan, yaitu 2 pada bagian atas, kemudian lapisan gelombang, dan yang tengah lapisan datar, kemudian lapisan bergelombang lagi, dan yang terakhir 2 lapisan datar pada bagian bawah.

Kardus double wall memiliki ukuran ketebalan mencapai 7 mm, karton jenis ini biasanya digunakan sebagai wadah atau tempat suatu barang yang akan dikirim ke kawasan lokal atau pengiriman ke kawasan luar negri. Karena memiliki bahan yang tebal dan kuat sehingga kardus tipe double wall sangat bagus, untuk pengiriman barang jauh.

Triple Wall

Kardus jenis bahan tipe triple wall, mempunyai sepuluh lapisan diantaranya lapisan datar, lapisan bergelombang, yang tersusun secara berurutan dan teratur. Kardus tipe tripel wall ini memiliki ketebalan 10 mm.

Bahan kardus jenis triple wall, merupakan jenis kardus yang digunakan sebagai alat pengemas barang-barang ekspor yang dikirim ke luar negeri. Sebab jenis kardus ini sangat kuat dan bagus untuk pengiriman jarak jauh.

Macam-macam Kerajinan dari Kardus

By : ukhwahkawan.com

Membuat kerajinan dari kardus merupakan salah kerajinan tangan yang bisa memanfaatkan kardus-kardus bekas, untuk di daur ulang menjadi sebuah karya kerajinan yang unik dan kreatif.

Selain itu dari sisa barang bekas dapat menghasilkan uang, dan dapat menambah nilai manfaat dan keindahan dari barang bekas kardus tersebut.

Adapun hasil cara membuatnya dari kerajinan bahan kardus diantaranya:

1. Pedang dari Kardus

By : www.youtube.com

Banyak diantara anak kecil yang suka dengan mainan perang-perangan dengan menggunakan senjata pendang, tapi pedang yang digunakan merupakan pedang mainan yang terbuat dari benda yang tidak berbahaya seperti halnya kardus.

Selain tidak berbahaya kerajinan dari bahan kardus ini, juga sangatlah ekonomis tidak memerlukan biaya yang besar. Dengan kardus bekas kita bisa membuatnya, dan cara membuatnya pun sangatlah mudah, tinggal gunting sesuai dengan keinginan, tidak perlu repot. Kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan termudah, dari orang dewasa sampai anak-anak bisa membuatnya.

2. Meja Leptop dari Kardus

By : www.hipwee.com

Meja leptop dari kardus merupakan kerajinan yang sangat kreatif dan bermanfaat bagi para mahasiswa maupun para pekerja, khususnya yang lagi menghemat.

Untuk membeli tatakan meja leptop mengeluarkan uang yang cukup lumayan menguras uang jajan. Namun jangan kawatir semua itu bisa diatasi, uang jajan aman tatakan meja leptop punya.

Bagaimana caranya..?? caranya gampang tinggal kita cari kardus bekas atau yang tak terpakai, lalu bentuk seperti tatakan meja leptop, tapi cari kardus yang cukup kuat untuk bisa menopang beban leptop.

Bahan utamanya yang berupa kardus bisa didapatkan dengan mudah dan tentunya murah meriah. Meskipun murahan tapi jangan salah, tatakan laptop dari kardus pun sangat awat dan tahan lama asal kalian merawatnya dengan baik.

3. Tas dari Kardus

By : gaznaz.com

Kerajinan yang satu ini banyak diminati oleh anak-nak perempuan, tapi tidak menuntut kemungkinan anak laki-laki tidak suka. Kerajinan tas dari bahan kardus merupakan kerajinan yang sangat unik dan kreatif.

Karena memiliki  keunikan  yang berbeda dari milik orang pada umumnya. Banyak yang suka pada kerajinan ini, apalagi kalau bentuknya yang berbeda dari yang lain pasti peminatnya banyak. Namun kerajinan tas ini mempunyai kekurangan, yaitu tidak tahan lama, rentan rusak jika terkena air dan kalaupun terdindih barang lain gampang patah.

Tapi jangan kuatir, semua itu tergantung dengan perawatannya, semua barang jika tidak dirawat dengan baik akan rusak. Selain karena hasilnya yang unik, kalian tidak perlu banyak menguras kantong karena jelas sangat terjangkau dan bahannya bahannya pun mudah ditemukan. Tidak ada salahnya dicoba membuat sendiri dirumah.

4. Kambing dari Kardus

By : romadecade.org

Semua ide kreatif bisa disalurkan melalui kesukaan atau hobi, seperti halnya kerajinan kambing dari kardus. Memang terdengar biasa apalagi bahan dasarnya dari sebuah kardus bekas, tapi jangan salah ini merupakan kerajinan yang sangat kreatif, mengubah sebuah kardus bekas menjadi sebuah kambing yang bisa dibuat hiasan dan mainan baru buat anak kecil.

Untuk membuatnya pun sangat mudah hanya butuh kekreatifan dan ketelatenan, semua orang pasti bisa membuatnya. Bahan dasarnya juga tidak sukar untuk didapatkan.

5. Hiasan Dinding dari Kardus

By : id.aliexpress.com

Pada umumnya hiasan dinding dirumah-rumah terbuat dari kepala hewan buas asli, namun semakin lama hewan buas mengalami kepunahan. Tapi bukan berarti tidak ada hiasan-hiasan dinding di setiap rumah, untuk menjaga ekosistem kita bisa menggantinya dengan kepala hewan buatan.

Kepala hewan buatan ini bisa terbuat dari apa saja bisa dari kayu yang di ukir, barang bekas, atau bisa juga besi. Untuk kerajinan hiasan dinding yang bahan dasarnya dari bahan bekas kalian bisa menggunakan kardus untuk membuat berbagai macam bentuk kepala binatang.

Memang sangat rumit, bahkan hanya orang-orang dengan kemampuan seni yang bisa membuat kepala binatang dengan bentuk yang rinci dan detail mirip seperti aslinya.

6. Isatana dari kardus

By : moondoggiesmusic.com

Bagi anak-anak bermain rumah-rumahan tentu sangatlah menyenangkan, apalagi imajinasi anak sangat luas, bebas dan tak terbatas. Para orang tua bisa membantu anak-anak bermain dengan membuat istana buatan sendiri berbahan dasar kardus yang tidak terpakai.

Dalam membuat istana buatan berbahan kardus sangatlah mudah, tinggal menentukan pola yang di inginkan dan membentuknya. Dengan adanya mainan rumah-rumahan tentunya akan membuat anak-anak duduk manis dan mengolah imajinasi mereka.

Hal tersebut merupakan ide yang kreatif bagi para orang tua untuk anak-anaknya yang lagi aktif-aktifnya dalam bermain dan berimajinasi. Semua bisa membuat istana sendiri se kreatif mungkin.

7. Rak Serbaguna Segi Enam

By : dekorrumah.net

Rak serbaguna segi enam dari kardus, ternyata kardus bisa dibuat rak serbaguna lho..!! Padahal umumnya rak terbuat dari kayu. Kardus terhitung sanggup digunakan untuk rak yang kebanyakan terbuat dari benda yang kuat.

Namun kardus yang digunakan bukan kardus sembarangan, melainkan kardus yang memiliki kekuatan seperti kayu, agar bisa menopang banyak barang terutama untuk tempat koleksi buku.

Dalam proses pembuatannya pun sangatlah sederhana dan tidak sulit. Namun dalam prakteknya, kardus akan ditumpuk beberapa lapisan guna membuat bahan kardus menjadi lebih kaku dan keras.

8. Mobil dari Kardus

By : urusandunia.com

Mobil-mobilan berasal dari kardus merupakan mainan yang kerap digemari para anak kecil.   Dari pada kita membelikan mainan terus untuk anak, sekali-kali coba deh ajak mereka untuk membuatnya sendiri. Tentunya dengan pengawasan dan pendampingan berasal dari kita sebagai orang dewasa lho ya.

Transportasi yang paling sering dan umum kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mobil merupakan salah satu transportasi darat yang paling banyak digunakan setelah sepeda motor. Mobil yang didesain mampu menampung dan membawa lebih banyak orang menyebabkannya lebih populer dan tak heran jika dijadikan alternatif kendaraan untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat.

Untuk pembuatan mobil dari kardus cukuplah sulit, namun tak perlu risau selagi kalian mau berlatih dan mempraktekkannya apapun kesulitannya akan selesai.

9. Pigura dari Kardus

By : klikfadli.com

Masih banyak sekali kerajinan dari kardus bekas, pemanfaatan dari kardus seperti kerajinan pigura, baik itu kardus bekas maupun tidak. Pemanfaatan kardus ini berupa kerajinan-kerajinan yang kita temui di sekeliling kita, salah satunya adalah pigura dari kardus masih benar-benar banyak sekali lho, sanggup dibuat jadi beragam macam kerajinan. Salah satunya pigura foto yang cantik ini. Dengan menggunakan kardus bekas yang dilapisi dengan kertas daur ulang dan sedikit hiasan bunga, jadilah pigura foto yang menawan.

10. Bunga dari Kardus

By : nabilahnasir24.blogspot.com

Untuk kalian yang ingin memberi kejutan untuk pasangan, coba deh buat kerajinan dari kardus yang berbentuk bunga ini. Bentuknya sanggup kalian kreasikan sendiri. Selain dapat menyebabkan pasangan kalian terkesan, bunga ini nggak dapat layu lho. Jadi, kalian sanggup memajangnya dalam sementara yang lama.

11. Burung dari Kardus

By : carica.co.id

Kerajinan dari kardus tidak hanya bermanfaat untuk sehari-hari. Namun kerajinan ini bisa berbentuk replika hewan baik itu burung dan hewan lainnya Salah satu contohnya kerajinan yang satu ini yaitu burung hantu kardus.

Kerajinan yang satu ini tidak sanggup kita manfaatkan untuk menopang pekerjaan kita atau menyimpan suatu hal seperti celengan. Tapi kerajinan ini dapat dijadikan hiasan yang dapat memperindah ruangan di rumah kalian.

12. Tempat Tidur Mainan dari Kardus

By : m.pulks.com

Kerajinan dari kardus yang satu ini berbentuk tempat tidur mainan, Ini bukan area tidur beneran ya, hanya mainan saja, sesuai untuk mainan anak perempuan nih.

Biasanya anak perempuan suka dan mayoritas punya boneka. Kalau sudah punya boneka pasti perlengkapan boneka yang lainnya pasti tidak ketinggalan sepertihalnya tempat tidur dan lain sebagainya. Area tidur berasal dari kardus ini bisa dijadikan hadiah untuk anak perempuan atau adik kalian. Biar bonekanya punya area tidur sendiri.

13. Lampu Gantung dari Kardus

By : jempoltangan.com

Kalau kebanyakan lampu gantung itu terbuat berasal dari besi yang berat. Ternyata ada juga kerajinan dari kardus yang berbentuk lampu gantung. Desainnya nggak kalah mirip lampu asli yang terbuat berasal dari logam. Selain itu, bobotnya lebih mudah dan pembuatannya tidak benar-benar rumit beda dengan lampu gantung yang terbuat dari berbahan logam.

14. Pesawat Mainan dari Kardus

kardus bekas dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan pesawat mainan dari kardus
By : smpn1cepiring.wordpress.com

Kalau kalian bingung bermain dengan anak atau adik, sanggup cobain yang satu ini, pesawat kardus yang sanggup dinaiki. Ukurannya pun lumayan terkecuali hanya untuk satu orang anak kecil.

Selain manfaatkan barang bekas, menyebabkan mainan sendiri sanggup menambah kreatifitas kalian lho. Untuk pembuatan kerajinan dari kardus ini ajak orang terdekat kalian seperti keluarga dan taman, agar menghasilkan beragam macam kreasi berasal dari bahan kardus ini.

15. Kursi dari kardus

ternyata kardus bekas bisa lho.. dibuat kerajinan contohnya ini kerajinan kursi dari bahan kardus
By : www.caratekno.com

Kursi dari kardus termasuk salah satu dari kerajinan yang berbahan dasar dari kardus, kebanyakan kursi terbuat dari bahan yang kokoh berasal dari bahan kayu, besi, beton, atau plastik. Tapi, ternyata tersedia lumayan cukup banyak  lho kursi yang dibuat berasal dari kardus. Desainnya pun unik dan menarik, kalian sanggup coba membuatnya di rumah.

Kursi berasal dari kardus ini punya bobot yang lebih mudah dengan bentuk elegan. Cocok banget terkecuali kalian punya rumah minimalis. Tapi perlu kalian ingat, kursi kardus pasti tidak sekuat kursi berasal dari kayu atau bahan lainnya ya.

Kursi dari kardus, untuk pembuatan kursi dari kardus ini tidak terlalu sulit. Hanya memerlukan beberapa kardus yang akan ditumpuk menjadi satu bagian, karena untuk membuat kursi dari kardus memerlukan kekuatan, agar kursi yang dihasilkan dapat menopang berat yang mendudukinya.

16. Meja dari Kardus

kardus bekas bisa dibuat kerajinan lhoo.. seperti yang satu ini kerajinan meja dari kardus
By : simomot.com

Meja kardus ini sesuai buat kalian yang sering menata ruangan atau bahagia bekerja di luar. Beratnya nggak kayak meja kayu, jadi kalian mudah untuk memindahkannya. Kalian juga bisa dengan mudah membentuknya jadi beragam macam bentuk yang pasti sanggup kalian kreasikan semaumu.

Meja kardus ini merupakan Kerajinan dari kardus yang sangat mudah kalian buat dengan bahan yang tidak sukar dicari seperti kardus bekas atau baru. Tapi, untuk memperoleh bentuk yang lebih baik, sebaiknya manfaatkan kardus baru. Karena kardus yang baru termasuk kardus yang masih kuat.

17. Celengan dari Kardus

Kalau ingin nyobain buat kerajinan dari kardus yang berupa celengan, kalian bisa berinovasi sendiri memilih bentuknya seperti apa. Tinggal buat pernah aja desainnya, kemudian potong dan bentuk jadi celengan.

Celengan pada umumnya terbuat dari bahan plastik atau kaleng saja. Namun, berkat ide kreatif seseorang, celengan dibuat berasal dari bahan kardus bekas. Hasilnya pun benar-benar cantik dan rapi, nggak kalah mirip celengan berasal dari bahan plastik.

Kalau ingin nyobain buat kerajinan dari kardus yang berupa celengan, kalian bisa berinovasi sendiri memilih bentuknya seperti apa. Tinggal buat pernah aja desainnya, kemudian potong dan bentuk jadi celengan.

18. Kotak dari Kardus

kerajinan Kotak dari Kardus

Kardus dengan bentuk kotak pasti benar-benar sering kalian temui. Nah, berasal dari terhadap kalian buang, mending dibuat jadi area benda-benda kalian aja tuh. Tinggal dibentuk dengan ukuran yang dibutuhkan, terus dihias manfaatkan gulungan kertas atau hiasan lain.

19. Kamera DSLR dari Kardus

Kerajinan Kamera DSLR dari Kardus

Siapa sangka kalau lihat kamera keren ternyata kerajinan yang terbuat dari kardus, namanya kamera DSLR kardus. Meskipun tidak bisa digunakan untuk memotret sesuatu, tapi kamera ini mirip sekali dengan yang asli lho.

Kerajinan ini mempunyai bentuk dan detailnya yang benar-benar mirip, sungguh kerajinan tangan yang dibuat dengan seirus nih.

20. Jam Dinding dari Kardus

Kerajinan Jam Dinding dari Kardus

Untuk kalian yang suka bosan dengan model jam dinding yang itu-itu saja di dinding rumah. Kalian kini tak perlu risau, ada alternatif lain untuk membuat tampilan jam dinding di rumah kalian lebih fresh. kalian dapat menciptakan kreasi pengingat waktu menjadi lebih meriah dengan memakai kardus bekas.

Kalian bisa dengan kreatif membentuk model sesuai selera dan imajinasi kalian masing-masing. kalian bisa menambahkan ornamen-ornamen unik juga pada jam dinding kalian.

21. Kostum Iron Man dari Kardus

Kerajinan Kostum Iron Man dari Kardus

Ini terhitung nggak kalah keren berasal dari yang lain atau malah yang paling keren, sebuah kostum iron man yang terbuat berasal dari kardus. Kalau kerajinan tangan yang satu ini nggak sanggup ditunaikan sembrono orang.

Harus yang telah punya jam terbang yang tinggi mirip ketekunan. Karena tingkat kerumitan menyebabkan kerajinan sebesar ini dengan kenakan bahan kardus itu dapat benar-benar menyebabkan pusing.

22. Motor-motoran dari Kardus

Kerajinan Motor-motoran dari Kardus

Mainan dengan bentuk motor terhitung sanggup kalian buat dengan bahan kardus. Walaupun mempunyai tingkat kesulitan yang relatif lebih tinggi. Namun menyebabkan motor-motoran berasal dari kardus ini nggak tersedia sayang sekali ya, tapi kalaupun ada pasti jadi kerajinan dari kardus yang sangat unik dan mahal tentunya .

Bahkan, kalian dapat membuat beragam macam bentuk kendaraan berasal dari kardus. Tinggal menjiplaknya dengan bentuk kendaraan yang sebenarnya, selanjutnya buat pola terhadap kardus, kemudian potong dan rekatkan kardusnya.

23. Mainan Karakter dari Kardus

Kerajinan Mainan Karakter dari Kardus

Kalian dapat mengajak anak-anak menyebabkan karakter mainan yang lucu bentuknya. Buat saja yang sederhana seperti gambar di atas. Cukup bentuk kardus jadi persegi, selanjutnya gabungkan, jadi deh.

Atau, kalian dapat menyebabkan mainan berasal dari kardus seperti burung hantu di atas. Tapi, pastinya menyebabkan kreasi yang rumit bisa membutuhkan kreativitas yang tinggi dan juga kemauan yang kuat.

24. Rumah Kucing dari Kardus

cara membuat kerajinan rumah kucing dari kardus

Buat kalian pencinta kucing mungkin kalian bingung mau pelihara tapi tidak punya tempat untuk sikucing, jangan khawatir rumah kucing dapat dibuat dengan bahan sederhana yaitu dengan kardus bekas.

Kardus ini dapat dibuat untuk kerajinan rumah kucing, membuatnya sangatlah mudah kalian hanya memerlukan kardus secara utuh, Kemudian buat lubang di anggota depan dan terhitung sampingnya, selanjutnya beri hiasan sesuai selera. Jangan lupa kasih bantal di dalamnya, biar kucing kalian nyaman di sana.

25. Topeng dari Kardus

Kerajinan Topeng dari Kardus

Topeng berasal dari kardus merupakan kerajinan dari kardus yang terhitung tersedia dikalangan mainan anak-anak, bahkan orang dewasa pun juga ikut tertarik dan menyukai hasil karya kerajinan topeng dari kardus ini.

Apalagi jika bentuknya benar-benar mirip dengan karakter aslinya. Kamu sanggup menyebabkan beragam macam bentuk topeng yang pastinya sesuai dengan bentuk yang kalian idamkan dan keahlianmu dalam menyebabkan sebuah kerajinan.

26. Kotak Tisu dari Kardus

kerajinan kotak tisu dari kardus bekas

Tisu kini termasuk kebutuhan sekunder masyarakat yang sangat penting sehingga harus dibawa kemanapun pergi. Hampir di semua tempat baik itu di rumah, mobil, sekolah bahkan dimanapun keberadaan tisu akan sangat membantu proses berjalannya kegiatan sehari-hari.

Agar tisu kelihatan rapi dan bagus, kalian memerlukan tempat untuk tisu, biasanya orang bilang kontak tisu. Untuk memiliki kotak tisu kalian tidak harus membeli, kalian bisa membuatnya sendiri dengan bahan kardus. Kerajinan dari kardus ini sangat mudah, kalian bisa membutnya dengan sekreatif mungkin.

27. Lampu Tidur dari Kardus

kerajinan Lampu Tidur dari Kardus

Kardus bisa kalian gunakan untuk menambah kesan indah pada lampu tidur yang biasa kalian pakai. Manusia sedari dulu memiliki sifat mudah bosan pada suatu hal, terutama pada hal-hal yang sehari-hari mereka temui.

Maka dari itu dengan adanya kerajinan dari kardus yang berupa lampu tidur  yang dibentuk sedemikian rupa kiranya bisa memberikan suasana baru untuk penerangan kamar kalian.

28. Truk dari Kardus

Kerajinan miniatur Truk dari Kardus

Truk dan Bus termasuk kendaraan dengan ukuran besar yang umum kita temui tentu rata-rata kerajinan tangan tidak jauh dari benda-benda yang sering kita jumpai. Untuk tampilannya, truk sebenarnya lebih banyak diminati untuk dibuat replikanya karena anak-anak lebih menyukainya karena bisa dimainkan dengan banyak cara.

Ciri khasnya terletak pada bak terbuka pada bagian belakang truk. Jadi dengan mainan truk dari kardus ini anak-anak lebih leluasa mengangkut berbagai barang apapun di belakangnya. Kalian bisa membuat truk dengan pola sederhana. Potong dan bentuk 2 kubus dengan ukuran berbeda, keci dan yang satu lebih besar.

Kalian bisa memakai tutup bekas botol sebagai ban. Gunakan setidaknya 6 sampai 8 pasang tutup botol yang sebelumnya di pasangkan dengan lidi atau kayu. Gabung, kardus ukuran kecil sebagai bagian depan dengan yang besar. Pasangkan dengan ban menggunakan plaster. Truk mainan dari kardus pun siap dimainkan.

29. Tempat Hp dari Kardus

Kerajinan Tempat Hp dari Kardus

Hp atau handphone pun kini merupakan salah satu terpenting bagi manusia jadi pastinya akan tidak terlepas kemana pun manusia pergi untuk beraktivitas. Salah satu kerajinan dari kardus yang akan sangat berguna untuk kalian pengguna hp adalah tempat hp.

Kalian bisa menggunakan kardus bekas yang memang bersifat kaku untuk membuat tempat atau tatakan hp Kalian. Secara otomatis kalian tidak langsung menyelamatkan kantong uang dari kekeringan. Agar tidak kelihatan murahan dan lebih cantik kalian dapat menambahkan hiasan-hiasan yang sangat menarik.

30. Replika becak dari Kardus

kerajinan Replika becak dari Kardus

Transportasi yang paling sering dan umum kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Becak merupakan salah satu transportasi darat yang hampir punya, dulu paling banyak digunakan setelah sepeda motor. Becak yang didesain mampu menampung dan membawa lebih banyak dari 1 orang menyebabkan lebih populer dan tak heran jika dijadikan alternatif kendaraan untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat sambil menik mati suasana jalan.

Untuk pembuatan beca dari kardus cukuplah sulit, namun tak perlu risau selagi kalian mau berlatih dan mempraktekkannya apapun kesulitannya akan selesai.

31. Kuda-kudaan dari kardus

Kerajinan Kuda-kudaan dari kardus

Bahan pembelajaran yang sangat disarankan kepada orang tua untuk anak-anaknya. Mengajari anak-anak pada nama-nama hewan tentu akan lebih sangat menarik perhatian anak dengan kita mencontoh kannya dalam bentuk media tiga dimensi.

Dengan membuat contoh-contoh hewan dari kardus sudah menjadi alternatif lain untuk kalian para orang tua membantu anak belajar. Salah satu contoh hewan yang bisa dibuat dari kardus adalah kuda.

Kalian bisa mengajak anak bersama-sama membuatnya. Bentuk sesuai pola kuda. Memberi warna dan beri tambahan gambar mata sehingga memberi kesan hidup.

32. Lampu Belajar dari Kardus

Kerajinan Lampu Belajar dari Kardus

Hampir serupa dengan lampu tidur di atas, tambahan-tambahan ornamen unik dan khas yang terbuat dari kardus bisa jadi akan membuat semangat belajar kalian. Untuk mengaplikasikan ornamen-ornamen nya pun cukup mudah. Kendati hanya terbuat dari kardus, tidak akan memberikan kesan murahan sama sekali.

33. Rumah Burung dari Kardus

Kerajinan Rumah Burung dari Kardus

Kardus bekas juga bermanfaat untuk rumah hewan contohnya rumah burung dari kardus, untuk membuatnya kalian hanya menjiplak dan meniru pola rumah-rumahan burung yang ada.

Kalian juga dapat memberi variasi-variasi hiasan agar lebih bagus seperti pemberian warna yang sesuai dengan ide-ide kreatif kalian. kerajinan ini memberi banyak manfaat yaitu sebagai tempat hewan peliharaan dan juga sebagai kerajinan yang unik dan bagus, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan dari pembuangan sampah kardus sembarangan.

34. Alat Berat dari kardus

Kerajinan Alat Berat dari kardus

Menumbuhkan kecintaan dan kesukaan anak-anak pada pengetahuan sains dan teknologi tidak lah harus dengan yang mahal, dengan harga-harga murah pun kalian bisa membantu edukasi pada anak. Kalian bisa mengajak anak bersama untuk membuat dia belajar sains dengan mengontruksi alat-alat berat yang terbuat dari kardus.

35. Sirkuit Tamiya dari Kardus

Kerajinan Sirkuit Tamiya dari Kardus

Tamiya atau mobil balap mini yang sejak tahun 90-an sudah banyak digemari oleh anak-anak Indonesia. Permainan legendaris untuk anak-anak generasi 90 an sampai awal 2000-an sudah pasti akan membuat kalian nostalgia dan rindu. Mengingat masa-masa itu pasti akan membuat kita geleng-geleng ketawa dan tersenyum sendiri. Mobil balap tamiya mini yang produksinya asal Jepang ini sangatlah cukup modern dan ngetren di masanya.

Kalau dulu, meski tidak memiliki tamiya, anak-anak secara berkelompok akan memilih menonton jalannya beberapa tamiya di sirkuit yang disediakan di mall-mall atau tempat-tempat tertentu. Namun uniknya beberapa yang hanya mampu membeli tamiya pun tidak kehabisan akal untuk mempunyai sirkuit balapan. Dengan kardus, sirkuit balapan tamiya pun jadi.

36. Topi dari Kardus

Kerajinan Topi dari Kardus

Topi yang satu ini sangat unik dan berbeda dari topi pada umumnya, biasanya topi terbuat dari kain atau kulit hewan. Namun topi ini bukan terbuat dari bahan-bahan pada umumnya, melainkan terbuat dari bahan dasar kardus bekas.

kalian dapat membuat topi sederhana dari kardus dan tentunya sangat mudah dalam pembuatannya. Dengan memanfaatkan keberadaan kardus yang ramah lingkungan kita pun juga ikut membantu mengurangi tumpukan sampah yang berlebih sekarang ini. Manfaatkan barang-barang bekas yang sekiranya masih dapat digunakan lagi.

37. Tank dari Kardus

Kerajinan Tank dari Kardus

Mulai dari Transportasi, hiasan rumah, alat musik bahkan sampai alat berat pun dapat dibuat replika dari kardus bekas. Tank dari kardus merupakan salah satu barang olahan dari kardus yang sudah pasti sangat disukai oleh anak laki-laki.

Bukan hanya menjadi mainan, Tetapi kerajinan yang satu ini pun cukup menarik untuk dihadirkan pajangan di rumah kalian atau koleksi si kecil.  Dengan membuatnya bersama anak, mereka tentunya akan lebih senang dan secara tidak langsung kalian mengajari kegiatan yang bermanfaat bagi anak.

38. Skateboard dari Kardus

Kerajinan Skateboard dari Kardus

Kardus bekas juga dapat bermanfaat bisa dijadikan sebagai mainan miniatur skateboard yang sangat lucu dan tentunya menghasilkan dari pada kalian membuang kardus dan membiarkan berserakan sehingga membuat pencemaran lingkungan, lebih baik diubah menjadi mainan kreatif.

Adakalanya kalian mulai mencoba dan membiasakan diri untuk mendaur ulang barang-barang bekas seperti halnya kardus bekas.

Membuat kerajinan miniatur skateboard tidak terlalu sulit, kalian dapat mengajak teman, keluarga maupun tetangga untuk membuat berbagai produk kerajinan dari kardus. Salah satu contohnya adalah mainan skateboard mini. Buat beberapa skateboard, kemudian mainkan secara bersama-sama dengan membuat pertandingan skateboard mini. Bukankah lebih menyenangkan menghabiskan waktu dengan hal yang bermanfaat apalagi bersama-sama.

39. Robot dari kardus

Kerajinan Robot dari kardus

Robot merupakan mainan yang disukai kebanyakan anak laki-laki, namun bukan hanya anak laki-laki saja, anak perempuan pun juga ada yang suka. Membuat robot tidak lagi pekerjaan khusus untuk kaum laki-laki sekarang banyak kamu perempuan yang bisa membuat robot. Robotik kini menjadi trend bagi tiap orang. Maka dari itu jurusan robotik pun semakin banyak diminati dan berkembang cukup pesat.

Perkembangan teknologi dari zaman ke zaman mengalami kemajuan, bukti nyata bahwa zaman mengalami kemajuan teknologi yaitu dengan adanya Robot. Tapi dalam pembahasan kali ini kita tidak akan membuat robot asli, namun sekedar replika atau miniaturnya saja. Tentu bahan dasar utamanya adalah kertas kardus.

Dalam membuat replika robot dari kardus yang perlu diperhatikan sebenarnya, adalah mendapatkan warna yang merata pada kardus. Sebab kardus rata-rata sudah mempunyai bergambar. Untuk menyamakan warnanya kalian bisa memakai cat untuk mewarnainya. Dalam proses pembuatannya dibutuhkan kesabaran, karena pembuatannya sangat rumit jadi kalian harus sangat telaten, teliti dan cermat.

Pertama-tama potong kardus sesuai pola desain robot yang akan kalian buat replika nya. Lalu kalian bisa menggabungkan dengan perekat atau lem satu persatu sesuai langkah-langkahnya. Tahap akhir pewarnaan, replika robotpun siap.

40. Pistol dari kardus

Kerajinan Pistol dari kardus

Anak-anak sudah pasti sangat menyukai produk kerajinan yang satu ini. Biasanya mereka akan senang menggunakan barang ini jika sedang bermain secara kelompok bersama temannya seperti perang-perangan atau bermain menjadi polisi.

Permainan yang edukatif, selain sangat menyenangkan kegiatan ini mengajarkan anak-anak untuk mengasah otak membuat strategi untuk menang. Gratis karena memang hanya dengan kardus bekas.

41. Perahu dari Kardus

kerajinan Perahu dari Kardus

Bukan hanya sepeda dan mobil saja yang bisa dibuat kerajinan, perahu juga bisa menjadi pilihan kalian untuk dibuat kerajinan tangan dari kardus yang bernilai seni yang unik dan kreatif. kalian dapat membuatnya secara langsung di rumah. Perahu salah satu jenis kapal laut yang memiliki bentuk paling kecil dari jenis kapal-kapal laut lainnya.

Perahu merupakan satu dari berbagai macam alat transportasi yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membuat perahu dari kardus, terutama orang tua dapat mengajarkan anak-anak untuk membuat kerajinan dari benda yang sederhana dan juga belajar untuk berfikir kreatif.

42. Mikroskop dari kardus

Kerajinan Mikroskop dari kardus

Banyak kerajinan dari kardus bahkan  kalian tidak menyangka kalau kardus akan sangat bermanfaat di kehidupan kita sehari-hari. Bahkan kardus bekas dapat di daur ulang menjadi berbagai produk yang berguna kembali. Kegunaannya pun bisa digunakan sebagai mengaplikasikan dalam bidang pendidikan. Contohnya yaitu mikroskop dari bahan kardus ini.

Meskipun kemiripannya tidak seratus persen sedetel dengan mikroskop asli pada umumnya yang biasa digunakan di laboratorium. Namun mikroskop kardus ini juga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi anak-anak di usia dini.

Pembuatannya pun sangat mudah, kardus bekas dibentuk menjadi balok panjang, lubangi bagian bawah dan atas namun pada sisi yang berlawanan. Pasang cermin secara berhadapan masing-masing pada lubang atas dan bawah. Mikroskop sederhana pun siap digunakan.

43. Labirin dari Kardus

kerajinan dari kardus bisa berupa mainan yang sangat menyenangkan dan membuat anak-anak menjadi berkembang contohnya labirin dari kardus ini.

Sebagai orang tua pasti ingin menarik kecerdasan otak anak. Dengan membuat ruang teka-teki atau labirin, kalian tentu sudah membuat dan membantu anak untuk merangsang kecerdasan dan kecermatan otak anak di usia aktifnya.

Dengan menggunakan media labirin kalian membantu perkembangan keaktifan anak untuk memecahkan persoalan dan mencari jalan keluar yang tentunya sangat mengasikkan dan seru bagi anak. Buatlah ruang labirin kecil dengan kardus.

Potong bagian kardus ke dalam berbagai ukuran panjang. Susun potongan menjadi sekat-sekat beraturan. kalian juga dapat menggunakan miniatur orang mainan milik anak sebagai penjelajah labirin buatan anak. Tunjuk anak sebagai pengarah penjelajah. Tentunya kegiatan sangat menyenangkan dan akan semakin mengeratkan suasana kekeluargaan.

44. Kereta dari Kardus

Contoh kerajinan dari kardus yaitutransportasi lainnya yang bisa kita buat dengan berbahan kardus adalah kereta api. Hal ini tentu sangat disukai anak-anak. Anak-anak bisa membuatnya

Mainan kereta-keretaan memang sangat disukai anak kecil, namun mainan tersebut cukup merogoh kontong, tapi jangan kuatir mainan tersebut dapat dibuat sendiri dengan biaya yang sangat-sangat murah bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali yaitu mainan kereta dari kardus.

Mainan kerata dari kardus ini merupakan salah satu mainan transportasi yang sangat mudah dibuat. Hal ini tentu sangat disukai anak-anak. Kerajinan dari kardus ini bisa memudahkan anak-anak untuk membuatnya sendiri sebab memang jauh lebih mudah ketimbang membuat transportasi lain yang memiliki kerumitan.

45. Gitar dari kardus

kerajinan dari kardus berbentuk instrumen alat musik seperti gitar

Gitar mainan dari kardus merupakan salah satu kerajinan yang sederhana dan mudah ditiru, kerajinan tersebut dapat kalian jadikan hadiah untuk anak-anak. Mungkin sekilas tidak layak untuk dijadikan hadiah, namun ini dapat membawa dampak positif pada ana-anak.

Kalian bisa mengajari bagaimana cara pembuatan kerajinan dari hal dan barang yang sederhana, kita juga bisa merubah pikiran anak-anak bahwa kita bisa mendapatkan apapun yang bermakna hanya dengan hal-hal yang sederhana dan tidak harus barang yang mewah.

46. Gantungan Baju dari kardus

kerajinan dari kardus bisa dimanfaatkan sebagai gantungan baju

Barang yang satu ini memang sangat bermanfaat, karena dapat membuat baju-baju kita tetap rapi di lemari. Namun kelemahannya benda ini tidak dapat digunakan saat baju kita dalam keadaan basah atau malah tidak dapat digunakan saat di luar rumah karena rentan robek jika basah. Jadi gantungan baju kardus hanya bisa digunakan saat akan menyimpan baju pada gantungan di lemari.

47. Bola Dunia dari Kardus

kerajinan dari kardus bisa berbentuk bola dunia yang bisa bermanfaat badi dunia pendidikan

Bola Dunia merupakan replika dari bentuk asli dunia yang bulat, dalam bola dunia ada gambar peta yang meliputi peta benua, negara dan sebagainya. Namun bukan hanya itu saja di bola dunia ada banyak warna yang mempunyai banyak arti dari setiap warna.

Kebanyakan Bola Dunia biasanya terbuat dari bahan plastik, Namun jangan salah kardus bekas juga dapat kamu gunakan untuk membuat bola dunia. Dengan harga yang terjangkau yang patut kamu pertimbangkan. Meski cukup rumit, namun jika telaten hasilnya pun akan sangat memuaskan.

48. Boat dari Kardus

Membuat Kapal Speed Boat Dari Kardus Dg Mesin DC Super Keren, ini merupakan kerajinan dari kardus yang sangat kece
By : youtube.com

Salah satu transportasi air yang populer yaitu Boat. Transportasi ini seperti perahu namun berbeda, boat kendaran bermotor di air, sedangkan perahu transportasi air yang masih menggunakan tenaga manusia atau bisa dikatakan transportasi tradisional.

Banyak orang yang membuat replika atau miniatur kapal boat hanya dengan bermodal bahan kardus, kerajinan tersebut kebanyakan digunakan untuk buah tangan di wasata pantai atau sebuah pulau. Dalam pembuatan kerajinan boat dari kardus, kamu dapat menuangkan ide-ide kreatif, pewarnaan dan bentuk atau model kapal boat. Namun kesan elegan bisa didapat dengan warna asli kardus yaitu coklat.

Dalam proses sangatlah mudah hanya perlu sekreatif mungkin. Kerajinan kardus berupa miniatur transportasi memang sangatlah trend dan banyak disukai oleh banyak orang. Kalian bisa dengan mudah mempelajari cara-cara merakitnya melalui internet karena sudah sangat banyak yang mencontohkan.

49. Biola dari Kardus

kerajinan dari kardus merupakan kerajinan yang unik dan salah satu usaha untuk menanggulangi atau mencegah pencemaran lingkungan, contoh kerajinan yang dari bahan kardus yaitu replika biola dari kardus
By : www.tokoonlineindonesia.id

Kerajinan dari kardus yang satu ini dari salah satu instrumen musik yaitu replika biola dari kardus. Biola merupakan salah satu alat musik seukuran ukulele namun cara bermainnya dengan digesek. Biola juga merupakan instrumen musik yang sangat romantis. Banyak orang yang  jatuh cinta ketika mendengarkan permainan musik dengan biola.

Bagi kalian pecinta seni, cobalah membuat miniatur atau replika alat musik yang satu ini. kalian bisa sekreatif mungkin membentuk pola biola beserta tambahan dawainya. Hasil kerajinan berbentuk biola pun juga sangat cocok untuk ornamen hiasan di rumah.

50. Bus dari Kardus

Cara membuat miniatur bus dari kardus | Mobil mainan dari kardus
By : youtube.com

Banyak sekali kerajinan-kerajinan dari kardus, kerajinan kardus yang paling banyak ditemui yaitu replika alat-alat transportasi. Salah satunya adalah kendaraan bus, kendaraan ini merupakan kendaraan umum yang paling sering dipakai setelah kereta api.

Membuat replika bus sangatlah mudah apalagi membuatnya ke dalam bentuk apapun, mulai dari mainan buat anak, pajakan bahkan untuk gantungan kunci. Pembuatannya pun dirasa sangat mudah untuk dipelajari.

51. Vespa dari Kerdus 

kerajinan dari kardus bekas dapat berupa kerajinan seperti berikut Vespa dari Kerdusyang unik dan menarik perhatian semua orang
By : youtube.com

Vespa, motor langka dan sudah kuno namun tetap menarik. Meskipun sudah langkah, jarang ditemui di jalanan, vespa masih merupakan kendaraan bermotor paling populer untuk dibicarakan bagi mereka pecinta kendaraan. Vespa memang jarang dipakai, namun vespa sendiri menjadi koleksi bagi kolektor-kolektor dan merupakan kendaraan dengan harga jual beli yang fantastis.

Beberapa orang pun rela mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan vespa incaran karena bernilai barang antik. Dengan replika vespa dari bahan kardus ini akan membuat ornamen pajangan kalian lebih bernuansa klasik dan unik. Meski sederhana namun elegan dan daya tariknya sangat mengikat.

Itulah beberapa Kerajinan dari Kardus yang berasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah disudut pandang mata dunia ) semoga bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment