Cara Memulai Investasi Saham untuk Jangka Panjang

Cara Memulai Investasi Saham untuk Jangka Panjang

Apakah Anda ingin mulai berinvestasi saham untuk jangka panjang? Berikut kami uraikan strategi dan tips investasi saham untuk pemula.

Berinvestasi di saham akhir-akhir ini mulai berkembang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Probabilitas keuntungan jangka panjang yang tinggi membuat investasi saham semakin diminati masyarakat.

Namun, sebelum terjun ke dunia saham, Anda mungkin juga bertanya-tanya bagaimana memulainya? Apa strateginya? Dan banyak pertanyaan lainnya.

Jadi, di sini kami telah merinci apa yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin mulai berinvestasi saham untuk jangka panjang.

1. Membuka Akun Saham

Langkah pertama untuk memulai investasi saham adalah mencari broker yang tepat untuk saham atau saham tersebut.

Ada banyak perusahaan saham terbaik yang bisa Anda gunakan. Ada Indo Premier Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, MNC Sekuritas dan masih banyak lagi.

Setelah menemukan surat berharga yang tepat, segera buka rekening saham di surat berharga tersebut.

Selain itu, pelajari juga penawaran broker trading online di aplikasi smartphone desktop apa pun.

2. Baca Buku Seputar Saham

Buka merupakan sumber informasi yang terpercaya dan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan biaya seminar, pelatihan atau workshop.

Saat ini, ada banyak investor dan pedagang saham dengan pengalaman bertahun-tahun berbagi pengetahuan, pengalaman, dan strategi investasi mereka dalam bentuk buku.

Bahkan, dengan kemajuan teknologi, Anda juga dapat belajar melalui e-book yang dapat Anda baca kapan saja melalui smartphone atau tablet Anda.

3. Baca Artikel Saham

Saat ini, ada banyak artikel di internet yang membahas berbagai hal tentang saham. Dari rekomendasi hingga teknik analisis yang berguna bagi mereka yang baru mengenal dunia saham.

4. Cari Mentor Saham

Saat berinvestasi saham, Anda juga bisa belajar dari orang-orang yang sudah lama bekerja di bursa, baik itu anggota keluarga, dosen, teman kuliah atau rekan kerja.

Seorang mentor tentunya dapat memberikan jawaban atas pertanyaan Anda, memberikan rekomendasi, menawarkan bantuan atau memotivasi Anda ketika pasar sedang dalam keadaan negatif.

Dengan menerima masukan dari mentor yang berpengalaman, tentunya hal ini dapat mengurangi risiko Anda gagal berinvestasi di saham.

5. Baca dan Ikuti Pasar

Sebagai pemula, tentunya membaca update market yang tersedia di stock sangat membantu.

Selain update pasar, Anda juga dapat membaca dan mengikuti perkembangan pasar secara online, televisi atau surat kabar perdagangan.

Padahal, ada banyak media yang bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang saham, seperti berita tentang Kontan, Bisnis, Google Finance, Yahoo Finance, dll.

Dengan membaca dan memantau perkembangan pasar secara teratur, Anda dapat memperoleh wawasan tentang tren pasar terbaru dan analisis saham dari pihak ketiga.

Hal-hal seperti ini pasti bisa membantu Anda melakukan analisa fundamental terhadap saham yang Anda cari.

6. Gabung ke Komunitas Saham

Belajar lebih menyenangkan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Jadi, bergabung dengan komunitas saham adalah ide yang menarik untuk dilakukan.

Beberapa saham memiliki layanan grup chat atau forum yang dapat Anda gunakan untuk tanya jawab.

Dengan bergabung dalam komunitas tentunya akan banyak teman-teman yang akan berbagi pengalaman dan ide menarik tentang investasi saham.

7. Ikut Kelas Saham

Jika Anda benar-benar serius ingin terjun ke dunia saham, maka mengikuti kelas online dan offline bisa menjadi suatu keharusan.

Meskipun kelas saham biasanya memerintahkan harga tinggi, ini juga sesuai dengan pengetahuan yang Anda dapatkan.

Sebagai permulaan, Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelenggarakan sekolah pasar modal yang terbuka untuk umum.

Sekolah ini berlokasi di kantor pusat BEI Jakarta dan kantor perwakilan BEI yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut bisa cek langsung dari website resmi Sekolah Pasar Modal di schoolpasarmodal.idx.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.