Kupas Tuntas Manfaat Buah Nanas

Buah Nanas – Hallo sahabat Matakaca.com sebagai gemar mengkonsumsi buah, pastinya telinga kita tidak asing lagi dengan kata “11 manfaat buah nanas” kali ini kita akan berbagi informasi yang belum kalian ketahui tentang manfaat buah nanas.

Buah nanas merupakan buah yang mempunyai banyak kandungan yang dapat digunakan untuk kesehatan, kandungan yang terdapat di buah nanas yaitu, vitamin C yang tinggi dan berbagai mineral di dalamnya.

Buah ini menjadi favorit bagi kebanyakan orang, karena berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Bukan hanya itu saja, buah ini juga dapat dicampurkan ke dalam masakan sebagai pelunak daging dan penyedap alami. Buah nanas bukan hanya sekedar buah yang memiliki rasa manis asam, namun buah nanas juga memiliki banyak manfaat. Berikut 12 Manfaat buah nanas yang perlu kamu dapatkan :

1. Dapat Menjaga Kesehatan Gusi Gigi

wajibbaca.com

Kandungan vitamin C yang yang dimiliki buah nanas dapat berfungsi sebagai menurunkan resiko peradangan gusi dan dapat pula mencegah penyakit lainnya yang berhubunngan dengan gusi gigi.

2. Kaya Akan Kandungan Vitamin C

By : matakaca.com

Buah nanas mempunyai kandungan bromealin dan juga vitamin C yang sangat tinggi serta kaya akan antioksidan dimana kandungan tersebut dapat melawan adanya radikal bebas yang akan menyerang tubuh.

Beberapa hasil penelitian meyakini bahwa vitamin C bisa membantu merawat kesehatan tulang rawan, gigi, dan tulang. Serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Vitamin C juga dipercaya bisa mencegah katarak dan penyakit empedu.

3. Kaya Akan Dengan Serat

By : bogor.net

Kandungan serat yang terdapat dalam buah nanas bisa menyehatkan serta mengoptimalkan kerja usus, juga dapat mengobati cacingan serta menghilangkan penumpukan racun yang ada pada ginjal dan hati.

Serat merupakan jenis zat yang terdapat dalam makanan seperti sayur dan buah-buahan yang berperan untuk membantu pencernaan. Kandungan serat dalam buah dan sayuran bisa membantu proses metabolisme terutama untuk melancarkan pergerakan makanan dalam usus. Jika tubuh kekurangan serat maka, pencernaan tidak dapat berjalan dengan baik dan bisa menimbulkan beberapa resiko penyakit.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

By : matakaca.com

Buah nanas mengandung bromelain yang biasa kerap disebut zat anti kanker, zat ini sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Zat yang berfungsi untuk pencegahan penyakit yang akan menyerang tubuh seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan dan penyakit bronchitis sekalipun. Mengkonsumsi buah nanas akan baik mencegah terserangnya penyakit kanker.

5. Dapat Menyehatkan Tulang

By : bacrirtkita.com

Buah nanas mengandung magnesium dan juga kalium yang tinggi, dimana magnesium dan kalsium tersebut dapat berfungsi sebagai membantu dalam memperkuat tulang serta jaringan ikat.

Magnesium membantu penyerapan kalsium serta vitamin D dalam tubuh, kedua vitamin dan mineral tersebut merupakan zat gizi yang dapat membuat tulang menjadi kuat serta padat. Jika tulang kekurangan magnesium berisiko membuat tulang rapuh bahkan memicu osteoporosis.

6. Dapat Mengatasi Rasa Nyeri

By : starberita.com

Karena buah nanas mengandung zat bromelain yang sangat tinggi, banyak binaragawan yang mengonsumsi minuman jus nanas. Minuman tersebut bisa mengatasi sakit pada otot tubuh seperti nyeri pada persendian. Kandungannya yang ada pada buah nanas juga dapat meminimalisir terjadiya pembekuan darah.

7. Sebagai Sumber Energi

By : hariansinggalang.co.id

Buah nanas juga kaya akan Kandungan vitamin B1, dimana vitamin tersebut dapat bermanfaat mengubah gula menjadi energi, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi buah nanas sehari-hari atau rutin mengkonsumsi jus nanas.

Vitamin B1 merupakan Jenis vitamin B yang bermanfaat untuk mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Vitamin B1 larut bersama air, dan akan dibawa oleh aliran darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Sehingga dapat menjaga fungsi sistem saraf, otot, dan jantung agar bekerja dengan baik.

8. Meminimalisir Penyakit Sinusitis

By : obatsinuitis.org

Buah nanas dapat berfungsi untuk meminimalisir penyakit sinusitis, karena buah nanas mengandung enzim yang bisa bermanfaat mencerna protein yaitu enzim bromelain yang bermanfaat sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut untuk mengurangi lendir dan peradangan sinusitis.

penyakit sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan dari jaringan yang melapisi sinus, yaitu rongga yang membantuk tengkorak, berada di dahi, pipi, belakang mata, dan belakang hidung.

9. Mencegah Penyakit Katarak

By : medium.com

Vitamin C dan Bioflavonoids dalam buah nanas berperan penting untuk mengatasi kesehatan pada  mata. Manfaat dari Bioflavonoids sendiri berfungsi untuk mencegah katarak, penurunan fungsi retina khususnya bagi mereka yang berusia diatas 60 tahun dan glaukoma. Maka dari itu anjuran untuk mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah-buahan terutama buah nanas.

10. Penyembuhan Sangat Cepat

By : health.detik.com

Kandungan inflamasi yang terdapat dalam buah nanas bermanfaat sebagai penyembuhan luka dengan sangat cepat. Buah nanas yang dibuat jus juga bisa membantu membersihkan luka sehingga prosesnya menjadi lebih cepat. Supaya luka cepat sembuh, caran mengobatinya cukup dengan mengoleskan jus nanas di area yang terluka

11. Mencegah Terserangnya Penyakit Asma

By : magazine.job-like.com

Buah nanas juga buah yang mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dimana berperan aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh. Beta karoten bermanfaat sebagai pengurangan resiko terkena penyakit asma.

Beta-karoten adalah pigmen yang dapat ditemukan dalam buah-buahan yang berwarna kuning dan oranye, dan juga sayuran dengan warna serupa. Beta-karoten dapat diubah dalam tubuh menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, mata dan fungsi neurologis.

Itulah beberapa informasi dari “11 Manfaat Buah Nanas” yang berhasil dirangkum pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah mengunjungi Matakaca.com ( Singgah di sudut pandang mata dunia ), semoga dapat bermanfaat. Jika ada saran dan lain-lain silahkan komen ya….. Biar bisa sharing bareng. Wassalamu’alaikum.

Summary

Leave a Comment