12 Dimensi, Ukuran dan Jenis Truk Kontainer Indonesia, Terbaik !!

Truk kontainer merupakan kendaraan angkutan peti kemas yaitu terdiri dari dua bagian kenadaraan, bagian penarik (tractor head) dan truk kontainer gandeng tempelan untuk tempat kontainer di tempatkan.

Truk pengangkut barang dengan kontainer meningkat dengan sangat cepat karena intermodalitynya yang tinggi, sehingga memudahkan untuk bongkar muatan atau handling dari barang yang mengakibatkan biaya pengangkut barang secara keseluruhan menurun dengan cepat.Keamanan pengangkutan barang juga lebih tinggi.

Sebagian truk pengangkut barang memang sering sekali di temui di jalan. Truk pengangkut barang juga ada berbagai ukuran, dari yang kecil, sedang, sampai yang besar. Untuk berbagai truk itu juga punya namanya sendiri, bukan hanya sekedar ukuran saja.

Dan saya akan menjelaskan nama jenis truk kontainer dari yang ukuran kecil, terbesar dan terpanjang yang ada di indonesia.

Jenis truk dan kapasitas muatannya

1. Truk Pick Up

Untuk kapasitas ukuran muatan kecil, banyak di pergunakan digunakan karena bisa melewati jalan yang sempit, jenis truk ini biasa juga disebut dengan merk dagangnya seperti Carry, Grandmax, dan Jenis truk mitsubishi Colt.

Ukuran muatan, Panjang: 2-3 meter, lebar: 1-1,8 meter, tinggi: 1-1,8. Berat muatan: 1-2 ton, Kisaran volume: 7 kubik.

Pada umumnya truk ini digunakan untuk mengantar barang pindahan dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan tidak memiliki resiko barang rusak yang tinggi.

Carry pick up, 1300, dan grandmax merupan mobil pickup favorit masyarakat Indonesia saat ini.

2. Truk Colt Diesel

Truk ukuran terkecil di kelas otomotif pengangkut barang, jenis truk ini banyak diantaranya yang menambahkan ban belakang sehingga menjadi roda enam, dengan tambahan roda belakang kapasitas trukya jadi naik sekitar muatan satu tonase. Ukuran volume bak truk, panjang: 3-4 meter, lebar: 1-2 meter, tinggi: 1,5-2 meter. Ukuran volome 14 kubik.

Kendaraan ini memepunyai kemampuan kecepatan maksimum 120km pej jam, daya tanjak dengan dengan max G.V.W 47 Tan, dan radius putaran minimum 7.0 m.

3. Truk Fuso Engkel

Truk fuso merupakan jenis truk yang dikeluarkan oleh produsen mitsubishi yang fokusnya pada light dan medium truk.

Ukuran muatan kapasitas sedang, Ukuran muatan bak, Panjang: 6-7 meter, lebar: 2,3 -2,5 meter, tinggi: 2-2,5 meter. Kapasitas bak jenis truk fuso  engkel 7-15 ton, mempunyai volume bak: 29 kubik.

4. Jenis Truk Tronton

Untuk jenis truk tronton ini mempunyai kapasitas muatan ukuran besar, yang biasanya terdapat 3 sumbu satu didepan dan tandem di belakang.

Kapasitas truk ini mampu membawa barang dengan berat sebanyak 30 kubikasi /  CBM dengan berat maksimal 10 ton

Truk tronton jenis ini banyak rakit sesuai muatan yang di angkut atau truk kontainer modifikasi, contohnya seperti truk tangki, truk sampah, jenis truk odol.

Tronton merupakan truk yang paling digemari oleh pebisnis ekspedisi truk, karena harganya murah dan dapat membawa barang yang banyak.

5. Truk Wing Box Tronton

Ukuran diameter truk wing box tronton yaitu, panjang: 8,85 meter, lebar 2,4 meter, tinggi: 2,1 meter. Jumlah muatan 32-36 ton, dengan volume 34 kubik.

Truk wing box yaitu truk yang mempunyai kapasitas dan ukuran seperti truk tronton, tapi karoseri yang dipasang sudah di-built up menjadi tipe wing box, truk dengan modifikasi campuran dari truk fuso maupun truk trailer.

Serta adanya 3 sisi (kanan, kiri dan belakang) dapat dibuka seluruhnya sehingga bisa mempercepat waktu kerja bongkar muat barang dalam muatan.

Truk wing box juga mempunyai 2 macam jenis truk berdasarkan sumbu roda, yaitu 2 sumbu dan 3 sumbu.

Maksimal berat dan kapasitas muatan truk wing box juga berbagai variasi, karena semua tipe karoseri truk wing box yaitu tipe built-up (bukan buatan dari prosedur truk).

Karena mempunyai 2 jenis sumbu utama, sehingga tidak jarang truk wing box sering disebut dengan truk tronton wingbox atau truk engkel wingbox.

Apabila Anda belum bisa membedakan yang mana satu perbedaan antara truk wing box dan truk tronton wing box, kami akan memberi ulasan yang jelas dan insya allah akurat antara keduanya.

6. Truk Container 20 feet

Ukuran dimensi truk kontainer 20 feet bagian dalam, panjang 5,9-6,2 meter, lebar: 2,3-2,6 meter, tinggi: 2,5-2,6 meter. Banyak muatan: 20 ton, dengan volume: 33 kubik.

7. Truk Container 40 feet

Untuk jenis truk kontainer 40 feet termasuk truk kontainer terbesar dan terpanjang di indonesia.

Ukuran dimensi truk kontainer 40 feet bagian dalam, panjang: 12-13 meter, lebar: 2,3-2-6 meter, tinggi: 2,5-2,7 meter. Jumlah muatan kontainer 27 ton, dengan volume: 66 kubik.

Jenis Truk di Indonesia

Kendaraan pengangkut barang yang satu ini sering kali dianggap sebagai siput jalanan karena gerakanya yang lambat. Sebenarnya, perannya begitu vital untuk keperluan logistik di masyarakat indonesia.

Mobil truk terbagi ke dalam banyak jenis sesuai dengan kapasitas muatan yang di angkut.

Mobil angkutan seperti truk dibedakan sesuai dengan kategori yang ada. Seperti, jumlah sumbu, jumlahroda, bentuk truk, dan kapasitas atau kubikasi yang dimiliki. Sehingga, head tractor atau kepala kontainer juga ada beberapa macam.

Di berbagai seluruh masyarakat indonesia, istilah penamaan jenis truk banyak sekali, di antaranya yaitu, truk pick up, truk engkel, truk fuso, truk tronton, truk trintin dan ada berbagai macam lainnya. Dari perumpamaan tersebut, tentunya masih banyak orang yang masih merasa bingung, bagaimana bentuk dari jenis truk tersebut?

Semakin banyak jumlah gardan yang ada pada truk, semakin besar juga volume angkutan yang dapat di muat. Jumlah roda truk juga termasuk membedakan jenisnya.

Dari pada Anda makin penasaran, ayok gas simak satu-persatu ulasan, wujud dari jenis truk indonesia tersebut.

1. Truk Engkel Kendaraan Logistik Ringan

Kendaraan truk engkel termasuk kendaraan yang paling bnyak penggunanya di indonesia dan dijual berbagai merek. Jenis truk ini terdapat konfigurasi dua sumbu roda.

Jenis truk engkel biasanya digunakan untuk membawa beban ringan. Dengan beban muatan bersiksar 3 sampai 5 ton dan biasanya digunakan oleh pengusaha material bangunan, seperti untuk membawa semen, batu bata, batu coral, dan lainnya ke konsumen yang membutuhkan.

Untuk penamaan truk engkel mulanya hanya untuk dipakai pada truk ringan dengan sepasang roda di as belakang. Tetapi kini pemahamannya meluas untuk truk medium dengan konfigurasi dua as roda.

Apakah Anda tahu mobil Elf untuk kendaraan travel sekarang, seperti itulah jenis engkel sebenarnya. Tetapi, engkel digeneralisir untuk penyebutan truk dengan dua as roda.

2. Colt Diesel Double, Sering Digunakan Jadi Dump Truk

Truk angkutan selanjutnya di atas engkel yaitu Colt Diesel Double atau truk doble. Jumlah dari sumbu roda truk tetap ada dua tetapi jumlah muatan beda. Jenis truk ini di bagi dua jenis yaitu truk ringan dan truk medium.

Jumlah muatan truk ringan ini memiliki daya muatan antara 7 sampai 10 ton, tergantung panjang sasis truk tersebut.

Dan untuk jenis truk medium daya kapasitas angkutnya bisa mencapai 16 ton, karena menggunakan mesin yang besar truk double tingkatan medium sering digunakan untuk head tractor untuk menarik container.

Jenis Truk Tronton, Jagoannya Angkutan Logistik

Truk yang satu ini banyak di gemari sebagai angutan logistik para eksportir. Karena, truk ini mempunyai dimensi tidak terlalu panjang dan kapasitas angkutannya cukup besar.

Salah satu keunggulan truk satu ini yaitu, bisa untuk melewati jalan di daerah kota kecil yang lebar jalannya tidak cukup besar. Jenis truk tronton ini biasanya menggunakan konfigurasi roda 2-4-4.

Jika dilihat dari jumlah rodanya, maka jenis truk tronton memiliki roda berjumlah 10 unit, 2 roda depan dan 8 di roda belakang. Rotasi tenaga jenis truk tronton ini berbagai variasi, ada yang 6×2, dan 6×4, tergantung sirkuit jalan yang sering di tempuh.

1. Truk Trintin, Kendaraan Angkut Panjang dengan Handling Cekatan

Truk trintin adalah plihan yang tepat jika Anda sedang mencari jenis truk dengan kapasitas angkutannya di atas 20 ton, dan sesuai untuk daerah yang jalannya sempit.

Jenis truk trintin ini beda dari jenis truk tronton meskipun sama-sama mempunyai 3 sumbu roda.

Perbedaan kedua truk ini terdapat pada bagian sumbu roda keduayang ada d tengah dan didukung mekanisme (Four Wheel Steering).

Maksudnya jenis truk trintin memiliki 4 roda yang bisa dibelokan ke arah yang sama secara bersamaan. Untuk sistem kemudi truk ini terdapat pada sumbu roda depan dan tengah.

2. Truk Trinton, Tanpa Gandengan Spesialis Muatan Berat

Untuk membawa barang berat, tentu diperlukan kendaraan dengan sumbu atau as roda yang banyak untuk menopang beban yang dibawa. Jenis truk yang tanpa gandengan sanggup membawa muatan berat yaitu jenis Trinton.

Tipe truk satu ini dibuat dengan khusus dengan muatan angkut yang lebih besar, hingga bisa mencapai 30 ton. Truk jenis Trinton merupakan gabungan dari tronton dan trintin, dan sama-sama memiliki 4 buah sumbu roda.

Sumbu roda truk tersebut terbagi menjadi dua bagian penggerak roda, yaitu terdapat 2 sumbu roda dibagian depan yang digerakkan pada saat membelok dengan mekanisme FWS. Dan 2 sumbu roda ban laginya di bagian belakang yang terletak sejajar.

Jenis truk Trinton juga memiliki jumlah roda ban sebanyak 12 buah, yang terletak 8 buah buah roda ban di bagian belakang dan 4 roda ban yang berada di bagian depan yang sama-sama di topang oleh 2 sumbu atau poros.

3. Truk Trailer, Jenis Kendaraan Logistik Pengangkut Container

Dulu banyak yang menggunkan truk gandeng untuk membawa barang dalam jumlah banyak dan besar. Dan kini, jenis truk gandeng digantikan dengan truk trailer.

Dari semua jenis truk yang ada di indonesia yang paling besar muatannya yaitu, jenis truk trailer, kendaraan yang satu ini mampu membawa barang dengan container dengan muatan hingga 20 sapai 60 ton untuk sekali pengiriman barang.

Terdapat dua jenis perbedaan dalam truk trailer ini, yang membedakan di lihat dari jumlah sumbu roda truk tersebut. Hal ini sangat berpengaruh pada beban yang di angkut pada gandengannya.

Dan perbedaannya terletak pada gandengannya ada gandengan yang pendek dan yang panjang. Untuk gandengan yang pendek hanya memakai dua as roda. Sementara itu untuk gandengan yang panjang setidaknya memiliki tiga as roda untuk menopang beban.

Jika dilihat jumlah bannya dari truk ini, setidaknya truk ini memiliki jumlah ban atau rodanya sebnyak 14 sampai 24 buah roda ban, tergantung dari head tractor penarik gandengnya.

Dan untuk mengemudi jenis truk ini diharuskan memiliki SIM B2 atau SIM B2 Umum. Cukup sekian semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.