8 Hewan Perusak Pakaian yang Harus di Waspadai

8 Hewan Perusak Pakaian yang Harus di Waspadai

Hewan Perusak Pakaian – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai penggemar biologi, dan pengamat alam pastinya telinga kita tidak asing lagi dengan kata “8 Hewan Perusak Pakaian” Kali ini kita akan berbagi informasi yang belum kalian ketahui tentang hewan perusak pakaian.

Kebanyakan dari kita mempunyai lebih dari satu baju, apalagi perempuan, sampai lemari sudah tidak muat lagi untuk menyimpan pakaian, dan alhasil baju yang terdahulu yang sudah tersimpan di lemari tau-tau sudah tidak layak lagi di pakai karena banyak yang bolong dan kainnya rapuh. Salah satu faktor yang membuat baju bolong dan cepat rusak yaitu ada serangga yang bertempat tinggal di dalam lemari kita. Berikut adalah serangga yang bisa merusak pakaian.

1. Rayap

Rayap merupakan salah satu serangga bisa merusak pakaian
By : fumida.co.id

Rayap merupakan salah satu serangga yang dapat merusak pakaian,  pada umumnya rayap terkenal dan cukup menyebalkan adalah rayap. Rayap ini seringkali menyerang tanpa disadari oleh manusia, makanya banyak yang merasa geram jika di rumahnya sudah ada hewan kecil yang satu ini.

Karena dapat merusak pakaian, banyak diantara kita yang bisa langsung mengidentifikasi hewan tersebut, tidak sedikit pula yang merasa kebingungan karena rayap. Sebenarnya rayap tidak memakan pakaian, melainkan tertarik terhadap sumber makanan dari pakaian yang diwarnai, sehingga rayap memotong pakaian yang untuk memakan sember makanannya tersebut.

2. Kecoak

Kecoak merupakan serangga yang perlu pengamanan khusus, bukan hanya menyebabkan asma, dan penyakit. Kecoak juga bisa menjadi hewan perusak  pakaian dan kain apa saja di rumah kita
By : www.oomph.co.id

Kecoak merupakan serangga yang perlu pengamanan khusus, bukan hanya menyebabkan asma, dan penyakit. Kecoak juga bisa menjadi hewan perusak  pakaian dan kain apa saja di rumah kita. Kecoak tertarik sama keringat dan zat cair tubuh, saat kecoak membutuhkan makanan, kecoak bisa memotong dan membuat lubang di serat pakaian atau kain.

3. Kutu Karpet

Kutu karpet ialah hama yang bisa menggerogoti pakaian, karpet, dan jenis kain yang lain
By : beritagar.id

Kutu karpet ialah hama yang bisa menggerogoti pakaian, karpet, dan jenis kain yang lain, tapi bukan hanya itu kutu karpet juga bisa menggigit dan memakan darah manusia seperti nyamuk. Kutu karpet memiliki bentuk tubuh yang sangat kecil dan baunya sangat menyengat, sehingga sulit untuk di bersihkan. Walaupun menyingkirkan kutu karpet bukan hal yang mudah, kita tetap bisa melakukannya sendiri.

Jika kita menjumpai tanda-tanda kutu karpet , misalnya larva, kulit yang rontok, atau butiran tinja, lakukan tindakan cepat dengan alat dan metode yang tepat untuk menyingkirkan kutu karpet di rumah, dan lakukan tindakan pencegahan agar hama ini tidak datang kembali.

4. Ngengat Pakaian

Ngengat adalah serangga yang lemah, jarang meninggalkan daerah terlarang, ngengat dewasa tidak membahayakan bagi pakaian atau kain
By : kliknclean.com

Ngengat adalah serangga yang lemah, jarang meninggalkan daerah terlarang, ngengat dewasa tidak membahayakan bagi pakaian atau kain. Tetapi larva ngengat lah yang  bisa sangat merugikan , sehingga dapat merusak pakaian dan kain kita, larva memakan dan memotong serat pakaian sehingga menjadi bolong.

5. Jangkrik

Jangkrik merupakan serangga yang tidak biasa dianggap sebagai perusak pakaian dan pemakan kain yang menyebabkan berlubang
By : bumipertiwiextrem.blogspot.com

Jangkrik merupakan serangga yang tidak biasa dianggap sebagai perusak pakaian dan pemakan kain yang menyebabkan berlubang, Jangkrik tidak menyerang pakaian yang bersih, tetapi jika ada serpihan kulit mati, bau keringat, sisa makanan dan minuman yang mengandung zat tepung yang menempel pada pakaian atau kain, akan menjadi sasaran utama jangkrik.

Jangkrik memakan dengan memotong pakaian atau kain yang sudah kotor, itulah cara jangkrik merusak pakaian, tapi bukan hanya itu, jangkrik juga dapat menodai pakaian dengan kotorannya.

6. Lipan

Lipan adalah hewan yang tertarik pada tempat lembab karena spesies ini tidak mempunyai lilin kultikula seperti serangga dan hewan arachnida
By : doktersehat.com

Lipan adalah hewan yang tertarik pada tempat lembab karena spesies ini tidak mempunyai lilin kultikula seperti serangga dan hewan arachnida. Yang menyebabkan, lipan lebih gampang kehilangan air dan cenderung mencari tempat yang lembab.

Lipan berbentuk panjang, banyak kaki dan mempunyai panjangnya dari⅛ sampai 6 inci. Di dalam rumah, lipan lebih menyukai tempat yang lembab dan gelap untuk bersembunyi dan keluar di malam hari untuk mencari mangsa.

Lipan bisa merusak pakaian sama seperti kumbang karpet, lipan mencari tempat yang lembab untuk bersarang dan bertelur, telur yang dihasilkan akan berubah menjadi lava yang bisa merusak pakaian.

7. Kumbang Karpet

Kumbang karpet, serangga yang satu ini terdiri dari ukuran, warna yang berbeda, Namun umumnya mereka menyerupai kumbang dan warnanya beragam dari hitam ke coklat bahkan putih dan kuning.
By : laraswati.com

Kumbang karpet, serangga yang satu ini terdiri dari ukuran, warna yang berbeda, Namun umumnya mereka menyerupai kumbang dan warnanya beragam dari hitam ke coklat bahkan putih dan kuning.

Panjang kumbang dewasa mencapai 2-3 mm, kumbang karpet bukan hanya hama di rumah kita, melainkan juga hama di luar rumah, karena kumbang karpet cenderung hidup di luar memakan nectar dan pollen.

Tetapi  kumbang karpet menjelang akhir musim panas, Sering dan sangat mungkin untuk memasuki rumah-rumah kita untuk bertelur. Telur kumbang karpet menjadi lava yang dapat merusak pakaian atau kain, karena makanannya lava kumbang karpet adalah serat alami seperti karpet, pakaian dan benda-benda lembut.

8. Tinea Pellionella

Tinea Pellionella serangga yang berbentuk mirip seperti cacing dengan cangkang yang keras. Hewan ini merupakan larva dari serangga yang bernama latin Tinea Pillionella.
By : hiveminer.com

Tinea Pellionella serangga yang berbentuk mirip seperti cacing dengan cangkang yang keras. Hewan ini merupakan larva dari serangga yang bernama latin Tinea Pillionella. Larva ini berlindung dalam cangkang yang berbentuk bantalan pipih dengan panajng kurang lebih sekitar 1/2 hingga 1/4 inci. Tinea Pillionella bisa merusak pakaian dengan cara melubanginya untuk digunakan bantalan cangkang atau sarangnya. 

Itulah beberapa informasi dari “8 Hewan Perusak Pakaian” yang berasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah disudut pandang mata dunia ), semoga dapat bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment