Punya Toko Online, Tapi Namanya Kurang Bagus!! Cara Mengganti Nama Toko di Toko pedia

Punya Toko Online, Tapi Namanya Kurang Bagus!! Cara Mengganti Nama Toko di Toko pedia

Cara Mengganti Nama Toko di Tokopedia – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai di era zaman serba teknologi, kita pasti tidak lepas dari yang namanya online, sekarang kalau mau sesuatu tidak harus keluar rumah, malah sesuatu yang kita inginkan datang sendiri ke rumah. Tentu kita tidak asing dengan yang namanya online yang berwarna hijau, yang berinisial tokopedia hehe..

Namun meskipun kita punya toko tapi kalau namanya tidak menarik rasanya ada yang kurang. Terus bagaimana kalau kita sudah punya toko online di tokopedia tapi kita mau mengganti namanya, apakah bisa? Tidak ada yang yang tidak mungkin di dunia ini hihi.. selagi masih dilihat dan tidak kasat mata Insya Allah bisa, ets tapi di iringi dengan do’a dan usaha (belajar) ya!! kali ini kita akan berbagi pengetahuan mengenai Cara Mengganti Nama Toko di Tokopedia.

Maraknya media online saat ini, membuat semua orang memunculkan ide-ide bisnis baru terutama dalam bisnis online atau bisa disebut dengan jualan online. Dalam bisnis online kita memerlukan yang nama marketplace, seperti contoh tokopedia.

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang saat ini mengalami pertumbuhan yang besar di Indonesia. Bahkan setiap harinya sudah banyak penggunanya yang melakukan transaksi berjualan barang dalam skala kecil sampai besar.

Untuk menarik minat para pembeli kita harus mempunyai nama toko online yang unik dan bagus, tapi bagaimana kalau kita sudah daftar nama toko di tokopedia dan kita ingin mengganti nama toko tersebut di tokopedia dengan nama yang lebih bagus dan unik yang mengikuti tren.

Dalam penggantian nama toko di tokopedia kita perlu pengajuan kepada admin tokopedia terkait nama toko dan domain toko yang ingin kita ubah. Hal ini kita tidak bisa lakukan sendiri kita harus melibatkan admin tokopedia demi menjaga keamanan dan kenyamana para pembeli. Adapun syarat-syarat dan ketentuannya.

Syarat dan Ketentuan Mengganti Nama Toko dan Domain di Tokopedia

Syarat-syarat atau hal yang penting untuk kita ketahui sebelum berencana untuk mengganti nama toko dan domain di tokopedia. Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang harus kita ketahui sebagai penjual di tokopedia.

  1. Seperti yang saya katakan di atas, perubahan dan pergantian nama toko dan domain toko Anda hanya dapat dilakukan oleh Admin tokopedia. Jadi Anda tidak bisa mengubah sendiri pada aplikasi tokopedia.
  2. Pengajuan Perubahan dan pergantian nama toko dan domain di tokopedia hanya dapat dilakukan dengan 1 kali pengajuan saja, Jadi pastikan Anda benar-benar mengetahui hal ini untuk mempersiapkan nama toko dan domain yang permanen dan tidak akan dilakukan perubahan nama lagi.

Hal Penting Sebelum Melakukan Perubahan Nama Toko dan Domain

1. Cek Nama Toko Baru Anda

Untuk mengganti nama toko di tokopedia, kita harus mempersiapkan nama toko baru yang akan gunakan. Dalam mempersiapkan nama toko online kita perlu melakukan pengecekan apakah nama toko baru yang kita inginkan sudah digunakan oleh oran lain atau tidak.

Berikut adalah cara cek nama toko yang belum digunakan di tokopedia :

  1. Kunjungi www.tokopedia.com
  2. Pada kolom pencarian (cari produk dan toko), lihat di pencarian ketik nama toko baru yang mau digunakan, apakah toko tersebut tersedia atau tidak.
  3. Maka akan muncul menu pilihan Produk, Katalog, Toko dan Profil.
  4. Jika toko tersebut tidak di temukan, berarti nama toko yang kita inginkan belum ada yang memilikinya.

2. Cek Domain Toko Baru 

Kalau sudah mengecek nama toko baru dan sudah oke, maka selanjutnya cek domain toko baru, apakah domain toko baru yang kita inginkan itu masih tersedia atau tidak. Untuk mencari nama domain yang perlu kita garis bawahi yaitu: Carilah nama domain yang unik, mudah diingat, dan hampir mirip atau sama dengan nama toko online kita.

Nama domain ini sangatlah penting karena bisa menentukan penjualan produk kita, sehingga kita harus benar-benar memastikan nama domain yang bagus yang sesuai dengan toko online kita yang masih tersedia.

Berikut adalah cara mengecek apakah domain toko di tokopedia tersedia atau sudah dipakai oleh orang lain.

  1. Masuk ke browser google chrome, mozilla firefox, atau lainnya.
  2. Kemudian ketik htpps://tokopedia.com/nama toko baru kita
  3. Jika nama toko tersebut belum digunakan maka nama toko baru tersebut tidak bisa muncul.

Cara Mengganti Nama Toko di Tokopedia

  1. Pertama, kita dapat melakukan login akun di situs resmi Tokopedia melalui browser di laptop atau PC.
  2. Setelah akun berhasil masuk maka kita dapat masuk ke halaman pusat bantuan Tokopedia atau dapat mengunjungi link berikut ini https://www.tokopedia.com/contact.pl.
  3. Selanjutnya, kita dapat memilih tombol Hubungi Kami yang berada di bagian bawah.
  4. Kemudian, kita dapat akan masuk ke halaman Kontak Tokopedia.
  5. Pada halaman ini kita dapat langsung memasukkan permintaan pada kotak dialog dengan Kategori, Judul, dan Pesan.
  6. Setelah kita mengisinya dengan lengkap maka dapat menekan tombol Kirim.
  7. Apabila pesan telah terkirim maka kita dapat menunggu prosesnya hingga maksimal 2 x 24 jam.
  8. Dengan kata lain, kita harus bersabar mendapatkan balasan dari CS Tokopedia agar nama akun berubah.

Contoh pesan ke Cs tokopedia

Selamat SIANG,
Saya ingin mengubah nama toko dan domain.
Saat ini:
Nama Toko: Faruq Saja
Domain toko: faruqberkah
Ingin di ubah menjadi
Nama Toko: Kang Ponsel COM
Domain toko: kangponselcom
Adapun perubahan nama toko dikarenakan pada awalnya tidak mengetahui akan menjual apa saja, makanya dikasih nama pribadi. Namun saat ini akan mulai menjual produk yang fokus pada barang elektronik khususnya ponsel atau hp, sehingga perlu kiranya perubahan nama agar lebih memudahkan pembeli dalam mengenali toko saya dan meningkatkan nilai SEO toko.
Terimakasih.

Itulah beberapa trik atau cara mengganti nama toko di tokopedia yang berhasil kita rangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah di sudut pandang mata dunia ) semoga bermanfaat dan banjir orderan. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment