Inilah Cara Budidaya Burung Kenari dan Download Suara Gacorannya

Inilah Cara Budidaya Burung Kenari dan Download Suara Gacorannya

Burung Kenari – Negara Indonesia memang sudah terkenal akan keanekaragaman flora dan faunanya yang jumlahnya tidak terhitung. Adapun satu dari sekian banyak fauna yang terdapat di negara Indonesia ialah unggas. Unggas ini menjadi salah satu penopang untuk berlangsungnya kehidupan manusia agar sejahtera. Adapun fungsinya untuk dikonsumsi atau dijadikan sebagai binatang peliharaan. Salah satu unggas yang tengah jadi incaran para kolektor ialah burung kenari. Kenari merupakan salah satu jenis burung yang bisa dibilang banyak sekali peminatnya sehingga tidak jarang orang yang membudidayakan burung tersebut.

Sebelum ke tahap cara ternak burung kenari yang baik dan benar mari kita dengarkan suara gacoran burung kenari, Berikut dibawah ini suara gacoran burung kenari bisa kalian dowload :

Download suara burung kenari

Download suara burung kenari

Download Suara Burung

Download suara burung

Download suara burung

Download suara burung

Download suara burung

Gimana kerenkan suara gacorannya.?? Pengen burung Anda gacor seperti ini. Berikut ini cara merawat dan budidaya burung kenari yang baik dan benar.!

Contents

Tips Ternak Burung kenari

Bayi burung kenari budidaya burung kenari

Burung kenari ini dikenal serta digemari para pecinta burung sebab suara kicauannya yang indah nan merdu. Untuk itu mengapa burung kenari tersebut dijadikan hewan peliharaan sejak lama yakni sekitar tahun 1400an. Bahkan budidaya burung kenari dapat dijadikan ladang penghasilan yang cukup menjanjikan. Namun, supaya kalian bisa memperoleh untung maksimal, maka pembudidaya haruslah mengetahui tips cara ternak burung kenari yang tepat dan benar. Nah, untuk kalian yang mau berternak burung kenari supaya bisa mendapatkan keuntungan, berikut ini cara mudah untuk bisa kalian pelajari dan terapkan sendiri di rumah, yakni:

1. Belajarlah Membedakan Jenis Kelamin Kenari

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum kalian membudidayakan burung kenari yakni kalian harus bisa membedakan jenis kelamin pada burung tersebut. Adapun cara untuk membedakannya burung jantan dengan betina, yakni sebagai berikut:

Burung Kenari Jantan

  • Dubur pejantan umumnya menonjol, tegak lurus serta vertical
  • Suka berkicau dan biasanya bunyinya sangat nyaring
  • Bentuk badannya cenderung ramping dan memanjang.
  • Lehernya lebih panjang.

 

Burung Kenari Betina

  • Dubur betina tidak menonjol seperti jantan melainkan berbentuk datar
  • Berkicau namun tidak sesering atau senyaring jantan
  • Bentuk tubuh cenderung bulat dan leher lebih pendek

2. Perhatikan Usia Burung Kenari

Sebelum kalian mulai berternak burung kenari, sangat perlu untuk mengetahui apakah burung kenari tersebut dalam keadaan siap untuk kawin (birahi) atau tidak. Hal ini akan mudah membantu kalian untuk membudidayakan burung kenari.

Ciri-ciri burung kenari yang sudah siap untuk kawin :

  • Jantan : Sering berkicau. Sifatnya Hiperaktif, misalnya sering lompat-lompat, mengepakan sayap, dan bahkan terkadang sengaja untuk menabrak jeruji pada kandang.
  • Betina : Suka untuk mematuk-matuk apapun di dalam sangkar. Sayap sering dikepak-kepakkan seperti yang jantan lakukan.

3. Siapkan Kandang Untuk Burung Kenari

Langkah ketiga yakni pastikan kalian sudah siapkan kandang untuk burung kenari jika kalian mau membudidayakannya. Kenari seringkali butuh ruang luas untuk bisa terbang. Untuk itu pilihlah sangkar yang bisa membuat burung kenari terbang dari dahan satu ke dahan lainnya. Untuk tahap awal berternak, alangkah baiknya kalian pisahkan burung jantan dengan betina. Jangan lupa menyiapkan tempat makanan burung. Burung kenari biasanya makan biji-bijian atau telur rebus.

Makanan Burung Kenari

Sayuran Segar

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, sayuran merupakan salah satu makanan manusia yang sangat baik untuk di konsumsi, dengan banyaknya serat dan juga kadar air yang melimpah. Begitu juga untuk kenari, sayuran akan memberikan banyak manfaat kepada kenari, baik dari segi serat dan juga air yang cukup.

Buah-Buahan Segar

Tidak hanya manusia saja yang selalu mengkonsumsi buah-buahan segar, burung pun juga menyukainya, buah yang sangat bagus untuk kenari yaitu, pepaya, pisang, apel merah, jeruk dan buah segar lainnya.

Telur Puyuh Rebus
Manusia sangat suka dengan telur puyuh, seperti saya hehehehe, nah kenari juga memerlukan asupan gizi yang bagus, maka dari itu telur brung puyuh juga sangat bagus untuk pakan kenari agar cepat gacor panjang.
Telur Kroto
Selain buah-buahan dan telur puyuh, telur kroto juga memiliki kadar vitamin dan juga protein yang tinggi, rasa dari telur kroto ini juga sangat lezat, maka dari itu banyak sekali burung yang menyukai telor kroto.
Bijian Mix
Yang terakhir yaitu makanan utama burung kenari yaitu biji-bijian, bijian mix ini merupakan kumpulan dari sekian banyak biji-bijian yang memang khusus untuk pakan kenari, bijian mix yang terdiri dari, milet merah dan putih, biji sawi,egg food, canary seed, campuran lainnya.

4. Proses perjodohan burung kenari

Langkah selanjutnya yakni masuk ke proses perjodohan burung kenari. Sebelum proses perkawinan, ada waktunya untuk burung saling berkenalan. Caranya mudah yakni dengan saling mendekatkan kandang. Adapun ciri mereka jodoh yakni burung kenari yang jantan akan menyuapi betina meskipun posisinya berada di beda sangkar. Selain itu, burung yang jantan akan berkicau lebih sering dari sebelumnya guna menggoda si betina.

5. Proses perkawinan

Tahap selanjutnya yakni tahap perkawainan. Kalian bisa masukan burung kenari dalam kandang yang sama. Kalian bisa lakukan pada sore hari. Kemudian pisahkan sekitar pukul 7-9 pagi. Ulangi hingga betina bertelur.

6. Proses pengeraman

Tahap selanjutnya yakni proses pengeraman. Biarkan jantan dan betina di dalam satu sangkar. Hal ini supaya burung kenari betina mau berada di sarang guna mengerami telurnya.

7. Proses penetasan

Biasanya proses penetasan ini terjadi di hari 14 usai bertelur. Pastikan terus menjaga kebersihan kandang dan teratur memberikan makan dan minum.

Cara Mudah Merawat Burung Kenari Harian

cara perawatan burung kenaari

Setelah berhasil melewati proses pembudidayaan hingga menetas, sebaiknya kalian juga belajar bagaimana cara untuk merawat burung kenari secara harian. Adapun caranya sebagai berikut ini:

1. Pengembunan Kenari

Cara pertama kalian bisa melakukan pengembunan kenari. Hal ini penting untuk burung kenari yang bertujuan untuk merangsang kenari supaya rajin berkicau, sehat, dan nafas panjang.

2. Memandikan Kenari

Cara merawat kenari yang lainnya yakni dengan memandikannya. Usai proses pengembunan selesai, jangan lupa untuk memandikannya. Mandi akan membuat burung lebih sehat, bersih, dan bisa bebas kutu kenari. Cara memandikan kenari bisa menggunakan cepuk dan membiarkan kenari mandi sendiri di cepuk tersebut. Cara kedua bisa dengan menyemprot seluruh tubuh hingga basah kuyup.

3. Membersihkan Sangkar / Kandang

Cara ketiga merawat burung kenari selanjutnya yakni dengan membersihkan sangkar dari kotorannya. Jangan biarkan kotoran menjamur karena bisa menimbulkan penyakit atau bakteri pada burung. Tak hanya sangkar, kalian juga harus perhatikan kebersihan tempat untuk makan dan minumnya.

4. Penjemuran Kenari

Cara merawat burung kenari selanjutnya yakni dengan melakukan penjemuran. Apabila burung sudah mandi dan dibersihkan sangkarnya, selanjutnya yakni lakukan penjemuran. Proses penjemuran burung kenari harian ini sebaiknya jangan telalu lama, yakni selama 1-2 jam. Hindari penjemuran di atas jam 10 dan terlalu lama.

5. Pemberian Makanan Extra

Pemberian makan saja tidak akan cukup menjaga kesehatan burung. Pastikan memberikan makanan sehat seperti biji-bijian dan ditambahkan dengan sayuran, buah, kroto, telur, dan asinan. Makanan Extra ini bisa membuatnya jadi lebih gacor dan rajin untuk bunyi.

6. Memaster Kenari

Cara perawatan burung kenari yang selanjutnya yakni dengan memasternya. Cara ini dianggap ampuh untuk mengeksplorasinya agar punya kemampuan untuk menirukan suara burung lain. Tujuan lainnya yakni agar bisa berkicau secara terus menerus dan berkelanjutan.

8. Mengumbar Kenari

Cara merawat burung kenari harian selanjutnya yakni dengan mengumbarnya. Burung kenari juga membutuhkan kesehatan agar staminanya selau terjaga. Apalagi apabila burung tersebut sering untuk lomba. Adapun fungsi mengumbar yakni bisa menambah panjang nafas dan juga bisa menstabilkan birahi.

Karakteristik Burung Kenari

Karakteristik burung kenari

Setelah mengetahui cara mudah berternak dan merawat burung kenari, sangat penting juga mengetahui karakteristik burung kenari supaya proses budidaya lebih mudah, yakni:

1. Mudah Terangsang

Karakteristik burung kenari salah satunya yakni mudah terangsang khususnya yang jantan. Untuk itu, pastikan tidak hanya memelihara satu jenis burung saja, supaya tidak tersiksa. Sifat ini membuat pembudidayaan burung ini sangat mudah.

2. Burung Petarung

Karakteristik kedua yakni merupakan burung petarung. Selain itu, kicauannya juga indah dan melengking.

3. Mudah Dijinakkan

Karakteristik jenis burung ini yang lainnya yakni mudah dijiknakkan. Apabila burung sudah kenal baik dengan empunya sebab sering merawatnya, memberinya makan dan minum, maka burung tersebut pasti akan berkicau keras jika ketemu empunya.

4. Tidak Gampang Stres

Karakter lain burung kenari ialah tak gampang stress. Meskipun burung kenari suka dipindah kesana-sini, tapi suaranya burung tetap berkicau bagus karena tidak mudah stress.

5. Mudah Beradaptasi

Karakteristik lainnya yakni burung kenari mudah sekali beradaptasi. Dengan sifatnya beradaptasi di lingkungan baru yang bagus, maka burung tersebut sangat layak untuk diternakkan dan dipelihara  kemudian.

Itulah tadi ulasan mengenai cara merawat burung kenari dan pembudidayaanya. Sekian dan terima kasih.

 

Leave a Comment