Download Suara Burung Ciblek dan Cara Budidaya yang Benar

Download Suara Burung Ciblek dan Cara Budidaya yang Benar

Burung Ciblek – Burung ciblek ialah satu dari sekian banyak jenis burung kicauan yang punya suara indah dan rapat. Kelebihan dari ciblek membuat reputasinya bagus di kalangan burung kicauan yang lainnya. Adanya fakta ini tak sedikit pecinta ciblek yang berminat untuk membudidayakannya.

Selain itu, populasi burung ciblek ini juga terus saja menyusut di alam liar. Akibatnya habitat dari burung ini semakin berkurang apalagi adanya perburuan liar yang terjadi akhir-akhir ini. Untuk bisa menjaga kelestariannya, upaya penangkaran memang sangat dibutuhkan. Seiring adanya banyaknya kicau mania, ciblek ini berhasil mengambil para hati kicau mania sehingga banyak yang jatuh hati pada jenis burung mungil yang bersuara nyaring ini.

Nama burung Ciblek biasa dikenal dengan nama “prenjak” memang sudah terkenal sebagai salah satu jenis burung kicau yang punya postur fisik mungil yakni sekitar 12 cm khusus ciblek Jawa, namun jangan diragukan karakter, mental, dan kekuatan suaranya yang dahsyat.

Dengan adanya kelebihan tersebut, banyak master kicau jatuh hati pada burung ciblek. Hal ini ditunjukkan dengan adanya banyak orang yang mulai pelihara burung ciblek baik sekedar untuk menemani aktivitas harian, atau pun untuk diikutkan kontes burung kicau.

Suara burung ciblek yang bagus dan berkualitas tentunya membutuhkan perawatan dan pemasteran dari kecil. Setiap burung ciblek mempunyai potensi yang bisa mengeluarkan kicauan yang berkualitas, namun tidak semua orang mampu membuat burung ciblek berkicau dengan baik.

Cara Memasteran Burung Ciblek

masteran burung ciblek

Untuk melakukan pemasteran burung ciblek agar memiliki kualitas suara terbaik, di perlukan kesabaran dan melakukan perawatan secara rutin, kalau sudah terbiasa dilatih secara rutin maka burung ciblek dapat berkicau sesuai dengan baik. Berikut tahap tahap dalam memasteran burung ciblek.

1. Pengembunan

Pada waktu pagi hari, burung ciblek bisa dilakukan pengembunan agar mendorong burung ciblek rajin berbunyi dan sekaligus dapat melatih suara kicauannya.

2. Memancing suara burung ciblek

Agar burung ciblek mengeluarkan suara kicauannya dibutuhkan pancingan dari lawan burung seperti burung ciblek betina atau suara burung lainnya yang mempunya karakter suara yang sama, seperti burung kenari atau burung pernjak betina. Dan jika burung ciblek sudah terbiasa berkicau, maka pemasteran burung ciblek di ganti dengan kualitas yang lebih tinggi lagi agar di tirukan oleh burung tersebut.

3. Memasterkan dengan suara terbaik

Jika burung ciblek belum berkicau dengan baik atau masih tahap belajar berkicau, maka dibutuhkan pancingan dari suara yang sejenis. Namun jika sudah berkicau dengan sendiri dan tidak membutuhkan pancingan ketika mau berkicaau, maka lakukan pemasteran dengan suara burung ciblek ngebren yang bisa kita download

Download Suara Burung Ciblek

 

Cara Budidaya Burung Ciblek

Nah, untuk kalian yang berminat untuk membudidayakan atau ternak burung ciblek, berikut ulasan tentang cara mudah beternak ciblek yang bisa kalian praktekan, yakni:

1. Memilih Calon Indukan

Sebelum kalian mulai berternak burung ciblek, faktor utama yang paling penting yakni memilih calon indukan burung. Untuk kalian yang belum terlalu paham tentang cara membedakan antara indukan burung ciblek jantan dengan betina, maka berikut ini adalah ciri-ciri umumnya, yaitu:

1. Ciblek Jantan

  • Ciblek jantan umumnya punya warna paruh lebih gelap ketimbang burung ciblek betina.
  • Adapun warna yang mendominasi tubuh tepatnya bagian bawah yakni warna putih.
  • Sedangkan untuk tubuh bagian atas, burung ciblek jantan berwarna abu-abu dengan campuran kuning
  • Bagian ekor burung ciblek bertotol hitam.
  • Suara kicauan indukan ciblek jantan cenderung bervariasi apabila dibandingkan dengan indukan ciblek betina.
  • Postur badan burung ciblek jantan lebih besar.

2. Ciblek Betina

  • Indukan ciblek betina memiliki postur badan lebih kecil.
  • Warna paruh pada indukan ciblek betina tidak terlalu pekat (sedikit pudar).
  • Kicauan yang dikeluarkan cenderung monoton tanpa variasi.

Nah, usai mengetahui ciri dari indukan ciblek jantan dan betina, silakan untuk lanjut pilih calon indukan proporsional. Untuk burung ciblek penjantan, carilah yang mental kuat ketika bertanding, jinak, suara kicaunya rapat, sehat, subur, usia minimal 1 tahun lebih. Sedangkan untuk indukan betina, pilihlah indukan yang agresif, sehat, dan mudah terangsang apabila disandingkan dengan ciblek penjantan. Usia minimal untuk betina 6 bulan, tapi di atas 1 tahun sangat disarankan.

2. Kandang Penangkaran

Usai peroleh calon indukan burung ciblek, langkah selanjutnya ialah mempersiapkan kandang penangkarannya. Buatlah minimal berukuran 60 cm X 90 cm X 90 cm. Usahakan kalian menciptakan suasana dalam kandang sesuai habitat aslinya. Kalian bisa berikan sema di pondokan kandang agar burung ciblek merasa lebih nyaman. Apabila burung ciblek yang mau dikawinkan lebih dari sepasang, maka pastikan kalian untuk memisah kedua pasangan dengan sebuah sekat sederhana agar tidak saling terganggu.

3. Mengawinkan Ciblek

Proses selanjutnya yakni perkawinan burung ciblek. Sebelum itu bisa dengan pengenalan dahulu. Kalian bisa mendekatkan masing-masing kandang antara jantan dan betina untuk melihat respon. Jika tak ada respon, maka keduanya tidak saling melihat. Jika burung ciblek saling cocok maka mereka akan memberikan respon dan kalian bisa mengawinkan burung tersebut dengan menjadikan satu dalam kandang.

4. Proses Pengeraman

Nah, jika sudah kawin maka burung ciblek akan bertelur. Telur ciblek menetas setelah melewati sekitar 11 hari oada masa pengeraman. Dalam hal ini pastikan tidak mengganggu ketenangan burung ciblek. Kalian juga harus memberikan asupan cukup pakan untuk burung ciblek.

5. Penyapihan dan Ransum Anakan Ciblek

Langkah selanjutnya setelah telur di erami, kalian bisa melakukan penyapihan ketika anakan burung ciblek usia 4-5 hari usai menetas. Usahakan tidak melebihi hari sebab ciblek dapat membuang anaknya sebab tingkat emosi burung tersebut tidak stabil. Sedangkan untuk makanan anakan ciblek, kalian bisa memberikan kroto yang segar mulai usia 8 hari.

Tips Sukses Rawat Burung Ciblek Semakin Berkembang

perawatan Burung ciblek

 

Jika sudah memiliki banyak burung ciblek dari budidaya atau ternak sendiri, mungkin kalian akan bertanya, gimana bisa merawat burung ciblek tersebut dengan baik supaya berkualitas tinggi dan tinggi pula gacornya. Ini dia tips dan trik untuk kalian yang mau merawat burung ciblek, yakni:

1. Beri Makanan yang Berkualitas

Tips pertama merawat burung ciblek yakni dengan memberi makanan berkualitas. Makanan berkualitas yang banyak disukai burung ciblek ialah jenis ekstra foding. Adapun kategorinya, yakni jangkrik, kroto, belalang, voer, ulat hongkong, dan susu bubuk.

2. Rawatlah dan Bersihkan Kandang

Tips kedua yakni kalian harus merawat kandang burung ciblek dengan teratur. Kalian harus membersihkan kotoran burung yang menempel atau yang ada di bagian alas bawah sangkar. Hal ini berguna supaya kesehatan burung bisa tetap terjaga. Kalian bisa sikat dan bilas bersih di alas bagian sangkar atau kandang bawah. Jangan lupa juga bersihkan tempat makan dan minum burung ciblek dari sisa baik makanan atau minumannya.

3. Pemasteran Burung Ciblek

Hal lain untuk merawat burung ciblek yakni dengan cara pemasteran. Cara buat burung ciblek kalian gacor dan bisa berkicau dengan nada yang tinggi, maka memasterkan ciblek dengan burung kicau lainnya yang bersuara beda terbukti sangat ampuh bikin rajin ciblek gacor. Pemasteran bisa dilakukan baik siang atau  malam hari.

4. Pemberian Makanan Tambahan

Makanan tambahan berkualitas sangat penting untuk burung ciblek agar bisa tumbuh kembangnya bagus dan sehat serta bisa lebih gacor, kalian bisa berikan ulat hongkong, jangkrik, atau serangga kecil lain.

5. Memandikan Burung Ciblek

Jangan lupa mandikan ciblek agar kebersihan terjaga karena ciblek ini sangat rentan penyakit, mandikan secara teratur jangan menunggu kotor.

6. Proses Penjemuran

Usai mandi, lakukan penjemuran burung ciblek untuk menyegarkan kembali ciblek dan tidak kedinginan. Penjemuran penting supaya ciblek tidak demam.  Waktu yang pas untuk melakukan penjemuran ciblek yakni pagi hari mulai jam 7-10.

 Tanda Burung Ciblek Sakit yang Perlu Diketahui

ciri-ciri burung ciblek sakit

Tanda burung ciblek sakit bisa jadi mengarah ke fisik, namun lainnya bisa jadi mengarah ke mental serta perilaku ciblek. burung. Berikut ciri yang dimaksud, yakni:

 

  1. Adanya perubahan kondisi serta sorot mata burung
  2. Kondisi sayap makin lusuh dan tidak seperti diterawat
  3. Burung ciblek jadi pendiam
  4. Nafsu makan burung ciblek berkurang.
  5. Keseimbangan tubuh burung juga berkurangnya sehingga kondisi tubuh lemas

Demikian ulasan singkat burung ciblek yang bisa kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Comment