10 Hewan yang Hidup di Udara dan Penjelasannya

Hewan Hidup di Udara – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai penggemar biologi, dan pengamat alam pastinya telinga kita tidak asing lagi dengan kata “10 Hewan yang Hidup di Udara” Kali ini kami akan berbagi informasi yang belum kalian ketahui tentang 10 Hewan yang Hidup di Udara.

Pada umumnya semua mahkluk hidup mempunyai habitat masing-masing, baik itu di air, darat dan udara. Namun ada juga yang hidup di dua alam di air dan di darat, kalian pasti tahukan, biasanya hewan seperti itu disebut dengan hewan amfibi. Tapi kali ini kita akan membahas tentang hewan yang hidup di udara sebagai wawasan ilmu pengetahuan alam. Berikut adalah 10 hewan yang hidup di udara.

1. Elang

By : 3gindonesia.id

Elang merupakan hewan berdarah panas yang hidup di udara, elang memiliki bulu pelepah yang menyelubungi sayap dan tubuhnya. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur, Cangkang telur burung elang sangatlah keras, Induk burung elang menjaga anaknya sampai mampu terbang lepas ke udara.

Mata yang dimiliki elang sangat tajam dan mampu terbang sampai ketinggian ribuan meter di udara. Burung elang mempunyai mata yang mampu memperbesar penampakan benda enam hingga delapan kali dari penampakan awalnya, dapat bersudut pandang 300 derajat dan  Pada ketinggian 4.300 meter, elang bisa melihat 30.000 hektar daerah di sekelilingnya. Di ketinggian 1.500 meter, elang bisa melihat gerakan atau perbedaan warna benda untuk menentu-kan letak mangsanya

Elang memiliki sistem pernapasan yang baik dan mampu untuk membekali jumlah oksigen yang banyak ketika terbang. Burung elang memiliki Jantung yang terdiri dari empat bilik seperti manusia. Atrium dikenal sebagai bilik atas, sementara ventrikel dikenal sebagai bilik bawah.

2. Burung Kutilang

By : id.wikipedia.org
Burung kutilang suka dengan tempat-tempat terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukar dan hutan sekunder. Burung kutilang termasuk hewan yang hidup di udara, sering pula ditemukan hidup secara liar di taman dan halaman-halaman rumah di perkotaan. Burung kutilang hidup berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun bertengger, dengan jenisnya sendiri maupun dengan jenis merbah yang lain, atau bahkan dengan jenis burung yang lain.

3. Kelelawar

By : tokopuas.com

Kelelawar adalah salah satu hewan yang hidup di udara dan aktif pada malam hari. kelelawar ada 2 jenis dibedakan dari segi makanannya yaitu kelelawar buah dan kelelawar serangga. Hewan ini termasuk dalam golongan hewan yang hidup di udara, kelelawar mempunyai pendengaran ultrasonik. pada umumnya kelelawar terlihat pada malam hari, jika siang hari kelelawar menghabiskan waktunya dengan tidur bergelantungan di tempat yang gelam.

4. Lebah

By : infoterkiniku.com

Lebah merupakan salah satu hewan serangga yang berkelompok besar, yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Lebah Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). … Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap.

5. Burung Beo

By : pixabay.com

Burung beo juga termasuk hewan pemakan segala, atau dikenal juga dengan istilah omnivora. Pada umumnya seekor beo makan serangga, sari bunga, buah, dan lain sebagainya. Beo termasuk golongan hewan yang memiliki  kecerdasan lebih dari hewan lainnya dan bisa semakin fasih berbicara jika terus-menerus dilatih oleh manusia. Lidah beo dapat membedakan beberapa huruf vokal, sehingga juga dapat membuatnya mengucapkan berbagai kata yang mirip seperti yang diucapkan manusia.

6. Burung Hantu

By : www.jalaksuren.net

Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung hantu termasuk golongan burung yang buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Burung hantu mempunyai banyak spesies, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui saat ini, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Di dunia barat, hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi di beberapa tempat di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut, maka namanya disebut Burung Hantu. Meskipun begitu tidak di semua tempat atau daerah di Nusantara burung ini disebut sebagai burung hantu. Di Jawa misalnya, nama burung ini adalah darès atau manuk darès yang tidak ada konotasinya dengan maut atau hantu

7. Burung Bangau

By : pixabay.com

Bangau adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Memiliki badan yang berukuran besar, berkaki panjang, namun lebih pendek dari burung kuntul, dan mempunyai paruh yang besar, kuat dan tebal.

Bangau bisa dijumpai di daerah yang beriklim hangat. Habitat burung bangau di daerah yang lebih kering dibandingkan burung kuntul dan ibis. Pada umumnya  burung bangau memangsa hewan seperti katak, ikan serangga, cacing, burung kecil dan mamalia kecil dari lahan basah dan pantai. bangau tidak mimiliki organ suara syrinx sehingga tidak bersuara. paruh yang diadu dengan pasangannya merupakan cara berkomunikasi menggantikan suara panggilan.

8. Burung Kolibri

By : nurdian.com

Burung Kolibri merupakan Salah satu burung yang paling banyak di incar oleh penggemar burung. Kolibri mempunyai suara yang khas dan karakter tubuh yang unik, burung ini mampu menjadi pusat perhatian siapa saja terlebih di tahun 2014 – 2016.

Perlu anda ketahui jenis burung kolibri Berasal dari negara Amerika, burung kolibri ini banyak ditemukan dan besar di Amerika  Utara dan Amerika Selatan. Burung Kolibri mempunyai tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 6,4 cm. Jenis burung ini merupakan salah satu burung terkecil di dunia.

9. Lalat

By : www.goodnewsfromindonesia.id

Lalat adalah jenis serangga dari ordo Diptera (berasal dari bahasa Yunani di berati dua dan ptera berarti sayap). Lalat dan ordo serangga memiliki perbedaan yang paling jelas, yang sering nampak diantara meraka adalah lalat memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang, pada metatoraks (kecuali beberapa spesies lalat yang tidak dapat terbang).

Dalam jenis ordo serangga satu-satunya yang memiliki dua sayap yang benar-benar berfungsi dan memiliki halter adalah Strepsiptera. Namun, berbeda dengan lalat, halter Strepsitera berada di mesotoraks dan sayap di metatoraks.

10. Burung Pipit

By : news.okezone.com

Pipit adalah nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Dunia Lama dan Australasia. Burung-burung ini sekarang dimasukkan ke dalam suku Estrildidae, meski ada juga yang menganggap kelompok ini adalah anak-suku, bagian dari suku Passeridae yang lebih luas.

Itulah beberapa informasi dari “10 Hewan Hidup di Udara” yang berhasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah di sudut pandang mata dunia ), semoga dapat bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment