Banyak Cara Riset Produk di Shopee Bisa Buat Jualan

Hallo sahabat matakaca, kali ini kita akan membahas tentang cara riset produk di shopee. Pembahasan kali ini bertujuan untuk kita tau apa aja sih laku keras di shopee, ya syukur-syukur kita dapat meraup untung dengan menjual produk yang laku keras di shopee hehe..

Tanpa basah basih langsung aja yuk cara riset produk di shopee yang laku keras buat ide bisnis, sebenernya banyak versih dalam melakukan riset produk di shopee, ya semuanya kembali ke diri kita masing-masing kita cocok yang mana itu yang kita gunakan.

Berikut beberapa cara irset produk di shopee:

1. Melalui fitur produk terlaris di Shopee

Melalui fitur produk terlaris yang disediakan oleh Shopee kita bisa melihat produk apa aja sih yang laris di shopee. Shopee menyediakan fitur ini tidak hanya di peruntukkan oleh para pembeli, namun penjual juga bisa loh memanfaatkan fitur produk terlaris di shopee, ya tujuannya hanya satu yaitu hanya untuk melakukan riset produk.

Tempat fitur produk terlaris ini ada di beranda Shopee, kita tinggal sedikit scroll aja ke bawah. Disana kita akan melihat menu produk terlaris. Lalu apa yang bisa kita lakukan ?

kita bisa klik lihat semuanya, lalu muncul produk produk apa aja yang terlaris di shopee, bukan hanya produknya aja tapi kita bisa melihat perbandingan harga mulai dari harga grosir samapai ecer. yah bolelah coba salah satu produk terlaris di shopee buat jualan sapa tau dapet cuan hehe..

2. Melalui pencarian populer di Shopee

Selain fitur “Produk Terlaris”, Shopee juga menyediakan fitur “Pencarian Populer”. apa sih bedanya produk terlaris sama produk terpopuler ? gini ada sedikit perbedaan diantara keduanya, kalau fitur terlaris itu adalah dimanan produk itu dalam kurun waktu tertentu banyak yang sudah kejual di shopee.

Sedangkan fitur terpopuler merupakan produk yang banyak di cari di shopee dari kurun waktu tertentu tapi hanya banyak di cari belum tentu kejual banyak juga. Kalau ditanya lebih bagus mana fitur terpopuler apa fitur terlaris ? ya yang paling bagus fitur terlaris lah secara udah terbukti laris.

Fitur tersebut memperlihatkan kita apa saja produk yang paling banyak dicari di Shopee.

Cara untuk menggunakan fitur produk terpopuler di shopee sama halnya dengan produk terlaris, kita ke beranda shopee terus scroll-scroll sampai ketemu “pencarian populer” tinggal klik, kita bisa lihat produk apa aja dan harganya.

Manfaatkan fitur tersebut sebalik mungkin, sampai kita menemukan produk yang relevan dengan keinginan kita.

3. Melalui halaman Shopee Mall

Halaman shopee mall bisa riset produk jualan ? benarkah? iya dong bisa!!, hamalam Shopee Mall juga bisa kita gunakan untuk riset produk terlaris di Shopee.

Lalu, bagaimana caranya?

Caranya adalah kita tinggal masuk saja ke halaman Shopee Mall, disana kita lihat menu seperti Toko Populer, Mall Flash Sale, Voucher Brand, Promo Brand Minggu Ini, dan Rekomendasi. Khusus untuk riset produk terlaris, Kita hanya akan menggunakan Toko Popluer dan juga Rekomendasi.

Kita pilih salah satu toko populer, kita tinggal klik toko tersebut, kemudian kita bisa melihat produk apa yang mereka jual dan produk terlarisnya. Setelah menemukan produknya, kita tinggal search saja produk tersebut di pencarian Shopee.

Kemudian cari produk tersebut dengan harga yang lebih murah daripada Shopee Mall. Jika ada, maka kita berpeluang untuk menghasilkan keuntungan dari menjual produk tersebut.

Yang kedua adalah dengan melihat produk Rekomendasi. Di sana kita akan melihat beberapa produk yang menjadi rekomendasi Shopee. Carilah produk yang kira-kira relevan dengan keinginan kita. Kemudian lakukan hal yang sama seperti yang yang di atas.

4. Riset produk manual per kategori di Shopee

Cara riset produk yang satu ini memang merupakan cara yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga ketekunan. Tapi, saya menemukan cara yang lebih cepat. Berikut caranya:

Anda masuk ke beranda Shopee, kemudian scroll ke bawah sampai menemukan “KATEGORI”. di sana Anda akan melihat beberapa kategori produk yang dijual di Shopee.

Perlu Anda ketahui bahwa di Shopee terdapat 3 jenis kategori yaitu Kategori Utama, Sub Kategori Utama, dan Sub Kategori. Kategori yang Anda lihat di beranda Shopee merupakan Kategori Utama.
Anda tinggal mengklik saja salah satu katgori yang ada disana. Contohnya saya mengklik kategori Perawatan & Kecantikan.

Setelah mengklik salah satu kategori utama, selanjutnya Anda akan melihat halaman yang didalamnya ada menu kategori lagi, dan sesuai dengan dugaan Anda, itu adalah sub kategori utama. Di sini saya akan memilih kategori Perawatan Pria.

Setelah masuk halaman Perawatan Pria, selanjutnya adalah melakukan filter untuk menyaring produk tersebut. Hal-hal yang harus difilter adalah lokasi, metode pembayaran, tipe penjual, dan penilaian. Anda bisa melihatnya pada gambar di bawah.

Setelah memfilter, selanjutnya Anda akan melihat produk-produk yang relevan, dan di sana Anda bisa memilih produk mana yang ingin Anda jual, sekaligus toko yang menjual produk tersebut bisa Anda jadikan supplier.

5. Berdasarkan Keyword Tertentu di Shopee

Cara riset produk di shopee bisa berdasarkan keyword tertentu. Bagai mana caranya, pada form “Cari Produk” pilih marketplace “Shopee”  kemuian Pilih mode “Pencarian” setelah itu kita bisa pilih kategori sesuai kebutuhan, kita dapat memilih “Semua Kategori.

Isi keyword yang Anda inginkan, misal “baju muslim” kita dapat mengisi rentang harga dan mencentang opsi “Hanya Grosir”, namun ini opsional.

Pilih kondisi produk yang kita inginkan, pilih urutkan pencarian berdasarkan yang Anda inginkan kita dapat memilih berapa maksimal jumlah produk yang tampil pada hasil pencarian, semakin banyak maka semakin lama waktu yang dibutuhkan, lalu klik “Cari” untuk mulai melakukan pencarian.

6. Berdasarkan Toko Tertentu di Shopee

cara riset produk di shopee bisa dilakukan berdasarkan toko tertentu di shopee lo !! sekilas begini caranya. Pada form “Cari Produk” pilih marketplace “Shopee”, Pilih mode “Berdasarkan URL Toko”

Masukkan URL Toko, misal https://shopee.co.id/stefanytalita untuk menampilkan semua produk dari toko tersebut atau dengan URL Label seperti https://shopee.co.id/shop/860248/search/?shopCollection=2030512

Kita dapat memilih berapa maksimal jumlah produk yang tampil pada hasil pencarian, semakin banyak maka semakin lama waktu yang dibutuhkan, Lalu klik “Cari” untuk mulai melakukan pencarian

Hasil pencarian ini dapat kita filter berdasarkan jumlah minimal penjualan, jumlah minimal review, stok produk, serta produk yang tidak memiliki varian (Exclude produk dengan varian)

5. Menggunakan Tools Berbayar

Cara terakhir ini merupakan cara yang paling mudah, dan ampuh yaitu dengan menggunakan tool riset produk berbayar yang lagi rame Marketplace.

Kalau sudah mencoba cara 1-4 belum saya rame, ya solusinya menggunakan tools berbayar dijamin langsung banjir orderan.

Mungkin di artikel selanjutnya kita akan merekomendasikan tools-tools berbayar apa saja yang bagus buat riset produk di olshop terutama shopee dkk.

Ya itu saja 5 cara riset produk terlaris di Shopee. Pilihlah salah satu cara yang paling mudah dilakukan. Tapi, tidak ada salahnya jika mencoba semuanya.

Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah disudut pandang mata dunia ) semoga dapat bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.