Ternyata Menjanjikan..!! Ini Rahasia Cara Menghasilkan Uang dari youtube Bagi Pemula

Ternyata Menjanjikan..!! Ini Rahasia Cara Menghasilkan Uang dari youtube Bagi Pemula

Cara menghasilkan uang dari youtube – Hallo sahabat Matakaca.com sekarang perkembangan zaman semakin canggih, dengan kecanggihan teknologi dapat mempermudah pekerjaan manusia. Kita sudah tidak bisa menghindari dampak dari kecanggihan teknologi tersebut. Apalagi terhadap media sosial seperti youtube, namun media yang satu ini memberi dampak positif yaitu kita dapat meraup keuntungan berupa uang. Bagai mana caranya..??? Yuk kita kupas tuntas cara menghasilkan uang dari youtube dibawah ini. Kali ini kita akan berbagi pengetahuan mengenai tentang cara menghasilkan uang dari youtube.

Media sosial YouTube belakangan tumbuh dan berkembang menjadi salah satu mesin uang bagi sejumlah orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, banyak yang menggunakan YouTube untuk mendapatkan uang.

Langkah-langkah Mendapatkan Uang di Youtube

Perlu digaris bawahi bahwa akun youtube dan chanel youtube berbeda, Channel youtube adalah sebuah perantara atau juga dikatakan menu pada akun youtube, yang dapat digunakan untuk mengupload video di youtube, mempublikasikan video yang telah selesai diupload, dan melakukan aktifitas lainnya di youtube seperti menghapus video kalian sendiri, berkomentar pada video orang lain. Sedangkan akun youtube merupakan panel admin seperti akun google.

1. Membuat YouTube Channel

cara menghasilkan uang bagi youtuber pemula

Sebelum kalian ke poin cara menghasilkan uang dari youtube, kalian terlebih dahulu harus tau cara pembuatan channel YouTube sebetulnya sangat mudah, kalian juga dapat memakai satu akun Google untuk membuat lebih dari satu channel YouTube. Sebelum daftar chanel youtube kalian terlebih dahulu harus punya akun google, akun tersebut dibuat untuk mendaftar chanel youtube. Berikut dibawah ini tata cara membuat chanel  youtube.

  1. Buka situs youtube
  2. Login akun gmail
  3. pilih ikon youtube
  4. Buat chanel youtube baru
  5. Masukkan nama channel youtube kalian
  6. Atur Tampilan Channel Kamu
  7. Tambahkan Foto Profil
  8. Finish

Setelah kalian membuat chanel youtube, selanjutnya kalian membuat konten youtube  sekreatif mungkin sehingga bisa menarik banyak orang untuk menonton video kalian di youtube. kalau sudah banyak dan subscribe pengunjung, selanjutnya monetisasi youtube channel.

2. Monetisasi YouTube Channel

Monetes youtube cara menghasilkan uang dari youtuber bagi pemula

Banyak para youtuber yang membincangkan tentang persyaratan monetisasi sekarang semakin ketat dan sulit. Mungkin bagi para youtuber baru masih kerang faham apa itu monetisasi ??  dan bagai mana cara agar monetisasi bisa cepat keterima bagi para youtuber pemula.

Monetisasi merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari youtube atau aplikasi yang disediakan oleh google untuk publishernya, supaya para youtober memperoleh penghasilan dengan cara menghubungkan akun channelnya ke Google Adsense, supaya bisa aktif memasang iklan didalam channel youtube, dengan itu kalian dapat memperoleh penghasilan/uang bagi publisher yang suka menguploat video yang bermanfaat.

Berikut cara Monetisasi channel youtube:

  1. Sign in ke akun YouTube kalian
  2. Pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas
  3. Klik “Creator Studio”.
  4. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel”
  5. Klik “Status and features”.
  6. Pilih “Enable Monetisation”.
  7. Kemudian setujui agreement yang ada.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense

google adsense cara menghasilkan uang dari youtuber bagi pemula

Setelah mengaktifkan monetisasi pada channel YouTube kalian, Cara menghasilkan uang dari youtube selanjutnya yaitu kalian perlu melakukan associate dan approved AdSense account kalian ke YouTube account kalian. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat kaian gunakan untuk melakukan track penghasilan kalian, yang mana akan bisa terbayar hanya jika kalian melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.

Agar mudah di Approve maka gunakan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Siapkan minimal 5 video asli original, buat sederhana saja rekam dari handphone smarphone kalian.
  2. Upload video ke channel youtube tanpa di edit tunggu 3 sampai lima hari baru (dengan syarat persyaratan dari google adsense sudah terpenuhi) kalian daftarkan ke atau kalian tautkan ke adsense.
  3. Setelah kurang lebih 7 hari kalian akan mendapatkan balasan email dari youtube yang menyatakan akun adsense kalian telah di setujui atau akun adsense kalian telah di approve oleh google, statusnya masih host iklan hanya tampil di youtube dan blogspot. Meskipun begitu banyak youtuber-youtuber diluaran sana yang punya penghasilan jutaan bahkan miliaran dari host iklan.

4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi pada YouTube Channel

Mengoptimalkan fungsi monetes untuk mendapatkan uang bagi youtuber pemula

Ada banyak cara menghasilkan uang dari youtube salah satunya yaitu mengoptimalkan channel youtube terhadap mesin pencarian, dengan melakukan optimasi tentu channel akan mendapatkan subscriber dan jam tayang yang terus meningkat seiring waktu, juga akan berpeluang video yang di upload menjadi rekomendasi di mesin pencarian berdasarkan kata kunci. Dan jika beruntung video yang di uplod pada channel dapat menjadi trending video di youtube. Karena pengoptimalan channel merupakan bagian dari meningkatkan reputasi channel untuk pengguna youtube serta baik di mata youtube.

Cara Mengoptimalkan Monetisasi Channel Youtube :

  1. Pahami cara partner mitra host youtube
  2. Mematuhi syarat dan Kebijakan privasi terkait monetisasi channel youtube terbaru dan menyetujuinya
  3. Peninjauan channel youtube yang ingin di monetisasi
  4. Mematuhi pedoman hak cipta dan komunitas
  5. Upload video secara berkala dan menarik
  6. Meningkan reputasi dan kepopuleran channel
  7. Memahami SEO youtube
Semoga dengan adanya Cara Mengoptimalkan Monetisasi Channel Youtube kalian seorang creator youtube yang akan mengaktifkan monetisasi pada channel youtube dapat selalu berkarya untuk orang lain dan juga berkarir di youtube.

5. Melakukan Conversion Rate ke Product Page

Conversion Rate ke Product Page untuk menghasilakan uanga dari youtube bagi pemula

Sebelum membahas conversion rate, kalian sebaiknya untuk memahami definisi conversion terlebih dahulu. Conversion merupakan salah satu situasi di mana pengunjung youtube melakukan tindakan yang menguntungkan bagi bisnisnya. Tindakan tersebut bisa banyak macamnya, dari menjadi subscriber, mendaftar sebagai anggota, mengunduh ebook, sampai membeli produk. Semua itu merupakan salah satu bagian dari Cara menghasilkan uang dari youtube yang kalian bisa lakukan.

Setelah paham apa itu conversion kini saatnya untuk memahami istilah conversion rate. Conversion rate merupakan persentase yang dimiliki pengunjung youtube yang melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis dari total pengunjung youtube.

Kalian bisa menghitung conversion rate dengan membagi jumlah conversion yang terjadi di satu halaman youtube terhadap total pengunjung halaman tersebut. Kemudian hasil pembagian tersebut dikalikan 100.

Misalnya, Kalian mengelola sebuah toko online barang elektronik dan di halaman produk “Laptop” terjadi pembelian sebanyak 20 kali. Sedangkan jumlah total pengunjung halaman produk tersebut adalah 1000 pengunjung. Kalian bisa menghitungnya dengan membagi 20 terhadap 1000 lalu kalikan 100. Hasilnya adalah 2 persen. Artinya conversion rate untuk halaman tersebut adalah 2 persen.

Strategi membuat halaman produk yang meningkatkan conversion rate

  1. Video produk yang berkualitas
  2. Deskripsi produk yang menarik
  3. Tawarkan Jasa Customization
  4. Hati-hati Memasukkan Shipping Charges
  5. Buat halaman untuk barang sales dan harga spesial
  6. Permudah Pengunjung untuk Menghubungi Customer Service
  7. Promosi Melalui Chat Bantuan

Conversion rate menjadi salah satu parameter terpenting dalam menentukan keberhasilan kampanye marketing online. Apabila semakin banyak orang yang melakukan conversion, maka semakin meningkat pula revenue yang akan didapatkan. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus mampu mendorong orang-orang yang mengunjungi youtubenya untuk melakukan conversion.

6. Menjual Video di Website Penjualan Video

menjual video lewat web cara cepat mendapatkan uang dari youtube bagi pemula

Salah satu cara menghasilkan uang dari youtube yang sangat besar pemasukannya yaitu, menjual konten video yang berkualitas. Sebelum menjual konten video, teman-teman jangan sampai lupa memperhatikan kualitasnya karena itulah yang menjadi syarat mutlak dari sebuah konten supaya laku dijual. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas berikut beberapa yang menjadi faktor kualitas diantaranya adalah berkaitan dengan keunikan konten, kredibilitas, kualitas gambar, suara dan alur cerita yang menarik perhatian.

Beberapa buyer yang akan penulis rekomendasikan pada ulasan ini merupakan berdasarkan salah informasi dari teman-teman jurnalis dan videographer yang sudah memiliki pengalaman menjual konten video ke tempat tersebut dan kini mereka telah memiliki penghasilan yang cukup lumayan buat menambah uang belanja bulanannya.

Berikut rekomendasi untuk menjual konten video :

  1. Kirim video ke CITIZEN JOURNALISM NET TV ( CJ NET)
  2. Jual video ke SHUTTERSTOCK.COM

Jangan mengunggah konten ke Youtube atau medsos apabila konten video tersebut mau dijual serta jangan sampai lupa perhatikan kualitas gambar, suara dan alur ceritanya agar mendapat kualitas yang bagus.

Menjual konten video ke CJ NET pada umumnya bertema berita atau liputan menarik yang layak untuk ditonton, jadi video harus tetap kredibel bahkan wajib kredibel dan pastikan memiliki kualitas gambar yang baik karena akan ditayangkan di TV.

Menjual konten di CJ NET maupun di Shutterstock keduanya konsisten membayar dengan metode pembayaran yang tidak sulit, sebab dapat menggunakan rekening Bank (untuk CJ NET) dan Paypall (untuk Shutterstock).

Untuk bisa kerjasama dengan CJ NET dan Shutterstock maka wajib menjadi membernya dengan membuat akun di website mereka, silahkan ikuti petunjuknya disana.

7. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link

Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link cara menghasilkan uang dari youtube bagi pemula

Menjadi pemasar afiliasi baru, atau bahkan jika kalian seorang pemasar berpengalaman, kalian harus tahu cara mendapatkan lalu lintas bertarget laser ke tautan afiliasi kalian. Hari ini, saya akan memberi tahu kalian tentang cara termudah dan terbaik untuk mendapatkan lalu lintas kalian.

Berikut cara mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link :

  1. SEO (Optimasi Mesin Pencari)
  2. Tweet
  3. Menggunakan Situs Jejaring Sosial
  4. Gunakan Squidoo Untuk Pemasaran Link Afiliasi
  5. Fokus Pada Kuantitas Dan Kualitas

Sepanjang perjalanan kalian ke pemasaran Internet, kalian akan menemukan banyak cara lain untuk mendapatkan lalu lintas bertarget laser. Pilih dan pilih beberapa yang kalian temukan dan terapkan dengan praktik lalu lintas lainnya.

8. Menarik Sponsorship

Menarik Sponsorship cara mendapatkan uang dari yaoutube bagi pemula

Video sponsorship adalah salah satu cara menghasilkan uang dari youtube yang sangat bagus dan bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Yang harus kalian lakukan dengan konten video kalian adalah memasang dan memention Sponsor di Video kalian.

cara ini merupakan yang paling umum digunakan para YouTuber agar mendapatkan uang dari youtubnya. Saat kalian memutuskan atau menetapkan untuk melakukan sponsorship, tugas kalian adalah memperkenalkan sebuah brand ke audience kalian. Semua itu Akan kembali lagi ke perjanjian pertama dengan sponsor, bisa jadi kalian harus memberikan rincian tentang brand tersebut, promosi, dan menunjukkan produknya.

Berikut ini ada beberapa jenis memention sponsor yang perlu kalian ketahui.

  1. Mengungkap produk dengan menjelaskannya
  2. Menunjukkan produk melalui kegiatan sehari-hari
  3. Menyebutkan produk pada pre-roll, mid-roll atau end-roll video
  4. Membuat review produk
  5. Membuat video series yang kreatif

Buat video ini senatural mungkin dan sebaiknya tidak menggunakan kalimat yang terlalu menjual. Strategi ini memang tidak selalu menjadi pilihan yang terbaik untuk penjualan jangka pendek. Akan tetapi bagusnya adalah akan meningkatkan ekuitas brand melalui search result di YouTube.

9. Live Speaking Meningkatkan Customer Engangement

Melakukan Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement cara menghasilkan uang dari youtube bagi pemula

Jika kalian sudah mempunyai fanbase atau fans yang lumayan banyak, kalian bisa mengadakan meeting dan greeting. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan engangement kalian dengan para subscribers atau penonton setia youtube kalian, semakin banyak fans atau penonton setia maka semakin luas pula peluang mendapatkan uang dari youtube.

Nantinya, kalian juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara berlangsung dan manfaatkan juga kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market kalian.

10. Berpikir Out of The Box

Berpikir Out of The Box cara mendapatkan uang dari youtube bagi pemula

Berpikir out of the box atau think out of the box secara sederhana dimaknai sebagai mencoba pendekatan dan cara-cara baru dan inovatif, berbeda dari yang biasa dilakukan. Pendekatan itu diperlukan untuk menemukan ide-ide segar yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. 

Diperlukannya berpikir secara out of the box dan kreatif apabila ingin menghasilkan konten video yang bisa menghasilkan uang dari Youtube. Tayangan yang sangat menarik dari awal sampai akhir akan memperbesar peluang dibagikannya kembali dan menjadi konten viral.

Macam-macam Video yang Menghasilkan Uang di YouTube

1. Tayangan Voice Over

Voiceover adalah teknik produksi di mana suara-yang bukan bagian dari narasi (non-diegetik) digunakan dalam radio, produksi televisi, pembuatan film, teater, atau presentasi lainnya. voiceover dibaca dari naskah dan dapat diucapkan oleh seseorang yang muncul di tempat lain dalam produksi atau dengan bakat suara.

2. Tayangan List

Semakin banyak video yang kalian upload maka semakin banyak pula tayangan list video youtube yang kalian punya. Dan dari tayangan list tersebut video kalian bisa direkomendasikan ke para pengunjung yang kontennya hampir sama seperti konten video kalian. Yang dimaksud dengan video tayangan list merupakan kalian membuat list-list apapun yang trending topik yang dirangkum menjadi 1 video. Contoh 5 youtuber terkaya di indonesia.

3. Tayangan Tutorial

Tayangan tutorial termasuk panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Saat ini, sudah banyak video tutorial yang kalian temukan di internet. Kalian yang gemar merias diri mungkin saja tertarik untuk melakukan prosesi merias wajah yang direkam untuk dibagikan di YouTube channel kalian. Atau, mungkin kalian berfikiran ingin membuat video iseng lucu dan kocak soal cara membuat penangkal kejombloan. Cobalah untuk membuat video yang kreatif untuk membuat tayangan yang atraktif (atau bahkan membuatnya viral)!

4. Tayangan Unboxing

Pada dasarnya, secara psikis, manusia memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Ini juga yang dapat menyebabkan video-video unboxing sangat banyak dicari oleh pengguna YouTube. Berawal dari video Unboxing mainan anak hingga alat-alat teknologi bagi orang dewasa. Semua orang dari berbagai kalangan usia menyukai sensasi “membuka” sesuatu yang tersembunyi atau dibungkus. Sama seperti ketika kalian berbelanja dan mengeluarkan barang belanjaan kalian di rumah.

5. Tayangan Ilustrasi

Saat ini, ada banyak sekali muncul tayangan edukasi yang dibuat dengan ilustrasi sangat menarik dan berkualitas luar biasa bagus. Yang sedang trending saat ini channel nusa & rara, dimana dalam konten tersebut mengandung nilai edukasi tentang agma islam dan banyak digemari oleh semua orang baik anak kecil maupun orang dewasa.  Atau mungkin kalian yang tertarik untuk mengetahui teori-teori di berbagai bidang, pernah menonton CrashCourse? Konten-konten mereka bisa juga klaian buat dengan gaya ilustrasi dan penuturan kalian sendiri.

Hal yang Tak Boleh dilakukan dalam Mencari Uang dari YouTube

  1. Jangan melakukan plagiasi semacam copy-paste konten suatu YouTube video ke akun YouTube kalian sendiri. Tindakan kecurangan ini menyebabkan kalian akan secara otomatis tertangkap oleh YouTube karena melanggar copyright, dan kalian akan dikenakan sanksi

  2. Jangan membuat konten eksplisit yang melanggar Terms of Service YouTube

Itulah Cara menghasilkan uang dari youtube yang menjanjikan yang berhasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah di sudut pandang mata dunia ) semoga bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Leave a Comment