Cara Budidaya dan Download Suara Burung Pleci yang Indah

Download Suara Burung Pleci – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai penggemar burung kicau dan pencinta fauna. Tentu kita tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini ” Burung Pleci ” kali ini kita akan berbagi suara burung pleci yang bisa kita download dan cara budidayanya.

Burung Pleci merupakan salah satu jenis burung yang populer dan diandalkan karena memiliki suara yang menarik. Kicauan yang dihasilkan burung pleci ini akan menghibur pendengar apalagi kalau burung ini sudah dilatih selain terhibur mendengar suara burung ini akan terasa lebih rileks. Ukuranya yang kecil dan mungil ini cukup digemari bagi para pecinta burung. Dulu sekitar tahun 2004 sampai 2005 burung pleci sangat populer, bahkan sampai saat inipun masih banyak yang menggemari burung tersebut. Oleh sebab itu sampai saat ini harganya juga tetap stabil dan membuat permintaan dipasaran terus stabil bahkkan juga tinggi.

Sebelum kita membahas budidaya burung pleci, marilah kita dengarkan terlebih dahulu kicauan burung pleci yang sangat merdu di telingga.

Melatih suara burung pleci dengan menggunakan media Mp3 merupakan salah satu cara yang sangat di sukai oleh para penggemar kicau mania, dengan menggunakan Mp3 memiliki keunggulan seperti dapat mengatur jenis suara yang sama setiap harinya, fleksibel dan mudah untuk di lakukan.

Untuk mengatur suara burung pleci yang mau kalian download, kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan antara menggunakan suara pleci untuk masteran atau untuk pancingan.

Berikut di bawah ini link download suara burung pleci :

Download Suara Burung Pleci Masteran Mp3

Download di sini

 

Download Suara Burung Pleci Pancingan Mp3

 

 

Spesies burung pleci ini memiliki habitat di daerah kawasan tropis dan subtropis. Jadi kita bisa menemukan burung pleci di persebaran di Asia, seperti India, China, dan Indonesia. Burung Pleci sendiri merupakan salah satu jenis burung yang bergerombol atau memiliki koloni. Dalam mencari makanan, burung ini selalu berkelompok. Dengan demikian, bila kita melihat seekor burung Pleci di alam liar, berarti disekitar tempat itu ada banyak burung Pleci yang sedang mencari makan.

Macam-macam Burung Pleci

Pada umumnya burung pleci memiliki beragam jenis berdasarkan ciri fisik yang dimiliki dan darimana burung itu berasal. untuk di Indoesia sendiri ada sekitar 4 jenis burung pleci yang saat ini sedang populer di Indonesia, diantaranya adalah:

2. Pleci Jawa (zosterop Vlavus)

Pleci jawa memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu sekitar 10cm – 11 cm dan memiliki ciri fisik warna tubuhnya dominan dengan warna hijau dan kuning. Burung Pleci jawa memiliki suara yang lebih nyaring dan bisa melengking tinggi daripada pleci yang lainnya. Pleci Jawa ini lebih memiliki habitat di hutan dataran rendah teriklim tropis dan subtropis, hutan mangrove, semak pinggir pantai, semak belukar juga suka berada di pinggir hutan. Burung pleci ini di Indonesia dapat di jumpai di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan. Mengapa para pecinta burung kicauan menyukai pleci jawa? Karena burung ini memiliki harga yang terjangkau, mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan yang terakhir burung pleci jawa mudah cara pemeliharaanya.

2. Pleci Auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer)

Ciri fisik yang menonjol dari burung pleci auriveter adalah warna dadanya dominan abu abu dan memiliki kacamata yang lebih besar dibanding dengan pleci jawa. Burung ini hanya bisa ditemui di pulau Sumatera dan Kalimantan. Selain itu burung ini juga mmiliki ocehan yang lebih ngebas, low dan memiliki mental yang bagus.

3. Pleci Montanus (Zosterops montanus)

Burung ini lebih umum atau terkenal dengan sebutan pleci gunung karena habitatnya di pegunangan dan perbukitan. Untuk ciri fisiknya bagian dada didominasi warna keabu abuan lalu memiliki garis kuning di bagian dada dan juga burung ini memiliki kicauan yang khas dan mendencing daripada burung lain yang habitatnya di pegunungan.

4. Pleci Buxtoni (Zosterops palpebrosus buxtoni)

Burung bisa dtemukan dan ini tersebar di beberapa wilayah seperti Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, diantaranya, Banten, Bogor dan beberapa daerah lain di Jawa Barat. Ciri fisik dari burung ini bgian dada memiliki warna abu-abu dan juga garis kuning yang cukup lebar hingga ke bagian perutnya serta ada garis kuning gelap dibagian punggungnya. Untuk suara burung ini, meskipun ukurannya lebih kecil daripada burung pleci lainya tapi untuk suara burung ini lebih nyaring dari burung burung lainya.

Perawatan Burung Pleci

Dalam merawat burung pleci merupakan salah satu kegiatan yang gampang gampang susah. Karena, dalam merawat burung ini kita juga harus konsisten agar tidak mubadzir. Kenapa kok mubadzir? Karena jika kita dalam melakukan perawatan burung pleci ini tidak konsisten, maka burung pleci tidak akan bisa bersuara lantang seperti yang kita inginkan. Padahal yang Anda cari sebagai penggemar kicau adalah suaranya yang lantang dan bisa membuat suasana rumah menjadi ramai.

Perawatan Burung Pleci mulai dari perawatan kandang, pemberian makanan ekstra (extra food) serta perawatan harian mulai dari mandi dan melatih dengan master agar burung bisa bersuara lantang sperti yang Anda inginkan. Bagi anda yang bingung bagaimana cara melakukan perawatan terhadap burung pleci dibawah ini ada beberapa tips yag bisa Anda lakukan:

1. Kandang

Kandang atau sangkar yang digunakan pleci setiap hari untuk beraktivitas setidaknya dibersihkan setiap hari, atau bisa juga minimal 4 kali dalam seminggu agar bakteri dan penyakit tidak mudah menyerang burung ini sehingga burung selalu dalam keadaan sehat. Jangan lupa air dan makanan diganti secara rutin setiap hari. Jangan sampai menunggu air kotor baru diganti.

2. Perawatan Harian

Agar burung pleci tetap dalam kondisi sehat Anda harus merawatnya setiap hari, mulai dari :

1. Pengembunan

Pengembunan dilakukan agar burung pleci bisa menghirup udara segar, dan waktu yang tepat dilakukan pengembunan yaitu pukul 06:00 – 06:30.

2. Mandikan Pleci setiap hari

Memandikan burung pleci merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pecinta burung pleci. Karena burung ini meskipun hidup di alam liar dia mandi setiap hari dengan menjeburkn dirinya di sungai atau ke sumber air lainya. Pemandian burung pleci bisa dilakukan pukul 06:30 hingga 07:30 dengan cara disemprot atau dengan cara menempatkan wadah berisi air dan dimasukkan ke dalam sangkar.

3. Penjemuran

Setelah burung pleci selesai dimandikan, langkah selanjutnya yaitu lakukan penjemuran agar bulu pada burung pleci bisa kering. Untuk penjemuran sekitar 25 menit sampai dengan 30 menit saja sudah cukup jangan lama- lama. Karena jika penjemuran dilakukan terlalu lama burung pleci akan kepanasan dan membuat tubuh burung pleci tidak sehat.

4. Pemasteran

Apa itu pemasteran? Pemasteran merupakan proses melatih burung untuk menirukan atau mendoktrin burung berkicau dengan suara-suara lain. Dan proses yang sangat tepat untuk dilakukan pemasteran adalah waktu penjemuran tadi. Bisa dilakukan dengan cara suara burung asli atau memutarkan MP3 dari Handphone. Jika pemasteran dilakukan setiap hari dan konsisten maka burung pleci akan lebih cepat pintar berkicau. Tidak usah menggunakan burung asli, karena banyak orang yang memutarkan MP3 daripada suara burung asli. Dengan memutar MP3 lebih praktis dan juga simple.

  1. Pengerodongan
  2. Perawatan terakhir yang dilakukan agar pleci bisa beristirahat adalah dengan cara penge Pengerodongan ini sangat dianjurkan karena jika tidak dilakukan pengerodongan, burung pleci akan terganggu dengan suara diluar sehingga tidak bisa beristirahat dengan maksimal dan membuat burung menjadi stres.

Nah, itu tadi beberapa tips tentang merawat burung pleci. Intinya dalam merawat burung pleci harus konsisten jika menginginkan burung pleci cepat pintar berkicau seperti burung yang lain. Lakukan semua perawatan sesuai tips diatas maka hasilnya akan memuaskan. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment