Download Suara Burung Cililin dan Cara Membudidayakannya

Burung Cililin – Tahukah anda tentang burung cililin? Cililin adalah nama burung yang masih menjadi kerabat dari burung gagak. Burung cililin ini termasuk dalam burung kicau yang mempunyai suara keras dan panjang. Biasanya, burung ini sering dijadikan sebagai burung pemasteran pada burung kicau lainnya, seperti burung murai batu dan cucak hijau. Sebab, burung ini memiliki karakter egois karena tidak mau kalah dengan burung lain. Jika ada burung yang mengeluarkan suara keras didekatnya, maka burung ini pun akan mengeluarkan suara lebih keras lagi dengan semaksimal mungkin.

Burung cililin ini juga termasuk jenis burung yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan. Burung yang memiliki jambul khas ini memang mempunyai suara yang berdencing tajam. Bagi anda yang mau mengenal lebih banyak lagi tentang burung yang satu ini, silahkan disimak uraiannya di bawah ini.

Ragam Jenis Burung Cililin

jenis-jenis burung cililin

 

Berdasarkan daerah persebarannya, species burung cililin ini terbagi dalam berbagai macam jenis, yaitu;

  • Cililin Jawa (Platylophus galericulatus galericulatus): daerah persebarannya ada di Pulau Jawa.
  • Cililin Borneo (Platylophus galericulatus lemprieri): daerah persebarannya di Kalimantan bagian utara.
  • Cililin Sumatera (Platylophus galericulatus coronatus): daerah persebarannya berada di Pulau Sumatera dan sebagian Kalimantan.
  • Cililin Melayu (Platylophus galericulatus malacensis): daerah penyebarannya di sekitaran Semenanjung Malaya.

Selain itu, berdasarkan warnanya, species burung ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu;

  • Burung Cililin Coklat

Burung ini kerap dijadikan masteran untuk burung lainnya. Karakter suaranya rapat, ngeroll panjang, serta nyaring. Jenis ini biasanya berasal dari luar Pulau Jawa.

  • Burung Cililin Hitam

Jenis burung cililin hitam ini berasal dari Pulau Jawa dan memiliki suara yang cenderung pendek dan juga agak kasar, sehingga harganya juga tidak terlalu bagus bila dibandingkan dnegan jenis burung cililin coklat. Jenis ini juga dikenal gampang-gampang susah untuk pembudidayaannya. Sebab, burung ini mudah stress dan mudah mati jika perawatannya tidak benar.

Secara umum, dilihat berdasarkan fisiknya, burung cililin memiliki bentuk badan yang besar. Terdapat jambul pada bagian kepalanya. Serta, bagian tengkuknya berwarna putih kombinasi hitam. Sedangkan, bagian ekornya panjang dan agak lebar.

Download Suara Burung Cililin

 

Cara Merawat Burung Cililin agar Cepet Gacor

1. Menjaga Kebersihan

2. Penjemuran

3. Pemberian Pakan

4. Makanan Utama

Cara Mengembangbiakkan Burung Cililin

cara ternak burung cililin

Dalam pengembangbiakkan burung cililin ini harus memperhatikan banyak hal. Khususnya, diantaranya yaitu;

Persiapan kandang

Kandang penangkaran yang digunakan untuk pengembangbiakan burung cililin pada umumnya harus memiliki ukuran yang cukup luas dengan menggunakan wadah sarang berbentuk mangkuk terbuka yang bisa terbuat dari rotan atau besek. Anda sebagai pembudidaya bisa menyebarkan beberapa bahan atau material sebagai penyusun sarang di dasar kandangnya. Bahan-bahan yang bisa digunakan, diantaranya yaitu ijuk, daun kering, rumput, jerami kering, atau juga bahan-bahan lainnya yang diperlukan.

Penjodohan

Pada saat proses perjodohan, burung dapat dimasukkan pada kandang penangkaran untuk dikembangbiakan. Selama masa reproduksi, burung harus selalu diberikan makanan berprotein tinggi, multivitamin, dan multimineral khusus untuk penangkaran. Tujuannya supaya dapat membantu pengaturan birahi dan menyiapkan burung dalam kondisi siap kawin. Sesudah mulai menata sarang, burung cililinnya pun akan siap bertelur. Burung cililin ini hanya bertelur sebanyak 1-2 butir dengan jumlah anakan yang menetas rata-rata seekor dalam setiap musim berkembangbiak.

Makanan burung cililin

Meskipun secara teknis kedua jenis burung cililin yang disebutkan diatas sama saja, akan tetapi untuk burung cililin coklat lebih memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga, tidak heran jika harganya lebih mahal dibandingkan yang berwarna hitam. Untuk makanannya selama proses perkembangbiakan bisa memakai voer yang ditambahkan dengan jangkrik ataupun kroto. Bisa pula memakai seranggan lainnya ataupun dapat ditambahkan dengan pisang atau pepaya guna menjaga sistem pencernaanya. Tapi, lebih baik berikan voer ayam supaya burung cililinnya bisa lebih cepat gemuk dan tidak bergantung dengan jangkrik dan kroto dalam setiap harinya. Voer ayam pada umumnya memiliki kandungan nutrisi karbohidrat dan protein yang tinggi untuk pembentukan organ-organ penting pada burung cililin.

Cara Merawat Burung Cililin Secara Harian

cara merawat burung cicilin

Di dalam pengembangbiakan burung cililin, anda harus mengetahui tentang bagaimana perawatannya. Meskipun daerah asalnya berbeda, tapi burung cililin, apapun itu jenisnya harus mendapat perawatan yang rutin dan konsisten. Burung cililin ini bisa memiliki performa suara yang membanggakan pemiliknya. Sebaiknya, jika memelihara burung ini jangan dimanjakan dan jangan pula dibiarkan jinak.

Burung cililin ini juga dikenal sebagai burung cetekan. Artinya, burung yang akan berbunyi jika digoda dengan tangan. Karakter inilah yang paling sulit dihilangkan pada burung kerabat gagak yang satu ini. Tak hanya itu saja, burung cililin juga sangat sensitif. Karena rawan stres, maka sebaiknya perawatannya harus hati-hati dan perlu mendapat perhatiaan ekstra.

Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan dan pemberian makanannya adalah sebagai berikut;

  • Untuk burung cililin yang sudah makan voer secara total, dianjurkan agar jangan sampai kekenyangan dan kekurangan saat pemberian makanannya. Sebab, jika kekenyangan voer, si burung akan jarang dan malas berbunyi. Sebaliknya pula, kalau kekurangan voer, bisa menyebabkan burungnya sakit dan mati. Selain dengan menggunakan voer, pemberian makanannya bisa berupa jangkrik yang diberikan pada pagi hari (jumlah takarannya 8 ekor) dan sore hari ( jumlahnya 10 ekor). Pada waktu siang harinya bisa diseling diberikan 1 sendok teh kroto segar. Atau, apabila tidak ada kroto, bisa diberikan jangkrik 4 ekor.
  • Harus rutin diperiksa air minumnya. Jika air minumnya sudah terlihat kotor, maka harus secepatnya diganti. Sebab, kebersihan air minumnya ini dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya. Kuncinya supaya burung cililin yang dibudidayakan dapat menjadi sehat dan panjang umur, yaitu pada pola makan yang sehat.
  • Pada saat burung sedang dimandikan, sebaiknya kandangnya harus selalu dibersihkan setiap hari. Setelah mandi, burung diangin-anginkan sesukanya sambil dijemur dibawah sinar matahari pagi yang masih menyehatkan.
  • Selain perawatannya di dalam pemberian makan, masalah penjemuran juga sangat penting sekali untuk dilakukan. Waktu burung berjemur sebaiknya tidak perlu terlalu lama, cukup 10 – 15 menit. Itu semua sebaiknya dilakukan minimal 2 – 3 kali dalam 1 minggu. Minimnya frekuensi penjemuran disebabkan karena burung ini sangat sensitif dan rawan stres. Burung ini juga rentan terhadap cuaca, terlebih pada angin kencang.
  • Sesudah dilakukan penjemuran, bisa diberikan 3 ekor jangkrik pada saat pagi hari (tambahkan 5 jangkrik untuk sore harinya). Kemudian, biasakan pemberian pakan voer supaya burung cililin yang dibudidayakan bisa tetap sehat dan gemuk.
  • Kandang burungnya bisa ditaruh pada tempat yang tinggi supaya tidak mudah jinak.
  • Jika anda membeli burung cililin supaya bisa gacor, maka usahakan yang sudah bisa makan voer.

Itulah yang dapat disampaikan mengenai burung cililin dan cara membudidayakannya. Semoga dapat bermanfaat.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.