Cara Menanam Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Anggrek – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai penggemar Bunga dan pencinta tumbuhan. Tentu kita tidak asing lagi dengan jenis bunga yang satu ini ” Bunga Anggrek ” kali ini kita akan berbagi pengetahuan mengenai tentang Cara Menanam Bunga Anggrek. Namun sebelum kita mulai cara  cara menanam bunga anggrek terlebih dulu kita harus mengetahui tentang bunga anggrek.

Bunga anggrek merupakan tanaman bunga yang dinikmati karena keindahannya, bunga ini kerap dikenal dengan nama bunga puspa pesona bangsa, keindahan bunganya yang mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama menyebabkan jenis bunga hias ini tidak pernah kehilangan pesonanya.

Bukan hanya sebagai tanaman hias saja, Namun Bunga Anggrek mempunyai segudang manfaat yang hampir semua orang belum tau.

Manfaat Bunga Anggrek

Cara menanam bunga

Manfaat bunga anggrek  pada umumnya hanya dimanfaatkan sebagai keindahannya saja bagi sebagian orang, banyak yang belum faham betul dengan manfaat bunga anggrek. Padahal di luaran sana di negara lain telah menggunakan pemanfaatan tanaman bunga anggrek sebagai bidang kesehatan dan kecantikan.

Setelah kita mengetahui sedikit tentang bunga anggrek, mari kita simak apa saja manfaat bunga anggrek. Berikut di bawah ini manfaat tanaman bunga anggrek sebagai berikut :

1. Anggrek Sebagai Simbol Dan Aroma Pengharum

Manfaat bunga anggrek sebagai aroma pengharum. Pada zaman dulu bunga anggrek di negara Tiongkok dipercaya sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh raja mereka, Sedangkan bagi bangsa Yunani bunga anggrek dijadikan sebagai simbol kejantanan.

Sudah terbukti bahwa bunga anggrek bisa dijadikan sebagai simbol rasa cinta, keindahan dan kemewahan selama berabad-abad lamanya.

Bunga anggrek mempunyai aroma yang harum, banyak perusahaan-perusahaan besar memanfaatkan bunga anggrek untuk pengharum rungan. Dalam sejarah, aroma harum bunga anggrek diyakini sebagai wangi para kaisarnya atau rajanya.

Banyak dari masyarakat Cina ataupun produsen besar mengolah bunga anggrek menjadi pengharum ramuan cinta. Karena anggrek disimbolkan sebagai simbol dari keromantisan cinta yang tulus serta mendalam.

2. Anggrek Sebagai Tanaman Hias

Manfaat bunga anggrek sebagai tanaman hias, sebagaimana yang sudah dijabarkan sebelumnya, bahwa tanaman hias yang satu ini memiliki beragam variasi warna dan jenis yang sangat banyak.

Warna warni bunganya yang begitu indah di mata tentu membuat siapapun  yang melihatnya kan merasakan ketenangan dalam jiwa, maka dari itu banyak dari para peneliti juga menyatakan manfaat dari menanam anggrek dilingkungan sekitar merupakan salah satu bentuk untuk menghilangkan rasa kejenuhan atau pun stress.

Tingginya minat pada bunga anggrek membuat sebagian orang memanfaatkannya dengan menjadikan anggrek sebagai tanaman hias di dalam pot.

3. Anggrek Sebagai Bahan Makanan

Bunga anggrek bukan hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan simbol pengharum saja. Ternyata bunga anggrek bisa digunakan sebagai bahan makanan khususnya sebagai bahan penyedap makanan.

Jenis anggrek yang biasa dijadikan bahan baku makanan seperti anggrek Saprophytic dari kelompok Gastrodia menghasilkan umbi-umbian. Bunga anggrek ini dikonsumsi sebagai makanan oleh orang pribumi di Australia dan dapat dibudidayakan terutatam Gastrodi sesamoides.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa dibeberapa negara, anggrek dimanfaatkan menjadi bahan makanan. Misalnya Thailand dan Singapura yang mengolah anggrek menjadi snack ataupun bumbu masakan, adapun salah satu jenis anggrek yang terestrial orchis mascula.

4. Anggrek Sebagai Tanaman Herbal

Manfaat yang tidak kalah hebatnya dari tanaman bunga anggrek yaitu sebagai herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Di negara Cina bunga anggrek telah digunakan sebagai salah satu sember obat – obatan herbal.

Bunga Anggrek dapat dimanfaat untuk upaya penyembuhan secara alami, salah satu jenis anggrek yang dapat dijadikan sebagai obat herbal yaitu anggrek merpati. Anggrek merpati seringkali digunakan sebagai kanker otak, batuk kering dan rematik. karena didalamnya kandungannya terdapat zat kardenolin, polifenol dan flavonoid.

Jenis bunga anggrek dari genus Gastrodia merupakan salah satu dari tig jenis anggrek yang tercantum dalam Materia Medica yang pertama dikenal di Cina sebagai anggrek yang digunakan untuk pengobatan (Shennon bencaojing)

Cara Menanam Anggrek

Cara menanam bunga anggrek

cara menanam bunga anggrek agar bunga anggrek bisa hidup dan tumbuh dengan optimal ada beberapa perlakuan yang harus kita lakukan.

Pada cara menanam bunga anggrek hampir sama dengan tanaman hias yang lain, Hanya saja ada pengaruh dari beberapa faktor agar tanaman anggrek  dapat hidup dan berbunga dengan baik. Berikut dibawah ini cara menanam anggrek secara lengkap :

1. Tahap Menentukan Bibit

Tahap yang paling awal dalam menanam bunga anggrek yaitu menentukan jenis anggrek yang akan kita budidayakan, setelah menentukan jenis anggrek sebaiknya gunakan bibit kompot untuk mempertinggi tingkat keberhasilan dalam berbudidaya tanaman bunga anggrek.

Berikut ini beberapa jenis bibit tanaman bunga :

  • Anggrek Vanda atau anggrek potong
  • Anggrek Grammathopilum (Anggrek raksasa dari papua )
  • Anggrek Catteleya yang terkenal eksotis dan cantik
  • Anggrek Oncidium, dari varietas ini yang populer adalah anggrek jenis Golden Shower
  • Anggrek Spathiphyllum
  • Anggrek Phalaenopsis, jenis anggrek bulan yang sangat akrab di kalangan para pecinta anggrek
  • Anggrek Dendrodium, nah untuk anggrek jenis ini termasuk jenis yang paling popuper di kalangan pecinta anggrek

Namun, jika boleh merekomendasikan maka disarankan untuk membudidayakan anggrek bulan dan dendrobium.  Kedua jenis anggrek ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan banyak diminati oleh para hobi anggrek.

Berikut cara memilih bibit kompot dengan kreteria berikut :

  1. Ketahui dengan jelas asal usul bibit.
  2. Bibit kompot harus daalam kondisi sehat dan tidak terpapar hama atau penyakit.
  3. Sebaiknya beli bibit di tempat yang terpercaya.
  4. Bibit yang sehat di tunjukkan dengan warna daun yang berwarna hijau cerah.
  5. daun berukuran lebar dan panjang.
  6. Selain itu juga perhatikan kondisi akar tanaman.
  7. Sebaiknya pilih tanaman yang akarnya tidak keluar dari dalam pot untuk menghindari kebusukan pada akar.

2. Persiapan Media Tanam

Setelah kita memilih bibit, selanjutnya mempersiapkan media tumbuh tanaman anggrek. untuk media tanamnya kita akan bahas media berupa pot dengan ukuran sedang. Berikut ini beberapa hal yang wajib disiapkan:

  1. Pot genteng
  2. Pecahan batu bata dan media arang kayu
  3. Rumah jaring sebagai lokasi budidaya
  4. Handsprayer
  5. Pupuk growmore dengan kandungan Nitrogen tinggi
  6. Insektisida Dan fungisida
  7. Bibit anggrek berkualitas

Silahkan siapkan media tanam yang terdiri dari beberapa campuran bahan baku diantaranya tanah, pupuk, arang, kelapa atau batok, sabut kelapa, serta pecahan genting atau bisa dengan pecahan batu bata.

Untuk penyusunan media tumbuh dimulai dari pecahan bata di bagian terbawah dari pot, kemudian batok dan sabut kelapa di atasnya. lalu masukan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk dibagian paling atas dari pot. Tujuan dari media batu bata tersebut yaitu agar pada saat penyiraman dilakukan, air tidak tergenang di dasar pot dan dapat merusak akar tanaman anggrek.

3. Penanaman Bunga Anggrek

Setelah selesai menyiapkan semua media tanam,  kemudian tahap selanjutnya cara menanam anggrek, dalam penanaman bunga anggrek ada 2 cara yaitu :

  1.  Ditanam dengan pot
  2. Ditempel pada pohon atau papan pakis

Sebenarnya cara menanam anggrek sangatlah mudah dan sederhana, namun dibutuhkannya kesabaran, ketelatenan, dan fokus. Bukan hanya itu saja, kita harus bagaimana cara menanam anggrek agar cepat berbunga dan maksimal pertumbuhannya.

Perlu diperhatikan yang paling penting dalam cara penanaman anggrek ialah perakaran anggrek tidak rusak, apabila akarnya rusak dan busuk maka anggrek tidak akan tumbuh dan berkembang dengan baik, tanaman tidak goyang dan drainase lancer.

Penanaman Anggrek di pot, di butuhkan pot yang banyak lubang di bawahnya dan peletakan pot pada anggrek harus benar agar memberikan pertumbuhan tanaman hias yang bagus dan bunga yang indah.

Cara Menanam Bunga Anggrek dengan Menggunakan Pot

  1.  Pasang tiang penahan hingga menyentuh dasar pot
  2. kemudian masukkan media arang kayu atau potongan bisa juga dengan sabut kelapa
  3. Sehabis itu tanaman anggrek ditaruh di atas media dan akar di atur agar menyebar rata. Ikat tanaman di tiang penyangga tersebut.
  4. Tahap terakhir, diatas akar ditambah media dan akar diatur

4. Pemeliharaan Intens

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Anggrek

Kualitas bunga Anggrek

Faktor Pemilihan Bibit

Faktor Lingkungan

Intensitas Cahaya

Suhu

Kelembapan

Penyiraman

Pupuk untuk Anggrek

Pengendalian Hama Penyakit

Faktor Pemeliharaan Tanaman Anggrek

Penyiraman

Pemupukan

Pengendlian Hama Penyakit

Jenis-Jenis Bunga Anggrek

1. Anggrek Selop Wanita Tropis ( Paphiopedilum Glaucophyllum )

cara menanam bunga anggrek paphiopedilum_glaucophyllum

 

2. Bunga Anggrek Hitam ( Coelogyne Pandurata )

cara menanam Bunga Anggrek Hitam ( Coelogyne Pandurata )

3. Paphiopedilum Robinsonianum

cara menanam bunga anggrek Paphiopedilum Robinsonianum

4. Bramheadia Finlaysoniana

caran menanam bunga anggrek Bramheadia Finlaysoniana

5. Calanthe Pulchra

Cara Menanam Bunga Anggrek Calanthe Pulchra

6. Dendrobium Amboinense ( The Amboin Island dendrobium )

Cara menanam Bunga Anggrek Dendrobium Amboinense ( The Amboin Island dendrobium )

7. Aerides Odorata

Cara Menanam Bunga Anggrek Aerides Odorata

8. Abdominea Minimiflora

Cara Menanam Bunga Bunga Anggrek Abdominea Minimiflora

9. Selop atau Kasut Kumis ( Paphiopedilum Chamberlainianum )

Cara Menanam Bunga Anggrek Selop atau Kasut Kumis ( Paphiopedilum Chamberlainianum )

10. Anggrek Bulan Klimantan Barat ( Paraphalaenopsis )

Cara Menanam Bunga Anggrek Bulan Klimantan Barat ( Paraphalaenopsis )

11. Anggrek Larat ( Dendrodium Phalaenopsis )

Cara Menanam Bunga Anggrek Larat ( Dendrodium Phalaenopsis )

Leave a Comment