10 Aplikasi Reksadana untuk Pemula Terbaik yang Diawasi OJK

Aplikasi Reksadana untuk Pemula Terbaik yang Diawasi OJK

Saat ini, aplikasi reksadana sudah banyak bermunculan sejak beberapa tahun terakhir.

Pasalnya peminat berinvestasi di reksa dana semakin meningkat, seiring dengan jumlah anak muda terdidik finansial.

Selain itu, investasi reksa dana mudah digunakan, memiliki tingkat risiko yang rendah, serta setoran minimum yang terjangkau.

Menariknya, kini Anda bisa mulai berinvestasi reksa dana melalui aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke bank atau outlet lainnya.

Rekomendasi aplikasi reksadana entry level diawasi OJK yang terbaik adalah sebagai berikut.

1. Bareksa

Sejak tahun 2013, Bareksa menjadi aplikasi reksa dana yang cocok untuk pemula dan memiliki waktu terbang yang sangat lama.

Anda dapat memilih dari ratusan produk reksa dana hanya melalui aplikasi.

Tentunya di platform Bareksa, Anda bisa membeli dan menjual produk reksa dana secara online.

Padahal, jika Anda ingin menambah uang atau top up saldo, Anda bisa menggunakan berbagai layanan e-wallet, salah satunya OVO dan LinkAja.

Selain itu, Bareksa selalu mengupdate rekomendasi produk reksa dana berdasarkan jenisnya, seperti pasar uang, saham, pendapatan tetap, atau campuran.

Dalam urutan tersebut, Anda dapat melihat informasi tentang produk reksa dana dengan imbal hasil tinggi atau high return, serta profil manajer investasi yang mengoperasikan produk tersebut.

2. Bibit

Bibit merupakan aplikasi reksa dana entry level yang tergolong baru karena baru mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2018.

Saat pertama kali keluar, Seeds sudah menarik banyak investor, termasuk pemula.

 Alasannya karena Bibit memiliki brand yang menarik dan membantu pemula untuk memilih produk reksa dana sesuai dengan tingkat risikonya.

 Selain itu, aplikasi Bibit menggunakan bagan dengan prinsip-prinsip teori portofolio modern yang diperkenalkan oleh Harry Markowitz ketika mengelola portofolio investasi.

3. Ajaib

Ajaib adalah aplikasi reksa dana untuk pemula yang disponsori oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia.

Tentunya aplikasi ini menawarkan berbagai produk reksa dana dan saham yang bisa Anda pilih dengan mudah.

Pasalnya, Magic memiliki antarmuka yang sederhana sehingga mudah dipahami, bahkan bagi pemula yang baru mengenal dunia investasi reksa dana.

4. IPOT

IPOT yang merupakan singkatan dari Indo Premier Online Technology adalah aplikasi reksa dana untuk pemula.

Di sini ada banyak alat investasi, seperti reksa dana, saham, ETF, dan lain-lain.

Menariknya, aplikasi ini menggunakan mekanisme evaluasi dana dan bot trading yang dapat mengeksekusi instruksi beli dan jual secara otomatis.

Tentunya aplikasi IPOT memiliki beberapa keunggulan, seperti proses pendaftaran dapat dilakukan secara online tanpa perlu tatap muka.

Selanjutnya ada beberapa fitur yang dapat memudahkan investor pemula untuk mempelajari reksa dana, memilih salah satu produknya, dan masih banyak lagi.

5. Tanamduit

Aplikasi reksa dana pemula berikutnya adalah Tanam Duit yang dikembangkan oleh PT Star Mercato Capitale pada tahun 2017.

Menariknya, investor bisa berinvestasi reksa dana di sini dengan minimal Rp 10.000.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah memilih metode pembayaran untuk investasi, misalnya melalui e-wallet, transfer bank, dan virtual account.

Tidak hanya menawarkan reksa dana, Tanam Duit juga memiliki rangkaian produk investasi lainnya, seperti SBN dan asuransi online, salah satunya asuransi kesehatan.

6. POEMS ID

POEMS ID adalah aplikasi reksa dana yang dikelola oleh salah satu sekuritas terbaik di Indonesia, Phillip Sekuritas.

Tidak hanya dikenal sebagai aplikasi investasi saham, POEMS ID juga menawarkan berbagai produk reksa dana yang cocok untuk pemula.

Untuk pembelian produk reksa dana, Anda dapat mengaksesnya melalui fitur Profunds, yaitu supermarket reksa dana online yang menawarkan lebih dari 100 produk reksa dana.

Menariknya, Anda bisa mulai berinvestasi mulai dari Rp50 ribu dan memantau pertumbuhan reksa dana yang ada secara real time.

Selain itu, POEMS ID juga memiliki fitur menarik lainnya yaitu SmartStart yang dapat memberikan Anda rekomendasi produk reksa dana.

Tentunya rekomendasi masing-masing produk reksa dana akan disesuaikan dengan profil risiko masing-masing.

7. Tokopedia

Meski banyak yang mengetahui Tokopedia sebagai tempat belanja online, ternyata aplikasi ini juga menyediakan layanan investasi reksa dana lho.

Dalam menyediakan layanan investasi reksa dana, Tokopedia juga bekerja sama dengan Bareksa, agen penjual produk reksa dana.

Jika Anda sudah memiliki akun di aplikasi Tokopedia, maka proses pembelian produk Reksa Dana dapat dilakukan dengan mudah, yaitu mendaftar Reksa Dana Tokopedia secara online.

Menariknya, Toppedia menyatakan bahwa pencairan dana investasi bisa dilakukan dalam hitungan menit.

Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi reksa dana pada umumnya yang dapat mencairkan dana investasi dalam waktu satu hingga dua hari kerja.

Oleh karena itu, banyak investor pemula yang tertarik untuk berinvestasi di reksa dana Tokopedia.

8. Bukalapak (Bukareksa)

Tidak hanya Tokopedia, marketplace online lain yang menyediakan layanan investasi reksa dana untuk pemula adalah Bukalapak.

Aplikasi Bukalapak telah merilis fitur bernama Bukareksa yang khusus ditujukan untuk investor reksa dana pemula maupun profesional.

Tentu saja Bukareksa telah bekerja sama dengan Bareksa dan Tanamduit, sehingga Anda dapat berinvestasi di reksa dana dengan aman.

Yang cukup menarik, minimal investasi yang bisa Anda lakukan juga tergolong murah, yakni hanya 10 ribu rupiah dengan proses pembayaran yang instan dan cepat.

9. Invisee

Aplikasi reksa dana pemula berikutnya adalah Invisee, yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi minimal Rp 10.000.

Pada aplikasi Invisee, Anda akan menemukan fitur Reminder yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal investasi sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Misalnya, jika Anda dibayar pada tanggal 5 setiap bulan, Anda dapat mengatur pengingat pada tanggal 5 melalui email yang akan dikirimkan ke penerima.

Dengan cara ini, Anda dapat berinvestasi di reksa dana secara teratur dan teratur, dan kemudian menuai hasilnya suatu hari nanti.

10. Raiz

Aplikasi Raiz mendukung investor untuk mulai berinvestasi di reksa dana dengan modal kecil minimal Rp 10.000.

Sistem pembayarannya juga sangat mudah, Anda bisa memilih menggunakan dompet digital atau e-wallet, seperti Gopay, Dana, Shopeepay dan LinkAja.

Di aplikasi Raiz, Anda akan menemukan 5 opsi portofolio yang masing-masing terdiri dari satu reksa dana.

Beberapa opsi dompet yang tersedia di aplikasi Raiz, yaitu:

  • Konservatif: Pasar Uang
  • Moderat: Pendapatan Tetap
  • Agresif: Indeks Saham dan LQ45
  • Amanah: Pasar Uang Syariah
  • Sukuk: Sukuk atau Obligasi Syariah

Anda bisa memilih salah satu jenis portofolio, sesuai dengan kemampuan Anda untuk mulai belajar investasi reksa dana dengan mudah dan cepat.

Ini adalah 10 aplikasi reksa dana untuk pemula yang dapat Anda gunakan untuk memilih investasi yang tepat.

Tentunya setiap pemesanan reksa dana di atas adalah resmi dan diawasi oleh OJK, sehingga tingkat keamanannya pasti terjamin.

Jadi, pastikan Anda memilih aplikasi reksa dana yang tepat dan mulailah berinvestasi sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.