Download Suara Burung Trucukan dan Cara Pemeliharaanya

Burung Trucukan – Burung Trucukan ialah satu dari sekian banyak jenis burung yang agak diremehkan serta kurang dipedulikan bagi sebagian penghobi burung kicau. Akan tetapi, tak sedikit pula mereka yang masih menyukainya sehingga di pasaran burungpun, trucukan masih sering tersedia banyak dengan harga cukup murah. Burung trucukan merupakan satu dari sekian banyak jenis burung yang punya suara ropelan mirip dengan cucak rowo, untuk itu banyak orang memilih jenis burung ini untuk pemancing supaya burung cucak rowo kepunyaan mereka mau mengeluarkan ropelannya.

Sedangkan untuk kualitas volume suara, burung trucukan ini jauh di bawah jenis burung cucak rowo yang suaranya lebih keras, tebal dan bisa didengar hingga radius 50m. Untuk kalian yang berminat untuk ternak atau budidaya burung trucukan, terdapat beberapa cara yang pastinya baik dan benar untuk bisa kalian terapkan. Adapun ulasan cara bisa dilihat di pembahasan selanjutnya.

Cara Pemasteran Burung Trucukan

Burung Trucukan salah satu brung kicau yang sangat digemari oleh para mania burung kicau, burung trucukan mempunyai suara kicau yang sangat khas

1. Pakan Ulat Hongkong

2. Pakan Tambahan

3. Pemasteran Burung Trucukan

Download Suara Burung Trucukan

Cara Gampang Ternak Burung Trucukan

Tips ternak burung trucukan

Nah, berikut ini merupakan langkah atau cara mudah untuk bisa ternak atau budidaya burung trucukan, berikut ulasannya:

1. Memilih Indukan

Langkah pertama jika ingin ternak burung trucukan ialah dengan memilih indukan yang bagus. Pilih indukan yang sehat tanpa cacat. Untuk pejantan pilihlah indukan yang punya postur tegap dan ideal yakni tidak terlalu gemuk ataupun terlalu kurus. Pilih yang punya bulu berkilau dan cukup umur. Sedangkan untuk indukan betina, silakan memilih yang bertubuh gempal dan sedang birahi. Untuk berternak burung trucukan ini pastikan betinanya yang agresif serta bernafsu lebih tinggi dibandingkan indukan jantan.

2. Penjodohan

Langkah kedua dalam beternak burung trucukan yakni dengan melakukan perjodohan indukan pilihan. Sebelum penjodohan dilakukan, kalian siapkan dulu kandang dengan ukuran kurang lebih p= 3m, l= 1,5m, dan t= 2m. Ukuranya mungkin tergolong besar namun inilah yang burung trucukan butuhkan untuk berkembangbiak. Mereka butuh lingkungan luas dan terkesan berada di alam liar. Adapun cara kawin jenis burung trucukan ini ialah saat mereka bersamaan terbang. Adapun cara penjodohanya memang agak sulit dan butuh sedikit waktu yang lama. Cara peenjodohan bisa dengan mendekatkan kandang, jika mereka cocok mereka akan saling mendekat. Jika sudah seperti itu indukan burung bisa diletakkan dalam kandang yang sama supaya terjadi perkawinan dan induka betina bisa bertelur.

3. Perawatan Ketika Pengeraman Telur

Langkah ketiga yakni dengan melakukan perawatan saat indukan betina mengerami telurnya. Kalian bisa hindarkan suara bising atau jenis hewan lain dari tepat pengeraman agar tidak membuat burung jadi stress. Umumnya untuk proses pengeraman paling lama yakni sekitar 2 minggu.

4. Perawatan Setelah Telur Menetas

Usai melakukan perawatan saat pengeraman telur, tiba waktunya untuk perawatan usai telur menetas. Apabila usia anakan trucukan mencapai kurang lebih 5 – 10 hari, kalian bisa mengambilnya dan disapih dengan melolohnya sendiri. Apabila anakan sudah berusia 15 hari ke atas, kalian sudah dapat memberikannya pakan seperti jangkrik. Hal ini bisa mendukung anakan tumbuh dewasa serta lebih terjaga kesehatannya.

Cara Merawat Burung Trucukan Supaya Cepat Jinak

cara agar burung trucukan menjadi jinak

Usai kalian belajar tentang cara berternak burung trucukan, berikut ini merupakan cara yang bisa kalian simak tentang perawatan burung trucukan agar bisa jinak dengan cepat, yakni:

1. Penggunaan Krodong

Cara pertama kalian bisa melakukan perawatan dengan menggunakan krodong. Cara ini ialah cara lama tapi pecinta burung sudah yang pakai metode ini. Pengkrodongan ini punya banyak kegunaan misalnya untuk menjadikan burung jinak, membantu burung istirahat denngan nyaman dan tenang, cocok untuk burung kicau seperti burung trucukan.

2. Memandikan Burung

Hal kedua untuk perawatan burung krucukan yakni dengan memandikan burung secara langsung dari tangan pemilik. Kalian bisa pegang burung tersebut biasa saja lalu semprot atau oleskan air biasa saja.

3. Memberikan Pakan Secukupnya

Langkah ketiga untuk merawat burung trucukan ini yakni dengan memberikan pakan secukupnya. Kalian bisa batasi makanan dengan memberikan porsi sedikit untuk membiasakan burung trucukan.

4. Bersihkan kandang dengan rutin

Cara perawatan terakhir dalam pembahasan ini yakni pastikan kalian sering bersihkan kandang dengan teratur. Hal ini bisa buat burung sehat dan jauh dari sumber sakit.

Cara Menghilangkan Suara Kutilang di Burung Trucukan

cara menghilangkan suara burung kutilang pada burung trucukan

Pembahasan selanjutnya yakni tentang bagaimana cara menghilangkan suara kutilang di burung trucukan dengan mudah, yakni:

1. Pilihlah Trucukan Lolohan

Jika kalian ingin menghilangkan suara kutilang yang ada di burung trucukan tersebut, maka perhatikan pemilihan. Kalian bisa memilih burung trucukan piyik atau lolohan. Jika kalian mau, kalian juga bisa budidayakan sendiri atau menghasilkan piyikan sendiri dengan cara yang telah dijabarkan di atas terkait ternak burung trucukan. Saat masih kecil, otomatis akan lebih mudah melatih supaya tidak bersuara kutilang. Hal ini akan sulit jika burung sudah dewasa sebab terbiasa dengan suara aslinya.

2. Jauhkan dari Induknya

Cara kedua kalian bisa menjauhkan burung trucukan yang masih piyik dari induknya sejauh mungkin. Hal ini berguna untuk anakan supaya tidak mendengar suara asli induknya. Jika tetap di dekatkan, maka akan sulit merubah suara kutilang pada burung trucukan.

3. Dekatkan dengan Burung Lain

Tips ketiga untuk bisa menghilangkan suara kutilang burung trucukan ialah dengan mendekatkannya pada jenis burung yang lain. Hal ini karena akan mudah mengadaptasikan burung trucukan dengan suara lain dari burung kicau yang gacor. Dengan perlahan trucukan akan mengikuti suara burung kicau lainnya dan untuk suara kutilang akan menghilang.

4. Ajak Bersiul

Cara keempat yakni dengan mengajaknya bersiul. Hal ini bisa untuk menghibur burung trucukan sekalian membiasakan dengan suara lainnya. Intinya dengan bersiul bisa membantu burung memilki suara berbeda. Jadi silakan kalian biasakan untuk mengajaknya bersiul setiap pagi.

5. Berikan Voer

Tips selanjutnya yakni dnegan memberikan voer. Kalian bisa berikan pakan berupa voer guna membantu mempercepat suaranya. Hal ini bisa membuat kalian mudah untuk melihat apakah suara burung trucukan masih kutilang atau sudah berbeda. Selain voer kalian bisa memberi tambahan pakan lainnya seperti milet.

6. Berikan Vitamin

Cara keenam untuk membantu burung trucukan agar tidak suara kutilang lagi yakni dengan memberikan vitamin. Silakan kalian kasih anakan trucukan atau burung yang masih piyikan atau lolohan dengan vitamin. Kalian bisa mencampurkannya ke dalam minuman ataupun makanannya. Namun, silakan kalian lebih banyak mencampur ke minumannya. Vitamin ini bisa membantu burung untuk memperbaiki kualitas suaranya seperti burung trucukan agar hilang suara kutilangnya. Vitamin bisa membantu memperkuat suaranya.

7. Dekatkan Sangkar Pada Burung Lain

Langkah terakhir yakni dengan mendekatkan sangkar burung trucukan yang masih piyikan atau lolohan ke sangkar burung peliharaan yang lain. Hal ini akan membuat anakan burung trucukan tersebut merasa menjadi bagian dari spesies mereka. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan suara kutilangnya.

Demikian ulasan tentang burung trucukan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.