Kandungan Surat At-tin

Surat At-Tin dalam Al-Qur’an merupakan surat yang ke 95. Surat ini termasuk tergolong dalam surat Makkiyah, yang terdiri dari 8 ayat, dan juga surat ini diturunkan setelah Surat Al-Buruj. Nama surat at-tin ini diambil dari kata wattini yang terdapat pada ayat pertama, yang mempunyai arti buah tin.

Manusia merupakan salah satu makhluk Allah Swt. Yang diciptakan oleh Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Secara lahir manusia memiliki bentuk yang indah dibanding makhluk Allah Swt. yang lainnya. Ukuran tubuh dan raut muka manusia berbeda dengan makhluk yang lain. Penciptaan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ini dijelaskan oleh Allah Swt. dalam salah satu ayat Surah At-tin [95].

Azbabul Nuzul Surat At-tin

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Al-Aufi yang bersumber pada Ibnu Abbas, surah at-Tin turun berkaitan  dengan pertanyaan para sahabat tentang balasan amal orang yang sudah pikun. Melalui surah at-Tin, Allah Swt. menegaskan bahwa amal orang yang beriman dan beramal saleh akan senantiasa mengalir pahalanya meskipun orang tersebut mengalami pikun.

Terjemahan Surat At-tin

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ {١} وَطُورِ سِينِينَ {٢} وَهَٰذَا ٱلۡبَلَدِ ٱلۡأَمِينِ {٣} لَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ فِيٓ أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٖ

,ثُمَّ رَدَدۡنَٰهُ أَسۡفَلَ سَٰفِلِينَ{ ٥ } إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمۡ أَجۡرٌ غَيۡرُ مَمۡنُون,

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعۡدُ بِٱلدِّينِ{٧} أَلَيۡسَ ٱللَّهُ بِأَحۡكَمِ ٱلۡحَٰكِمِينَ

Tulisan Latin

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIIM

  1. WATTIINI WAZZAITUUUN
  2. WATHUURISIINIIIN
  3. WAHAADZAL BALADIL AMIIIN
  4. LAQAD KHOLAQNAL INGSAANA FII AHSANITAQWIIIM
  5. TSUMMA RADADNAAHU ASFALA SAAFILIIIN
  6. ILLALLADZIINA AAMANUU WA’AMILUSH SHOOLIHAATI FALAHUM AJRUN GHAIRU MAMNUUUN
  7. FA MAA YUKADZ DZIBUKA BA’DU BIDDIIIN
  8. ALAISALLAHU BI AHKAMIL HAAKIMIIIN
Artinya :
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
  1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun”
  2. “Dan demi bukit Sinai”
  3. “Dan demi kota (Mekah) ini yang aman”
  4. “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”
  5. “Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka)”
  6. “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya”
  7. “Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?”
  8. “Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?”

Kandungan Surat At-tin Ayat : 1-8

Kandungan surat at tin ayat 1-3

  • Allah bersumpah dengan Buah Tin dan Buah Zaitun. Kemudian Allah Swt juga bersumpah dengan tempat yang suci yaitu Kota Mekkah dan Bukit Sinai.
  • Penjelasan tentang Tin menurut sebagian ahli tafsir adalah tempat tinggal Nabi Nuh a.s, yaitu Damaskus yang mana di Damaskus banyak tumbuh pohon Tin dan Zaitun ialah Baitul Maqdis yang banyak tumbuh pohon Zaitun. Allah Swt bersumpah kedua pohon itu (pohon Tin dan pohon Zaitun) karena kita dapat menemukan berbagai macam manfaat dari kedua pohon tersebut, selain itu juga karena kedua pohon tersebut banyak tumbuh di Negeri Syam yang merupakan negeri tempat kenabian Nabi Isa a.s.
  • Bukit Sinai adalah tempat Nabi Musa  a.s pada saat menerima wahyu dari-Nya, di bukit ini juga Nabi Musa a.s berbicara dengan Allah Swt. Kata Sinai mempunyai arti sesuatu yang diberkahi atau indah karena pohon-pohon yang banyak buahnya.
  • Pada ayat ke tiga Allah Swt bersumpah dengan Kota Mekkah. Di mana Kota Mekkah ini merupakan tempat yang suci dan merupakan negeri tempat kenabian Nabi Muhamad SAW. Allah Swt telah bersumpah dengan tempat-tempat yang sangat mulia, karena itu pesan yang disampaikan juga sangat penting. Isi sumpah atau pesannya adalah yang ada pada ayat berikutnya.

Apa kandungan surat at tin ayat 4

  • Pada ayat yang ke 4, Allah Swt menegaskan bahwa telah menciptkan manusia dengan bentuk yang paling baik, dan Allah Swt adalah sebaik-baik pencipta (Al-Khaliq = Maha Pencipta).

Apa isi kandungan surat at tin ayat 5 dan 6

  • Selanjutnya pada ayat ke 5, Allah Swt kembali menegaskan bahwa akan memasukkan manusia ke dalam neraka apabila mereka tidak beriman dan tidak beramal shalih.
  • Sebaliknya pada ayat ke 6, Allah Swt akan memberikan pahala dan balasan yang tiada putus-putusnya kepada mereka orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal kebaikan atau amal shalih, serta memasukkannya ke dalam Surga.
  • Manusia akan mencapai puncak tertinggi apabila ada keseimbangan antara roh dan jasmani.
  • Tidak ada alasan bagi manusia untuk mendustakan hari pembalasan sesudah datang keterangan-keterangan dari Allah Swt Yang Maha Bijaksana.
  • Allah juga akan memasukkan ke dalam neraka orang-orang yang mendustakan hari pembalasan.
  • Surat At-Tin menyatakan bahwa Allah Swt betul-betul menciptakan manusia, sebagai khalifah di muka bumi ini dengan bentuk yang sebaik-baiknya apabila dibandingkan dengan makhluk yang lain.
  • Manusia yang berbuat amal shalih dan beriman maka akan mendapatkan pahala dan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Kandungan surat at tin ayat 7

  • Melalui Rasulullah sebagai pembawa risalah dan uswatun hasanah, kita menjadi tahu tentang ajaran Islam. Kita tidak boleh mendustakan ajaran yang dibawa oleh beliau, karena mendustakan ajarannya berarti sama saja mendustakan Allah dan balasannya adalah neraka.

Kandungan surat at tin ayat 8

  • Allah adalah hakim yang paling adil, manusia akan mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang telah diusahakannya salama hidup di dunia. Jika baik amalnya maka akan dibalas dengan kebaikan pula yaitu surga dan ridho-Nya, dan jika buruk amalnya maka akan mendapat balasan yang buruk pula yaitu neraka dan murka-Nya.

Leave a Comment